Pulau Padar TN Komodo - Daya Tarik, Biaya dan Cara ke Padar Island

Dengan 1.200 pulau yang tersebar di wilayahnya, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daya tarik wisata Indonesia yang mendunia. Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo menjadi pusat perhatian di sana. Sementara itu, Pulau Padar adalah pulau di TN. Komodo yang paling ikonik pemandangan alamnya.

Pulau Padar Taman Nasional Komodo NTT
credit: unsplash.com/@denissadevy

Punya rencana liburan ke TN. Komodo? secara administratif, Situs Warisan Dunia UNESCO ini berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Selain Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Pulau Padar merupakan destinasi wajib. Baca info detail terkait pulau ini melalui ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pulau Padar di TN. Komodo

Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan Pulau Padar merupakan pulau terbesar di Taman Nasional Komodo NTT. Dengan luas area 2.017 hektare, Padar Island menjadi pulau terkecil dan terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Lokasi pulau ini cenderung lebih dekat dengan Pulau Rinca ketimbang Pulau Komodo.

Uniknya, pulau yang juga diapit beberapa pulau kecil ini tidak dihuni komodo. Menurut Anne Welsbacher dalam buku Komodo Dragons, biawak atau kadal terbesar ini meninggalkan Padar sejak kebakaran besar pada tahun 1980-an. Mereka berenang dan pindah ke pulau-pulau lain demi mempertahankan hidup.

Dalam bahasa masyarakat di Kepulauan Nusa Tenggara, pulau kecil disebut Gili. Demikian juga dengan pulau ini yang terkenal juga dengan nama Gili Padar. Tidak ada komodo, bukan berarti tidak ada hewan di Gili Padar. Kawanan rusa timor sering terlihat berkeliaran di tepian pantai maupun di sekitaran dermaga.

Pantai merupakan satu hal yang unik sekaligus menyumbang daya tarik tersendiri di Padar Island. Selain pantai berpasir putih dan berpasir hitam, pulau ini juga terkenal mempunyai pantai berpasir pink. Pantai pink menempati timur laut, pantai berpasir putih di sebelah selatan, serta pantai berpasir hitam di utara.

Terlepas dari keindahan pantainya, Pulau Padar Taman Nasional Komodo terkenal dengan pemandangan alamnya secara menyeluruh. Panoramanya telah diabadikan dalam uang pecahan 50 ribu rupiah. Terlihat eksotis menampilkan pulau dengan bukit-bukit berselimutkan padang savana yang epik dan menawan.

Butuh energi dan gairah berlebih apabila ingin menikmati pemandangan mengagumkan dari Pulau Padar. Pasalnya, kita harus mendaki bukit melalui tanjakan tangga dengan kemiringan 45 derajat. Lebih dari itu, pulau ini memiliki iklim kering. Cenderung panas ketika siang karena vegetasinya didominasi rerumputan.

Bukitnya tidaklah tinggi, tapi harus mendaki ratusan anak tangga dan jalan setapak terjal. Kurang lebih 45 menit trekking yang melelahkan akan terbayar lunas oleh eksotika alam. Pemandangannya menyajikan komposisi sejumlah teluk, pantai, serta perbukitan yang mengagumkan terapit lautan yang membentang.

Biaya Harga Tiket Masuk Pulau Padar Komodo
credit: unsplash.com/@uscrules1

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo, Pulau Padar juga termasuk Situs Warisan UNESCO. Selain itu, pulau ini juga sebagai bagian kawasan wisata Labuan Bajo yang diproyeksikan sebagai destinasi wisata super premium pertama di Indonesia. Artinya, pembangunan pariwisata menjadi prioritas utama.

Kawasan wisata ini akan senantiasa berbenah, termasuk infrastruktur dan fasilitas penunjang lain. Bahkan, ada informasi akan ada pembangunan rest area dan sentra kuliner. Meski demikian, untuk saat ini fasilitas di Gili Padar masih mencakup sejumlah spot diving dan snorkeling beserta fitur transportasi speedboat.

Sementara itu, Labuan Bajo sendiri banyak memiliki fungsi strategis. Dalam menunjang sektor pariwisata, berbagai fasilitas telah tersedia sangat lengkap. Untuk transportasi, selain Dermaga Ferry dan Pelabuhan PELNI, kota ini juga punya bandar udara internasional. Tempat makan dan penginapan banyak tersedia.

Harga tiket masuk Pulau Padar menjadi satu dengan tiket masuk Taman Nasional Komodo. Tiket masuk wisatawan lokal sebesar IDR 5K, kegiatan safari hutan dan pendakian IDR 5K, biaya wisata pengamatan hidupan liar IDR 10K. Lalu, biaya snorkeling IDR 15K, serta biaya masuk kendaraan air kapal motor, mulai IDR 100K.

Untuk memangkas biaya, saran terbaik adalah mengikuti layanan open trip Komodo karena belum ada public boat ke Pulau Padar. Untuk kapal biasa, harga trip satu hari IDR 500K-600K sudah mencakup Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Jika menggunakan speedboat. biaya trip satu hari kurang lebih 1 juta rupiah.

Cara ke Padar Island Komodo National Park NTT
credit: unsplash.com/@rizknas

Lokasi dan Cara menuju ke Pulau Padar

Pulau Padar terletak di Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Lihat Peta Lokasi. Untuk menuju ke pulau ini, pertama kali adalah terbang ke Labuan Bajo. Kemudian, menyeberang ke dermaga Loh Liang di Taman Nasional Komodo dan naik speed boat sekira 3 jam.

Cara mudah memang memanfaatkan paket wisata di Labuan Bajo yang itinerarinya mencakup beberapa pulau wisata di Komodo. Bisa juga sewa speed boat jika liburan bersama rombongan, tapi harganya lebih mahal. Atau, bisa ikut sailing tour di atas kapal pinisi 2 hari 3 malam sehingga Anda tidak perlu penginapan.