Pantai Kasih Sabang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Pulau Weh merupakan pusat pariwisata Kota Sabang. Membentang sepanjang 15 kilometer, pulau ini mengoleksi berbagai tempat wisata menarik, termasuk jajaran pantai indah yang membatasi darat dan lautnya. Selain Pantai Iboih yang terkenal keindahannya, ada juga Pantai Kasih yang tak kalah indahnya.

Pantai Kasih Sabang Aceh
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Jadi, pastikan saja rencana liburan ke Sabang Aceh. Sesekali memanjakan diri dengan pesona bahari di ujung paling barat Indonesia. Menyelami keindahan bawah laut Pulau Rubiah untuk kemudian menjelajahi pantai-pantai menawan. Pantai Kasih salah satunya. Baca ulasan berikut sebelum Anda mengunjunginya.

Daya Tarik Pantai Kasih Sabang

Pantai Kasih merupakan salah satu wisata pantai di Sabang Aceh yang terkenal pemandangannya yang indah. Pasirnya yang putih terhampar landai berhias bebatuan yang tertata acak. Suasananya rindang dengan jajaran pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai yang tertata rapi dengan tepi tertutup semen.

Di Pantai Kasih Sabang, wisatawan bisa dengan leluasa menikmati bentangan lautan yang semakin jauh semakin membiru. Sedap dipandang mata, sementara angin laut sejuk menyapa. Suasananya cenderung meriah di sore hari karena pantai ini menghadap ke barat sehingga terkenal dengan panorama sunsetnya.

Pantai ini termasuk tempat favorit masyarakat Sabang untuk jalan-jalan menghabiskan waktu di sore hari. Selain karena keindahan matahari terbenam, lokasinya juga dekat pemukiman. Pasirnya yang halus dan cukup luas menjadi tempat ideal untuk bersantai dan bermain. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Fasilitas Wisata di Pantai Kasih
credit: instagram.com/isra_picture

Karena tekstur pasirnya lembut, anak-anak pun bisa bermain pasir dengan leluasa. Bermain air ataupun berenang juga dimungkinkan, tapi harus tetap hati-hati karena ombak Pantai Kasih Sabang cukup besar. Sejauh ini, pengunjung banyak menghabiskan waktu dengan beraktivitas di hamparan pasir pantainya.

Kegiatan menarik lain adalah menjelajah karena Pantai Kasih berbatasan dekat dengan pantai lain. Pantai Paradiso merupakan yang terdekat. Lalu, ada juga Pantai Tapak Gajah. Yang tak kalah menarinya, di sekitar pantai juga ada benteng-benteng bersejarah tempat penyimpanan senjata peninggalan Perang Dunia II.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski bukan termasuk tempat wisata populer di Sabang, fasilitas wisata di Pantai Kasih sangatlah lengkap dan memadai. Karena lokasinya berada tidak jauh dari pemukiman warga, di sekitar pantai sudah banyak penjual makanan. Bahkan, ada juga penginapan atau guest house. Harga tiket masuk Pantai Kasih? Gratis!

Rute Lokasi Kasih Beach Sabang
credit: instagram.com/isra_picture

Rute Lokasi Pantai Kasih Sabang

Objek wisata ini beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin, Kuta Ateueh, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh. Karena berlokasi di kota kepulauan, Anda perlu melakukan perjalanan laut jika berangkat dari Banda Aceh. Mulai dengan menuju Pelabuhan Ulee Lheu dan menyeberang ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh Sabang.

Terdapat setidaknya 2 angkutan penyeberangan dari Ulee Lheu ke Balohan, yakni menggunakan Kapal Motor Express dan Kapal Roro. Memilih Kapal Motor express, Anda bisa sampai ke Sabang dalam durasi sekira 45 menit. Tarifnya Rp 50.000 - Rp 90.000 tergantung kapal yang Anda pilih karena ada dua jenis.

Naik Kapal Roro atau Ferry biayanya Rp 20.000 - Rp 30.000 dengan durasi 1-2 jam. Selain penumpang, kapal ini juga mengangkut kendaraan, tarinya Rp 9.000 - Rp 155.000 tergantung jenis kendaraannya. Dari Pelabuhan Balohan, Kasih Beach berjarak sekitar 11 kilometer atau 20 menit berkendara. Lihat Peta Lokasi