Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Samuh Nusa Dua Bali - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket

Pantai Samuh. Memilih Nusa Dua ketika berwisata ke Pulau Dewata adalah ide sempurna. Terkhusus bagi sebuah wisata keluarga yang mana anak-anak terlibat di dalamnya. Selain diklaim sebagai kawasan pantai terbersih di Bali, pantai Nusa Dua juga menawarkan ombak yang tenang dengan hamparan pasir putih yang memanjakan.

Nusa Dua memiliki beberapa pantai. Selain Pantai Mengiat dan Pantai Geger, masih ada pantai lain yang tak kalah menawan, salah satunya adalah Pantai Samuh atau Pantai Segara Samuh. Karena berlokasi di Kawasan International Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, kebanyakan wisatawan menyebutnya Pantai Nusa Dua.

Secara administratif pantai ini berlokasi di Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali. Samuh adalah pantai yang indah, tidak hanya lanskapnya saja, namun juga di kedalaman lautnya. Sangat direkomendasikan untuk mengunjunginya. Untuk memperkaya informasi, ketahui daya tarik, HTM, serta fasilitas pantainya melalui info wisata berikut ini.

Aktivitas & Daya Tarik Pantai Samuh

Kawasan Wisata Nusa Dua Bali terkenal dengan hamparan pasir putih yang bersih dengan gelombang air yang sangat bersahabat. Seperti itu juga gambaran Pantai Samuh yang lokasinya bersebelahan dengan Pantai Mengiat ini. Berenang dan bersantai di tepi pantai sudah menjadi semacam tradisi para wisatawan jika berkunjung ke sini.

Atau, mungkin saja Anda lebih tertarik menyusuri pantai untuk menemukan sudut keindahan alam yang berbeda. Terserah bagaimana Anda mengatur kedatangan, namun pastikan saja berada di pantai ini ketika pagi hari. Pemandangan sunrise di Pantai Segara Samuh Nusa Dua sangat memanjakan mata, sayang jika Anda melewatkannya.

Ketika sore hari, saat air laut surut, Anda bisa menjelajah ke tengah laut. Bahkan, banyak wisatawan yang membiarkan anak-anak mereka bermain sepuasnya, menjejaki pasir yang basah hingga ke tengah laut. Panorama pantai makin cantik dengan keberadaan Pulau Nusa Darma di sebelah Pulau Peninsula, tempat Waterblow Nusa Dua.

Di sini, tersedia jogging track yang mengarah ke Pulau Peninsula. Fasilitas tersebut biasa dimanfaatkan wisatawan untuk berjalan kaki atau bersepeda dengan nyaman. Selain itu, Pantai Segera Samuh juga bersebelahan dengan Pantai Tanjung Benoa sebagai pusat watersport di Bali. Selebihnya, Samuh adalah pantai yang cantik luar dalam.

Selain lanskap pemandangan yang menawan, bawah lautnya juga mengagumkan. Pantai ini juga merupakan tempat pelestarian terumbu karang, eskosistem pesisir, dan biota laut. Spot utamanya bernama Bali Underwater Cultural Park (BUCP) yang berjarak 500 meter dari pinggir pantai dengan kedalaman mencapai 11 meter dari permukaan laut.

BUCP merupakan konservasi keanekaragaman hayati laut dan budaya. Di dalamnya berhias karya seni, salah satunya patung penari, sebagai tempat menanam terumbu karang sehingga bentuk terumbu karang terlihat lebih indah. Jika tertarik, di sini sudah ada penyewaan peralatan diving dan snorkeling, lengkap dengan guide dan instrukturnya.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Kawasan Nusa Dua Bali adalah kawasan pariwisata bertaraf internasional, sehingga setiap objek wisata di Nusa Dua umumnya memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas umumnya meliputi lahan parkir yang luas serta memiliki sejumlah toilet atau kamar mandi bersih. Untuk konsumsi, banyak tersedia rumah makan, kafe, hingga restoran.

Sebagai kawasan pariwisata bertaraf internasional, Nusa Dua Bali juga menyediakan beraneka macam tempat menginap berupa hotel, resort, maupun villa. Lihat rekomendasi Hotel di Nusa Dua. Seperti yang telah tersebut sebelumnya, di sekitar kawasan pantai ini juga telah tersedia tempat penyewaan alat snorkeling dan diving.

Selebihnya, apabila ingin membeli oleh-oleh, banyak juga toko souvenir yang berjajar di sepanjang jalan ke arah pantai. Anda bisa berwisata ke Pantai Segara Samuh Bali secara gratis karena sejauh ini pantai ini tidak menerapkan biaya masuk. Biaya mungkin hanya untuk parkir kendaraan dan penyewaan fasilitas penunjang wisatanya saja.

Lokasi & Rute ke Pantai Samuh Bali

Dari Bandara Ngurah Rai, hanya butuh waktu berkendara sekitar 20 menit melalui Bali Mandara Toll Road ke pantai ini. Ketika sudah di Kawasan Nusa Dua, akan ada security check. Lalu, lanjut melalui bundaran BTDC, melewati Museum Pasifika dan Devdan Show Nusa Dua Theatre dan tiba di lokasi. Manfaatkan peta lokasinya, DI SINI