Savana Tianyar Bali - Daya Tarik Wisata, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Bali senantiasa menawan di setiap bagian. Kabupaten Karangasem di ujung timur Bali pun demikian. Pesona alam, budaya, dan sejarahnya begitu mengagumkan. Tidak hanya jajaran pantai nan menawan, Gunung Agung juga mewarnai panoramanya. Savana Tianyar adalah spot terbaik untuk menikmatinya.

Savana Tianyar Karangasem Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Intinya, Savana Tianyar Bali wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Pastikanlah jadwal liburan ke Bali, kunjungi Karangasem dan mampirlah ke objek wisata alam ini. Lokasinya berada di Desa Tianyar, Kubu, Karangasem, Bali. Terkait daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan rute lokasinya, baca info wisata berikut ini.

Daya Tarik Wisata Savana Tianyar Bali

Suasananya seperti di Afrika atau jika kejauhan, Savana Tianyar mirip dengan Savana Bekol di Baluran. Hamparan padang rumput yang luas terlihat indah berlatarkan Gunung Agung yang menjulang tinggi. Ideal bagi pencari spot foto instagramable di Bali. Lanskapnya begitu indah di sejauh mata memandang.

Menariknya, pergantian musim turut memberi citra keindahan lain melalui perubahan warna alam. Ketika musim kemarau, Savana Tianyar Bali menyajikan pemandangan padang rumput yang kekuning-kuningan seolah savana Afrika. Semua itu berubah saat musim hujan, warna alamnya cenderung hijau menyegarkan

Savana Tianyar Bali selalu indah setiap waktu. Bahkan kalau perlu, Anda bisa mengunjunginya di musim berbeda. Khususnya bagi penggemar landscape photography, mudah menemukan sudut indah untuk diabadikan. Ini juga berarti surga bagi para milenial yang suka selfie karena banyak spot instagenic di sini.

Harga Tiket Masuk Savana Tianyar Bali
credit: Made Sudana, CC BY-SA 4.0

Meski sempat viral karena suasananya mirip dengan padang sabana di Afrika, di kawasan Savana Tianyar Karangasem tidak ada hewan buas. Yang ada hanya beberapa ekor kuda dan sapi milik warga setempat. Tidak jarang, hewan-hewan tersebut dijadikan model untuk melengkapi foto pemandangan di tempat ini.

Berkat keindahannya, padang rumput Tianyar termasuk spot foto prewedding favorit di Pulau Bali, selain di Taman Ujung Karangasem. Traveler yang berkunjung biasanya sekedar bersantai menikmati panorama alam dan berfoto. Ada juga yang camping. Area ini indah sepanjang hari, terlebih saat sunrise dan sunset.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kawasan Savana Tianyar di Karangasem Bali belum dikelola sepenuhnya sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu tidak tersedia fasilitas seperti toilet maupun warung tempat makan. Parkir kendaraannya pun bebas. Lalu, berapa harga tiket masuk Savanah Tianyar Bali? Gratis, tidak perlu biaya untuk memasukinya.

Rute Lokasi Tianyar Karangasem Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Savana Tianyar Karangasem

Sesuai namanya, objek wisata ini berada di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Berada di ujung timur Bali, lokasinya dekat pesisir Pantai Tianyar dan Pantai Tulamben yang terkenal akan keindahan bawah lautnya. Dari Kota Denpasar, jaraknya kurang lebih 76 kilometer atau 2 jam berkendara.

Saran terbaik untuk mencapai Desa Tianyar adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Atau, bisa memanfaatkan layanan penyewaan mobil atau motor yang banyak tersedia di Bali. Meskipun jauh, akses jalannya bagus hingga ke lokasi. Untuk mempermudah perjalanan, gunakan Google Maps, lihat DI SINI.