Pantai Selok Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Mengusung branding The Heart of East Java, wisata kabupaten Malang terus berkembang. Dari sekian potensi wisatanya, pantai Malang termasuk yang paling beragam. Suka pantai? Malang laksana surga dengan jajaran pantai nan indah. Jika bingung mau mulai dari mana. Pantai Selok adalah rekomendasi untuk Anda.

Pantai Selok Malang
credit: instagram.com/muhonyfahreza

Banyak pantai di Malang selatan yang saling berdekatan lokasinya. Demikian juga dengan Pantai Selok yang bertetangga dengan Pantai Banyu Meneng. Jadi, Anda bisa mengunjungi keduanya. Lokasinya di Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kabupaten Malang. Lebih detail mengenai pantai ini, baca info wisata berikut.

Daya Tarik Wisata Pantai Selok Malang

Sama seperti Pantai Parang Dowo di tepian Jalur Lintas Selatan (JLS), Pantai Selok juga terbilang pantai baru di Malang. Nyaman dan damai begitu mendominasi suasana alamnya. Sebagai batas darat dan laut, pasir yang putih bersih terhampar memanjang. Halus lembut teksturnya sehingga nyaman di kaki telanjang.

Lanskap birunya Samudera Hindia terbentang di depan mata. Tidak ada yang menghalangi pandangan, kecuali formasi batuan karang di tepi pantainya. Bebatuan karang itulah yang menjadi ikon pantai ini. Airnya jernih terkesan tenang, tapi waspadalah karena ombak besar khas pantai selatan mungkin datang tiba-tiba.

Ombak di sini sangat kontras dengan Pantai Banyu Meneng yang hampir tak punya ombak. Ini berarti, bermain air ataupun berenang bisa Anda realisasikan sepuasnya di Pantai Banyu Meneng. Pantai Selok Malang lebih ideal bagi penikmat suasana dan pemandangan pantai. Bersantailah atau susurilah pantai, dan selfie.

Setidaknya ada tiga pantai yang bertetangga dengan pantai ini. Selain Banyu Meneng, ada juga Pantai Ngentup. Serta, Pantai Kondang Merak yang terkenal akan kulinernya. Apabila durasi petualangan Anda kali ini panjang, boleh juga camping bermalam dengan mendirikan tenda. Jelajahi semua pantai di sekitarnya, sepuasnya.

Harga Tiket Pantai Selok di Malang Selatan
credit: instagram.com/bagas.ignasius

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Dalam peta pariwisata di Kabupaten Malang, pantai ini memang terbilang pendatang baru. Meski demikian, fasilitas wisata di sini sudah cukup memadai. Untuk wisatawan, pengelola telah menyediakan toilet atau kamar mandi bilas, gazebo, lahan parkir yang luas. Untuk konsumsi, sudah ada warung dan kedai kopi.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 12.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000
Note: harga tiket masuk yang tersebut dalam daftar umumnya sudah termasuk akses masuk ke Pantai Ngentup dan Pantai Banyu Meneng. Jadi, sekali bayar Anda bisa menjelajahi tiga pantai sekaligus. Harga di atas tak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Banyu Meneng Malang
Pantai Banyu Meneng, credit: instagram.com/doliphoto

Rute ke Pantai Selok di Malang Selatan

Menuju Pantai Selok-Banyu Meneng, rutenya mudah karena cukup memakai rute ke Pantai Balekambang. Setidaknya hingga perempatan di Balekambang jalanan mulus beraspal. Perlu berhati-hati di kawasan Jurang Mayit, ada tanjakan tinggi dan menikung tajam. Kendati demikian, aspalnya bagus sudah diperlebar.

Jika belum ada perbaikan, jalanan lumayan ekstrim hanya sejak Anda belok ke kanan dari perempatan Balekambang mengarah ke Kondang Merak. Selok Banyu Meneng dekat dari pantai ini. Hindari kunjungan di musim penghujan karena becek dan pastikan saja kendaraan Anda bersahabat dengan kondisi jalan yang buruk.

Rute ke Balekambang dari Malang bisa melalui Gondanglegi - Bantur atau melalui Kepanjen - Pagak - Bantur. Ketika sampai di Bantur lanjutkan saja ke arah selatan hingga tiba di perempatan di Balekambang. Durasi perjalanan tidak sampai 3 jam. Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan peta lokasinya, Di sini.