Pulau Kanawa Flores - Daya Tarik, Biaya, dan Cara ke Kanawa Island

Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur dikagumi dunia, salah satunya berkat Taman Nasional Komodo dan Labuan Bajo. Keduanya adalah destinasi wisata andalan Indonesia yang berada di satu area, di Kecamatan Komodo. Tidak hanya itu, di wilayah ini juga ada Pulau Kanawa yang meskipun kecil namun mempesona.

Pulau Kanawa Resort Komodo Labuan Bajo NTT
credit: Dion Hinchcliffe, CC BY-SA 2.0, edited

Apabila punya rencana liburan ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo, pastikan durasi wisata Anda panjang. Datangi juga Pulau Kanawa Flores yang secara administratif berada di Desa Pasir Putih, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Baca ulasan berikut untuk memperkaya informasi terkait pulau ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Kanawa Flores

Pulau Kanawa merupakan pulau mungil seluas 30-an hektar. Kanawa Island menjadi istilah populer untuk menyebut pulau mungil yang sebagian besar areanya adalah perbukitan ini. Sama halnya dengan Pulau Rinca dan Pulau Padar di Kepulauan Komodo, dataran Kanawa Island lebih didominasi vegetasi savana.

Selain perbukitan, lanskap pulau ini juga menawarkan border pantai yang menawan berpasir putih landai terhampar. Pemandangan alamnya semakin sempurna dengan gradasi birunya perairan laut Flores yang membentang luas. Panorama Kanawa Island memang mengagumkan, memanjakan di sejauh pandangan.

Lebih dari itu, pesona alamnya juga mencakup keindahan bawah laut. Salah satu spot snorkeling terbaik dengan koleksi ikan-ikan cantik yang berlimpah di perairan dangkal. Ragam biota laut terlihat jelas karena perairannya jernih dan tenang. Bisa juga memberi roti untuk memancing ikan-ikan muncul ke permukaan.

Bagi para penyelam, perairan laut Flores pun terkenal memiliki banyak spot diving. Anda bisa menjelajahi laut hingga di Pulau Pungu dan Pulau Kelor. Atau, sekalian mengikuti paket wisata atau open trip sailing komodo agar pengalaman liburan bisa lebih terpuaskan dengan mengarungi laut Komodo National Park.

Sementara itu di daratan Kanawa Island sendiri, banyak aktivitas menarik yang sayang jika terlewatkan. Suasana pulau ini cenderung sepi sehingga seolah pulau pribadi. Anda bisa relaksasi, bersantai di pantai yang indah atau susuri pesisir agar menemukan pemandangan bahari dari sudut pandang yang berbeda.

Hiking, mendaki bukit Pulau Kanawa juga merupakan kegiatan favorit. Trekking dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit karena tidak ada pohon tinggi, bukitnya hanya berselimut padang rumput. Sepanjang pendakian lanskap pulau tetap memanjakan dan banyak spot foto instagramable yang wajib diabadikan.

Hanya saja, suasananya sangat panas di siang hari. Di musim kemarau, pulau ini terlihat gersang dan saat musim hujan, terlihat hijau menawan. Apapun aktivitasnya, usahakan tidak ketinggalan indahnya sunrise ataupun sunset. Momen matahari terbit ataupun matahari terbenam di pulau ini sangat mengagumkan.

Fasilitas dan Biaya Wisata Kanawa Island Resort
credit: tochichi, CC BY-SA 2.0, edited

Fasilitas di Pulau Kanawa Labuan Bajo

Sebenarnya, dulu fasilitas wisata di Pulau Kanawa Flores sudah lengkap dan memadai. Bahkan ada fasilitas penginapan bernama Kanawa Island Resort. Namun kini kabarnya terbengkalai dan sudah tak beroperasi lagi, mungkin karena terdampak oleh pandemi. Semoga kedepan fasilitas tersebut bisa berfungsi kembali.

Untuk saat ini, fasilitas yang tersedia berupa dermaga panjang yang selain sebagai tempat sandaran kapal juga sering menjadi spot foto yang ikonik mewakili Kanawa Island. Selain itu ada juga spot ayunan di tepi pantai. Fasilitas yang lain berupa warung makanan dan minuman serta toilet atau kamar mandi seadanya.

Sementara itu, Labuan Bajo sendiri banyak memiliki fungsi strategis. Dalam menunjang sektor pariwisata, berbagai fasilitas telah tersedia sangat lengkap. Untuk transportasi, selain Dermaga Ferry dan Pelabuhan PELNI, kota ini juga punya bandar udara internasional. Tempat makan dan penginapan banyak tersedia.

Cara ke Pulau Kanawa Resort Manggarai Barat NTT
credit: djlah, CC BY-NC 2.0, edited

Biaya & Cara Menuju ke Kanawa Island

Harga tiket masuk Pulau Kanawa Labuan Bajo terhitung per kapal atau per rombongan, biaya masuknya kurang lebih IDR 100K. Selain itu, untuk mencapai pulau perlu sewa shuttle boat di Labuan Bajo. Tarifnya berkisar IDR 400K-500K. Saat Kanawa Island Resort masih buka, ada shuttle boat gratis bagi pelanggan.

Demikianlah cara menuju ke Pulau Kanawa, tinggal melakukan perjalanan laut dari Labuan Bajo. Jaraknya sekitar 15 kilometer atau 1 jam perjalanan. Sebelumnya, Anda perlu terbang ke Bandara Komodo Labuan Bajo. Tiket pesawat ke Labuan Bajo bervariasi tergantung dari mana kedatangan Anda. Lihat Peta Lokasi.