Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Jakarta Utara
Faunaland Ancol - Wahana, Fasilitas, Harga Tiket & Jam Buka

Memilih wisata Ancol sebagai destinasi akan selalu menjadi ide yang bagus, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Khususnya jika kali ini adalah liburan keluarga, Taman Impian Jaya Ancol memiliki opsi wisata yang sangat beragam. Jalan-jalan di Allianz Ecopark salah satunya, di sanalah Faunaland Ancol berada.

Fauna Land Ancol merupakan salah satu fitur wisata di Ancol Ecopark atau Allianz Ecopark. Secara terpisah, Faunaland melejit namanya. Hadir sebagai opsi wisata yang menarik bagi wisatawan yang berlibur bersama anak-anak. Jadi, jika Faunaland adalah destinasi wisata Anda selanjutnya, baca artikel ini sepenuhnya.

Daya Tarik Wisata Faunaland Ancol

Faunaland di Ecopark Ancol adalah lembaga konservasi satwa yang berdiri di tahun 2016. Sebuah kebun bintang mini yang mengoleksi sejumlah satwa unik menggunakan prosedur standar operasi kelas dunia. Bahkan mini zoo ini menjadi yang pertama di Indonesia yang berhasil mendatangkan Singa Putih Afrika.

Sejak berhasil mendatangkan 1 jantan dan 2 betina, jumlah Singa Putih di Fauna Land pun bertambah, terdapat lebih dari 8 ekor anakan. Selain itu, hewan unik di sini juga mencakup Kanguru Pohon Papua (dendrolagus). Hewan yang terancam punah inilah yang wajahnya menjadi logo Taman Satwa Faunaland Ancol.

Binatang lain yang tak kalah uniknya adalah Tarsius. Ini adalah spesies primata terkecil di dunia yang pengembangbiakkannya termasuk paling sulit dalam bidang konservasi hewan. Pada bulan Juli 2019, terlahir 1 ekor Tarsius dan kelahiran tersebut merupakan kelahiran keduanya di kawasan mini zoo Ancol ini.

Salah satu keunikan Taman Satwa Faunaland Ancol adalah mengkoleksi satwa-satwa unik. Hadir sebagai lembaga konservasi terunik di Indonesia. Menampilkan exhibit yang terbaik dan tata kelola ruang yang mengedepankan habitat asli faunanya. Selain yang tersebut di atas, masih banyak fauna eksotis yang lainnya

Di sini juga ada Kucing Emas Sumatera yang statusnya cukup terancam punah. Satwa lain termasuk 2 jenis fauna yang ditemukan oleh Danny Gunalen, pendiri Faunaland Indonesia. Dua satwa itu yakni kura-kura leher ular Rote (chelodina gunaleni) dan Ular Hijau Gunung (trimeresurus genaleni) yang berbisa tinggi.

Secara umum koleksi satwa yang terdapat di Fauna Land Ancol terbagi menjadi beberapa kategori. Ada kategori Primate & Mammals, Herbivore, Raptors, Carnivore, dan Birds. Di Faunaland Ancol juga ada wahana menarik, seperti naik kuda poni, atraksi dan interaksi satwa, naik perahu mengelilingi danau, dll.

{next}

Harga Tiket Masuk Faunaland Ancol

  • Tiket Masuk Weekday: Rp 80.000
  • Tiket Masuk Weekend: Rp 90.000
Harga tiket di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk harga tiket Sabtu-Minggu dan hari libur nasional umumnya lebih tinggi. Untuk update harga tiket terbaru, syarat & ketentuan, serta pembelian tiket secara online, kunjungi situs resmi Ancol, DI SINI.

Fasilitas di Ecopark dan Akomodasi

Sebagai bagian dari Allianz Ecopark, fasilitas di Fauna Land Ancol bagus dan menempati area yang bersih dan rimbun oleh pepohonan. Selain wahana kuda poni dan perahu, di area juga tersedia toilet dan tempat ibadah berupa mushola. Tak ada penjual makanan di dalam, kios makanan tersedia di area Ecopark Ancol.

Sementara itu, apabila Anda membutuhkan tempat menginap, banyak pilihan akomodasi di sekitar kawasan Ancol. Mudah menemukan homestay, penginapan, guest house, maupun hotel dengan tarif yang tentunya bervariasi. Sebagai pertimbangan awal, berikut beberapa rekomendasi hotel yang bisa dibooking secara online:

Jam Buka, Lokasi, dan Transportasi

Jam Buka: Setiap hari, 09.00-16.00
Lokasi: Jl. Lodan Raya, RW. 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta

Lokasi Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta sangat strategis sehingga tersedia berbagai opsi transportasi umum untuk mencapainya. Untuk kereta, Anda bisa menggunakan rute Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi, dan Bogor. Selanjutnya, bisa juga naik bus TransJakarta ke Ancol melalui Koridor 1 dan Koridor 5.

Pilihan lain, bisa naik bus umum atau Kopaja. Cari jurusan Grogol-Ancol, Grogol Tanjung Priok, Blok M-Ancol, atau Kampung Melayu-Tanjung Priok. Untuk mikrolet / angkot, Anda bisa naik M 15 A dan M 15. Untuk kendaraan pribadi, rute tercepat ke kawasan Pantai Ancol Jakarta adalah dengan melewati jalan tol.