Virgin Beach Karangasem Bali - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Terkenal sebagai destinasi wisata pantai, Pulau Bali mengoleksi pantai indah hampir di setiap kabupaten yang ada di wilayahnya. Termasuk Kabupaten Karangasem yang menempati sisi timur Pulau Dewata. Dari sekian pantai di areanya, ada Pantai Bias Putih yang populer dengan nama Virgin Beach Karangasem Bali.

Virgin Beach Karangasem Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Jika Anda seorang traveler penggemar pantai, saat liburan di Pulau Bali, pastikan mampir ke Karangasem. Pantai Virgin merupakan salah satu pantai yang terindah di sana. Lokasinya berada di Desa Adat Bugbug, Karangasem. Terkait daya tarik, fasilitas wisata, serta harga tiket Virgin Beach Bali, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Virgin Beach Karangasem Bali

Tentu, Pantai Bias Putih atau Virgin Beach Bali merupakan pantai yang indah. Pantai ini memiliki banyak nama, ada juga sebutan Pantai Pasir Putih. Bias berarti pasir dalam bahasa lokal. Penamaan ini merujuk hamparan pasirnya yang putih. Cukup unik, karena pasir pantai di Karangasem umumnya berwarna gelap.

Pantai ini mendapat julukan Virgin Beach karena dulu tak ada akses yang memadai untuk mencapainya. Jarang yang mengunjungi sehingga keindahan alamnya sangat alami. Pantai Perasi juga sempat menjadi namanya karena dulu wisatawan biasa mengaksesnya dari pesisir pantai di Desa Perasi di sebelah timur.

Seiring dibukanya jalan di Desa Adat Bugbug menuju ke pantai, semuanya berubah kecuali nama Virgin Beach Karangasem Bali yang terlanjur melekat. Nama Bias Putih yang merupakan peninggalan leluhur belum banyak yang mengenal. Terutama turis mancanegara, nama Virgin Beach lebih mudah diterima.

Daya tarik pasir putih juga mengilhami nama lain yakni White Sand Beach Bali. Apapun julukannya, yang pasti Virgin Beach Karangasem adalah pantai indah yang terbatasi perbukitan di sisi timur dan baratnya. Pasirnya cukup landai dan sebenarnya tidak benar-benar putih, tapi kuning bercampur pasir hitam.

Kondisi dan pemandangan alamnya yang menawan cenderung mengajak pengunjung untuk bersantai. Tekstur pasir yang halus dan lembut cocok bagi siapapun untuk berlama-lama di pantai ini. Di sini, Anda bisa bermain pasir, berenang, atau menyusuri pantai untuk menemukan sudut pemandangan alam yang berbeda.

Pantai Virgin Beach Karangasem berada di antara dua bukit. Bukit Asah di sisi barat populer sebagai spot camping dan menikmati panorama dari ketinggian. Jika suka memancing, Anda bisa rock fishing di Bukit Asah atau memancing di laut dengan menyewa perahu jukung berkapasitas hingga 6 orang.

Fasilitas Wisata di Pantai Virgin Karangasem
credit: instagram.com/dhanicerubak

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sering dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, memang nama Virgin Beach Karangasem sudah tidak relevan. Semakin ramai yang mengunjungi ketika akses jalannya sudah sangat memadai. Saat ini kendaraan bisa parkir dekat pantainya. Selain jalan, kini fasilitas wisata di Virgin Beach Bali juga sangat lengkap.

Di tepi pantai sudah ada kafe-kafe kecil dengan beragam menu makanan dan minuman. Ada juga layanan pijat dan penjual aksesoris keliling. Untuk menunjang aktivitas wisata, tersedia jajaran kursi pantai untuk bersantai yang telah lengkap dengan payungnya. Lahan parkir kendaraan luas, toilet atau kamar mandi tersedia.

Selebihnya ada penyewaan perahu tradisional bagi yang ingin memancing. Virgin Beach Karangasem juga cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving, ada pelayanan untuk kegiatan ini serta layanan hiking. Juga, persewaan tenda untuk camping. Berapa harga tiket masuk Virgin Beach Bali? Rp. 10.000 termasuk parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Virgin Beach Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute ke Lokasi Virgin Beach Karangasem

Virgin Beach Karangasem Bali secara administratif berlokasi di Jl. Raya Bukit Asah, Desa Adat Bugbug, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali. Jaraknya kurang lebih 20 menit berkendara ke arah timur dari Pantai Candidasa yang lebih dulu terkenal. Atau, sekitar 1,5 jam apabila Anda berangkat dari Kota Denpasar Bali.

Rute untuk mencapainya mudah dengan akses jalan yang bagus hingga di Desa Adat Bugbug. Berlibur ke Pantai Virgin Karangasem, Anda bisa berkendara mengikuti Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ke arah timur ke arah Candidasa. Lanjut ke timur melalui Jl. Raya Bugbug hingga di Jl. Raya Bukit Asah. Lihat Peta Lokasi.