Pantai di Nusa Dua Bali, 5 Pantai Indah di Kawasan Wisata Nusa Dua

Memilih Nusa Dua sebagai destinasi adalah opsi bagus ketika Anda berencana wisata ke Pulau Bali. Pasalnya, Kawasan Pariwisata Nusa Dua termasuk salah satu tujuan wisata terbaik dunia saat ini. Banyak pilihan pantai di Nusa Dua Bali yang semuanya telah siap memanjakan liburan siapa saja, bahkan wisata keluarga.

Pantai di Nusa Dua Bali
credit: phatfreemiguel, CC BY-NC-ND 2.0

Nusa Dua hadir sebagai destinasi wisata dunia dalam naungan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang kini juga mengelola Mandalika Lombok. Selain menawarkan lanskap pantai yang menawan, kawasan wisata internasional ini memiliki desain tata ruang, utilitas, dan sistem keamanan yang sangat baik.

Sudah siap berwisata ke Nusa Dua? untuk diketahui, kawasan wisata berupa tanjung di Kuta Selatan ini termasuk salah satu kawasan pantai terindah dan terbersih di Pulau Dewata Bali. Sehubungan dengan pantai Nusa Dua, setidaknya terdapat 5 tempat wisata di Nusa Dua yang wajib Anda kunjungi. Berikut ini daftarnya:

Pantai Segara Samuh Bali

Pantai Segara Samuh
credit: Jumilla, CC BY 2.0

Nusa Dua terkenal dengan hamparan pasir putih bersih dengan ombak yang tenang. Seperti itu juga gambaran Pantai Samuh, pantai yang cantik luar dan dalam. Selain panorama yang dipercantik Pulau Nusa Darma, pantai ini juga terkenal dengan Bali Underwater Cultural Park, spot diving ikonik dengan patung penari.

Sebagai bagian dari kawasan wisata yang bertaraf internasional, Pantai Samuh atau Pantai Segara Samuh memiliki fasilitas wisata yang lengkap. Oleh karena snorkeling dan diving merupakan aktivitas favorit wisatawan, telah tersedia penyewaan alatnya. Selain itu, banyak juga tempat makan dan toko suvenir.

Tiket Masuk: gratis
Peta Lokasi: Jl. Segara Samuh, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Peta

Wisata Water Blow Bali

Waterblow Nusa Dua Bali
credit: Andri Hilary, CC BY-NC-ND 2.0

Sekira 3 km dari Pantai Samuh, Anda bisa menemukan tempat wisata Nusa Dua yang fenomenal, Water Blow. Kontras dengan pantai Nusa Dua lainnya, Water Blow adalah batas alam dengan dominasi karang terjal. Daya tarik utamanya adalah ombak besar yang senantiasa menghantam karang, menyembur dan menjulang.

Aktivitas ombak dan karang yang menakjubkan tersebut bisa wisatawan nikmati dengan mudah dan aman, salah satunya berkat spot mirip dermaga yang telah dilengkapi gazebo. Cocok untuk tempat selfie. Kawasan ini juga mencakup Nusa Dua Light Festival yang menghadirkan keindahan pernak-pernik lampu malam hari.

Tiket Masuk: IDR 15K (rencana)
Peta Lokasi: Pulau Peninsula, ITDC Nusa Dua, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Peta

Pantai Mengiat Nusa Dua

Pantai Mengiat Nusa Dua
credit: flickr/elvishuang, CC BY-NC 2.0

Semua pantai di Nusa Dua Bali bersih dan indah, apalagi Pantai Mengiat. Hamparan pasir pantai yang putih lembut dengan gelombang air bersahabat menjadikan pantai ini sangat ideal bagi wisata keluarga. Perairan dangkalnya yang luas memungkinkan siapapun dengan aman jika ingin berenang atau sekedar bermain air.

Dengan hamparan pasir yang landai memanjang, pantai yang terkenal dengan keindahan sunrise ini menawarkan banyak aktivitas. Bersantai, berjemur, menyusuri pantai, atau bisa juga menyewa perahu dan menjelajah perairan. Pantai Mengiat termasuk pantai utama Nusa Dua, sehingga fasilitasnya sangat lengkap.

Tiket Masuk: gratis
Peta Lokasi: Jl. Pantai Mengiat, ITDC Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali. Peta

Pantai Geger Nusa Dua

Pantai Geger Nusa Dua
credit: flickr/bruno kvot, CC BY-NC-ND 2.0

Selanjutnya, tempat wisata Nusa Dua Bali yang juga wajib Anda kunjungi adalah Pantai Geger. Pantai terbaik yang memadukan keindahan alam dengan eksotika budaya khas Bali. Keberadaan Pura Geger Dalem Pemutih yang menempati satu sisi Pantai Geger Nusa Dua mewakili nuansa religiusitas masyarakat Hindu Bali.

Pantai ini memungkinkan setiap wisatawan bisa melakukan banyak hal. Salah satu aktivitas populer adalah bermain watersport. Cobalah keseruan bermain banana boat, atau mengarungi perairan dangkal dengan kano atau stand up board. Kegiatan lainnya adalah selancar yang bisa Anda lakukan agak ke tengah laut.

Tiket Masuk: -
Peta Lokasi: Jl. Pura Geger, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Peta

Pantai Sawangan Nusa Dua

Pantai di Nusa Dua Bali
credit: phatfreemiguel, CC BY-NC-ND 2.0

Dengan keindahan yang tak kalah menawan, Pantai Sawangan menawarkan suasana yang lebih damai dan tenang. Pantai ini kurang populer sebagai tujuan wisata karena merupakan kawasan private beach dari Hotel Grand Nikko. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengunjunginya karena tersedia juga akses untuk umum.

Berkunjung ke Pantai Sawangan Nusa Dua, salah satu ide terbaik adalah mencoba keseruan naik onta bersama Bali Camel Safari. Ketika melihat ke sisi selatan Grand Nikko, Anda bisa menemukan sekelompok binatang unta yang sedang beristirahat. Dekati dan nikmati sensasi menunggangi unta di pantai tenang nan indah.

Tiket Masuk: -
Peta Lokasi: Jl. Gn. Payung I, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Peta

Demikian daftar 5 wisata pantai di Nusa Dua Bali. Jika durasi wisata Anda panjang, masih banyak tempat wisata Nusa Dua yang layak dikunjungi. Anda juga bisa berkunjung ke Museum Pasifika, menyaksikan teater kelas dunia Devdan Show. Untuk belanja dan kuliner, cobalah mengunjungi Bali Collection dan Pirates Bay Bali.

Fasilitas Wisata di Nusa Dua Bali

Sebagai kawasan wisata internasional, Nusa Dua menawarkan beragam fasilitas wisata yang bisa Anda temukan dengan mudah. Sejauh ini, fasilitas akomodasinya mencakup 19 hotel berbintang, pusat perbelanjaan, museum dan situs-situs budaya, padang golf, rumah sakit serta fasilitas dan bisnis pariwisata lainnya.

Termasuk juga dua fasilitas MICE bertaraf internasional. Melalui keberadaan dua MICE tersebut Nusa Dua sering kali menjadi tuan rumah berbagai acara berskala internasional. Kawasan ini tertata dengan baik berhias taman yang indah. Fitur keamanannya ketat sehingga setiap pengujung harus melalui security check.

Jika tertarik berkunjung ke Nusa Dua Bali, Anda bisa berkendara sejauh kurang lebih 15 km atau 25 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Aksesnya mudah melalui Mandara Toll Road. Selebihnya, untuk rekomendasi penginapan atau hotel murah dan bagus di kawasan Nusa Dua. Lihat daftar lengkapnya DI SINI.