Curug Sodong (Sajodoh) Ciletuh - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute

Curug atau air terjun termasuk pilihan geosite atau wisata alam yang banyak tersebar di Geopark Ciletuh Sukabumi. Setidaknya sembilan curug mewarnai lanskap Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut. Curug Sajodoh atau yang populer dengan sebutan Curug Sodong adalah salah satu air terjun terkenal di sana.

Curug Sodong Geopark Ciletuh Sukabumi
credit: instagram.com/adnansamsuleh

Memang ada rencana wisata ke Curug Sodong Sukabumi? tempat wisata ini terletak di desa yang sama dengan Curug Cikanteh yang juga sangat terkenal keindahannya. Datangi kedua air terjun tersebut di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Lebih rinci mengenai curug ini, baca ulasan berikut.

Daya Tarik Alam Curug Sodong Ciletuh

Curug Sodong punya banyak nama. Selain Curug Sajodoh, ada juga yang menyebutnya Curug Penganten dan Curug Kembar. Julukan tersebut berkaitan dengan ciri khas air terjun ini yang hadir dengan dua aliran yang berdampingan. Adapun nama "Sodong" merujuk pada cekungan tebing mirip goa di balik air terjun.

Meski tidak terlalu tinggi, hanya sekira 20 meter, debit airnya tergolong besar dan jatuh terbagi menjadi dua sehingga memberi daya tarik tersendiri. Aliran air tersebut berasal dari Curug Cikanteh yang berada di atas, sekitar 300 meter dari curug ini. Butuh kurang lebih 30 menit trekking apabila ingin mencapainya.

Menjadi bagian dari Dataran Tinggi Jampang yang terbentuk dari fenomena geologis jutaan tahun yang lalu, Curug Sodong Sukabumi menghadirkan panorama nan indah. Selain sensasi air terjun berpasangan dengan kolam alami, lanskap sekitarnya rindang oleh tetumbuhan yang menyelimuti tebing perbukitan.

Daya tarik lain air terjun ini adalah beragam mitos yang mewarnai sejarah di masa lalu. Perihal sejumlah orang yang menguji ilmu kanuragan dan kebatinan yang mengerikan. Tubuhnya dipotong-potong dan dihanyutkan dari puncak curug. Jika berhasil, potongan tubuh akan menyatu dan mereka hidup kembali.

Mitos lainnya adalah tentang larangan berendam atau berenang di kolam bagi sepasang kekasih yang belum menikah. Konon pernah ada yang meninggal tenggelam secara misterius. Jasad mereka ditemukan setelah beberapa hari di bawah air terjun. Dan, esok harinya curug ini mengering selama beberapa hari.

Terlepas dari mitos-mitos yang berkembang, Curug Sodong merupakan objek wisata yang cukup populer di komplek Geopark Ciletuh Sukabumi. Wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas. Bersantai menikmati suasana dan pemandangan, menjelajahi air terjun lain, atau bermalam dengan camping di sekitar curug

Fasilitas Wisata Air Terjun Sodong Sajodoh Sukabumi
credit: instagram.com/ilman_ah

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Curug Sodong di Geopark Ciletuh Sukabumi termasuk tempat wisata yang senantiasa berkembang. Sejak akhir tahun 2021, pembangunan berbagai fasilitas wisata telah rampung sehingga kini sudah lengkap dan memadai. Terdapat tempat ibadah berupa mushola, tempat parkirnya khusus, dan toilet pun tersedia.

Tidak hanya itu, akses menuju lokasi air terjun sudah sangat bagus plus bangunan papan nama serta tugu bambu ikonik yang juga ideal sebagai spot foto. Bahkan, saat ini telah tersedia pujasera, beberapa gazebo yang didesain sedemikian rupa, aula, amphiteater. Dan, menara untuk melihat panorama dari ketinggian.

Ada opsi tour guide atau pemandu wisata jika Anda berminat menjelajah air terjun lain. Camping ground tersedia di dekat air terjun. Banyak spot foto yang instagramable, dan banyak lagi. Untuk saat ini harga tiket masuk Curug Sodong masih gratis (bisa berubah sewaktu-waktu), hanya bayar parkir sekitar IDR 5K.

Harga Tiket Curug Sodong Geopark Ciletuh
credit: Dede Arief, CC BY-SA 4.0

Rute Lokasi Curug Sodong di Sukabumi

Objek wisata Curug Sodong berada di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lihat Peta Lokasi. Jaraknya sekitar 100 kilometer atau 3-4 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Sukabumi. Atau, kurang lebih 6-7 jam apabila berangkat dari DKI Jakarta.

Dari Sukabumi, Anda bisa berkendara menuju Kecamatan Ciemas melalui Cimanggu. Sampai di Ciemas, lanjutkan perjalanan menuju Cikanteh dalam waktu sekira 1 jam. Akses jalan beraspal namun cenderung sempit. Menuju Curug Sodong Ciletuh mudah, tidak perlu trekking karena bisa parkir kendaraan di lokasi.