Bukit Selong Sembalun Lombok, Daya Tarik, Harga Tiket Masuk, Rute

Pulau Lombok NTB mempesona, salah satunya berkat Gunung Rinjani. Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini menebar keindahan di setiap bagian, termasuk di kaki gunungnya. Wisata Pusuk Sembalun salah satunya. Selain itu, ada juga Bukit Selong dengan lanskap alam yang cukup ikonik dan mendunia.

Bukit Selong Sembalun Lawang NTB
credit: unsplash.com/@bangkoes

Tertarik mengunjungi Bukit Selong Lombok? Anda tinggal menuju ke Desa Sembalun Lawang di Lombok Timur. Desa tersebut adalah jalur utama pendakian Gunung Rinjani, selain Desa Senaru di Lombok Utara. Sebelum benar-benar berangkat mengunjunginya, baca ulasan di bawah ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Bukit Selong Sembalun

Bukit Selong adalah salah satu tempat wisata alam populer di Lombok Timur. Bukit ini merupakan spot terbaik menikmati panorama Sembalun Lawang yang memang terkenal keindahannya. Di puncak bukit yang tidak terlalu tinggi ini, wisatawan bisa leluasa melihat lanskap persawahan dan pemukiman warga.

Panorama alamnya sangat menakjubkan karena berbenteng perbukitan nan megah. Di kejauhan, nampak Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dan gagah. Tak Hanya ity itu, Bukit Pergasingan yang juga sebagai objek wisata populer di Sembalun Lawang turut mewarnai latar pemandangan alam Puncak Bukit Selong.

Sejauh ini, Bukit Selong Lombok lebih berupa view point. Cocok menjadi destinasi bagi traveler penyuka selfie yang menghendaki spot foto instagramable. Terdapat sejumlah spot buatan sebagai penunjang. Ideal juga bagi para penggemar landscape photography, banyak sekali latar cantik yang wajib diabadikan.

Waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah pagi hari. Bukit ini termasuk destinasi wisata hits berkat momen sunrise yang indah. Terutama ketika matahari perlahan merekah dari balik Bukit Anak Dara. Di siang hari, terik matahari membuat suasana cenderung tidak nyaman. Jadi, aturlah kedatangan Anda.

Fasilitas Wisata di Selong Hill Sembalun NTB
credit: instagram.com/aryawiznu

Tak hanya pemandangan lembah dan pegunungan yang indah, liburan ke objek wisata ini memungkinkan Anda mendapat pengalaman lain, yakni wisata sejarah dan budaya. Di jalur trekking terdapat Desa Adat Beleq, desa tradisional sama halnya dengan desa yang ada di Desa Gumantar, Kabupaten Lombok Utara.

Desa Beleq Sembalun merupakan perkampungan tradisional yang mencakup setidaknya 7 rumah adat Sasak Lombok. Dalam sejarah, desa ini disebut sebagai cikal bakal masyarakat di Sembalun. Masyarakat banyak yang meninggalkannya sejak Gunung Samalas (Gunung Rinjani Tua) meletus pada tahun 1257 M.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski terbilang sederhana, fasilitas wisata di Bukit Selong cukup lengkap dan memadai. Lahan parkir luas, toilet tersedia. Untuk konsumsi, mudah menemukan penjual makanan dan minuman. Jika ingin camping, ada camping ground di sini. Harga tiket masuk Bukit Selong Sembalun sebesar IDR 5K plus parkir IDR 5K.

Harga Tiket Masuk Bukit Selong Sembalun Lawang
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Bukit Selong Lombok

Lokasinya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dekat Basecamp Sembalun, tidak jauh juga dari Kawasan Wisata Pusuk Sembalun. Dari Mataram, Anda perlu perjalanan berkendara kurang lebih 2,5 jam dengan menempuh jarak sekitar 90 kilometer.

Rutenya mudah karena Desa Sembalun Lawang merupakan jalur utama pendakian Gunung Rinjani. Anda tinggal memanfaatkan Google Maps, Di Sini. Jika sampai di area parkir, Anda perlu mendaki anak tangga sekira 5 menit untuk mencapai spot pertama. Atau, mendaki lagi untuk sekitar 10-15 menit ke puncaknya.