Tempat Wisata di Sabang, 8 Wisata Terbaik Terindah di Sabang Aceh

Khususnya bagi traveler yang suka wisata bahari, Kota Sabang merupakan destinasi yang wajib dikunjungi. Di sinilah tempat semua orang, wisatawan nusantara maupun mancanegara, bergembira menikmati pesona alam Indonesia. Berbagai tempat wisata di Sabang Aceh selalu siap menyambut kedatangan siapa saja.

Tempat Wisata di Sabang Aceh
credit: instagram.com/aryawiznu

Kota Sabang merupakan salah satu kota di provinsi Aceh. Dari sekian pulau yang ada di wilayahnya, Pulau Weh adalah yang terbesar dan Pulau Rondo menjadi titik terluar paling utara Indonesia. Selain itu, di kota yang berupa kepulauan inilah letak Tugu 0 KM yang berdiri sebagai penanda titik paling barat Indonesia.

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Sabang terkenal kaya akan objek wisata bahari. Jadi, Anda perlu memfilter tujuan karena banyak tempat wisata di Sabang. Sebagai gambaran awal, berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata Sabang Aceh yang menarik dan populer dikunjungi wisatawan.

Pantai Iboih, Tujuan Wisata Utama di Sabang

Pantai Iboih Sabang
credit: Rizky Adriansyah, CC BY-NC 2.0

Salah satu tempat wisata di Sabang yang paling wajib Anda kunjungi adalah Pantai Iboih. Pantai yang terletak di ujung utara Pulau Weh ini adalah destinasi wisata utama di Sabang bagi para traveler domestik maupun mancanegara. Banyak aktivitas wisata menarik di pantai ini, termasuk snorkeling dan menyelam.

Pantai Iboih juga terkenal dengan panorama sunrise yang indah. Sebagai tempat wisata populer di Sabang, fasilitas Pantai Iboih pun sangat lengkap dan memadai. Banyak pilihan penginapan dan tempat makan. Ada juga rental mobil dan motor, penyewaan alat snorkeling serta Rubiah Dive Center, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pulau Rubiah, Primadona Wisata Sabang Aceh

Pulau Rubiah di Sabang Aceh
credit: instagram.com/aryawiznu

Dari Pantai Iboih, Anda wajib melebar ke Pulau Rubiah yang berada di seberang pantai tersebut. Cukup dengan berperahu kurang lebih 15 menit untuk mencapainya. Tak ada yang lebih kami sarankan di pulau ini kecuali menyelam menikmati surga bawah lautnya. Sungguh, Pulau Rubiah sangat menawan, luar maupun dalam.

Pulau Rubiah adalah tempat wisata di Sabang yang sangat masyhur berkat pesona bawah lautnya. Habitat bagi ikan nemo, angel fish, lion fish, serta menjadi tempat rehabilitas terumbu karang. Nama pulau tak berpenghuni ini berasal dari nama seorang perempuan, yakni Cut Nyak Rubiah, yang makamnya terdapat di pulau ini.

Lokasi: Pulau Rubiah, Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Nol Kilometer, Tempat Wisata Ikonik di Sabang

Tugu Nol Kilometer Indonesia
credit: instagram.com/aryawiznu

Seperti yang tersebut di awal artikel ini, tempat wisata di Sabang yang juga perlu Anda kunjungi adalah tugu penanda titik paling barat Indonesia, yakni Tugu Nol Kilometer Indonesia. Meskipun tidak banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, akan ada kepuasan tersendiri ketika bisa sampai di Titik 0 KM negeri ini.

Menariknya, bukti kedatangan Anda juga bisa terabadikan melalui sebuah sertifikat yang bisa diperoleh di tempat ini. Rekomendasi terbaiknya, aturlah kunjungan ke tugu di Pulau Weh ini sore hari. Tepatnya ketika matahari hendak terbenam. Ketahuilah pemandangan sunset dari Tugu 0 KM juga sangatlah mempesona.

Lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Danau Aneuk Laot di Tengah Kota Sabang Aceh

Tempat Wisata Danau Aneuk Laut di Sabang
credit: instagram.com/isra_picture

Selain Pantai Iboih di ujung utara, wajib kiranya menikmati kemolekan Danau Aneuk Laot yang berada di tengah Kota Sabang. Aneuk Laut dalam bahasa Aceh berarti Anak Laut. Selain menjadi salah satu tujuan wisata utama di Pulau Weh Sabang, danau ini juga merupakan sumber mata air bagi penduduk setempat.

Danau Aneuk Laot menghadirkan nuansa hijau, sejuk, dan menenangkan. Bagi pecinta fotografi, danau ini kaya spot menarik. Pemandangannya makin sempurna saat senja tiba, sunset di sini memanjakan mata. Di malam hari, tepatnya dari atas bukit Kota Sabang, kerlap-kerlip lampu menyajikan suasana yang berbeda.

Lokasi: Aneuk Laot, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Wisata Pantai Sumur Tiga, Indah dan Bersejarah

Pantai Sumur Tiga di Sabang
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Pantai Sumur Tiga adalah tempat wisata di Sabang berikutnya. Sebuah pantai indah yang membujur panjang di sisi timur Pulau Weh. Pasir di pantai ini cenderung lebih putih dan lembut. Airnya sedikit berombak, sementara laut yang biru berpadu dengan semilir angin yang syahdu menggerakkan nyiur di pesisirnya.

Pantai Sumur Tiga termasuk objek wisata di Sabang terfavorit di kalangan wisatawan. Juga, sebagai objek wisata sejarah dengan situs peninggalan Jepang yang berupa reruntuhan benteng sisa pendudukan masa itu. Pantai ini juga merupakan surga snorkeling dan diving, bahkan di sini juga cocok untuk selancar angin.

Lokasi: Iem Meulee, Ie Meulee, Sukajaya, Sabang, Aceh

Wisata Pantai Kasih nan Eksotik, Menakjubkan

Wisata Pantai Kasih di Sabang
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Di Pulau Weh, cobalah melebarkan penjelajahan ke Pantai Kasih. Meski bukan wisata pantai yang luas, Pantai Kasih menawarkan sajian lanskap alam yang eksotik. Bebatuan karangnya yang basah dan elegan begitu mendominasi, sementara pasir putihnya yang lembut mencoba mengimbangi permukaannya.

Tentu saja, gradasi biru laut turut menyempurnakan pesona alamnya. Sementara itu, jajaran hijau pohon palem melengkapi sembari setia menjaga setiap jengkal keindahan yang tersaji. Yang menarik, di sekitar pantai ini juga telah tersedia beberapa fasilitas, tidak terkecuali sejumlah penginapan atau guest house.

Lokasi: Ateuh, Kuta, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Objek Wisata Air Terjun Pria Laot di Sabang Aceh

Tempat Wisata Air Terjun Pria Laot Sabang
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Tempat wisata di Sabang tidaklah selalu berupa pantai. Kota ini juga punya objek wisata alam berupa air terjun, yakni Air terjun Pria Laot. Sebuah wanawisata tersembunyi yang turut melengkapi cantiknya Pulau Weh. Air terjun ini merupakan bagian dari Gunung Sarung Keris yang berada di sisi selatan Pulau Weh.

Seperti wisata air terjun pada umumnya, Air terjun Pria Laot menyajikan pesona alam dengan dominasi rimbun kehijauan. Alhasil, udaranya terasa sejuk dan segar. Aktivitas menarik adalah berendam di kolam alaminya. Kolam tersebut dihuni oleh banyak ikan kecil yang pasti akan menyambut Anda dengan pijatan mesranya.

Lokasi: Batee Shoek, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Pantai Anoi Itam yang Berpasir Hitam Menawan

Objek Wisata Pantai Anoi Itam Sabang
credit: instagram.com/isra_picture

Umumnya pantai di Sabang berpasir putih, namun Pantai Anoi Itam unik dengan hamparan pasir hitam. Ini senada dengan namanya, Anoi berarti pasir atau tanah dan Itam berarti hitam. Tidak hanya itu, berat pasir pantai ini pun berbeda, 3 kali lipat pasir hitam pada umumnya, karena kandungan nikelnya yang tinggi.

Dengan pasir hitamnya, keindahan yang tersaji cenderung maskulin. Lebih-lebih komposisi batuan karang yang ada turut berpadu dengan rimbun pepohonan. Suasananya cukup kontras dengan pantai lain. Selain di Pantai Sumur Tiga, di sini juga terdapat benteng peninggalan Jepang yang bernama Jepang Anoi Itam.

Lokasi: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh

Demikianlah daftar beberapa rekomendasi tempat wisata di Sabang Aceh. Tentu, yang tersebut di atas belum mencakup semua objek wisata di Sabang. Tapi, daftar ini sekiranya bisa menjadi gambaran awal sebelum Anda benar-benar tiba di sana. Jika membutuhkan penginapan, lihat rekomendasi Hotel di Sabang Aceh.