Curug Cimarinjung Ciletuh, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Selain pantai, air terjun termasuk spot wisata yang banyak menghiasi Geopark atau Taman Bumi Ciletuh-Palabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Salah satu air terjunnya sudah bisa kita nikmati pemandangannya dari pusat Geopark Ciletuh, di Pantai Palangpang. Curug Cimarinjung adalah nama air terjun tersebut.

Curug Cimarinjung Ciletuh Sukabumi
credit: sunriseOdyssey, CC BY-SA 2.0

Bagi traveler pecinta pantai dan air terjun, Ciletuh Geopark Sukabumi merupakan surga yang semestinya dikunjungi. Memulai wisata dari Pantai Palangpang dan Air Terjun (Curug) Cimarinjung adalah ide bagus. Terkait rute, daya tarik, fasilitas, dan harga tiket masuk air terjunnya, baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan satu dari setidaknya sembilan air terjun di Ciletuh Geopark. Dan, air terjun inilah yang paling ikonik dan terkenal. Dengan debit yang deras, airnya jatuh dari benteng tebing setinggi kurang lebih 50 meter. Sangat khas, karena air yang terjun nampak berundak sebelum jatuh ke dasarnya.

Pemandangan air terjun ini cenderung eksotis menampilkan kemegahan tebing merah kecoklatan dengan tekstur khasnya. Selimut hijau tumbuhan yang mendominasi turut menyempurnakan lanskapnya. Terlebih saat debit sedang tinggi, gemuruh air yang membahana melengkapi eksotika. Berisik tapi menenangkan.

Curug Cimarinjung menghadap langsung ke Pantai Palangpang (Teluk Ciletuh) Samudera Hindia. Karena itu, panoramanya bisa terlihat dari pantai tersebut. Sungai Cimarinjung yang membentuk air terjun ini pun bermuara ke teluk tersebut. Sungai ini juga membentuk curug lain, Curug Dogdog dan Curug Nyelempet.

Aliran sungai Curug Cimarinjung Sukabumi menawarkan pesona tersendiri dengan bongkahan batu besar yang tertata sedemikian rupa hingga di telaga di dasar air terjun Cimarinjung. Ini adalah ciri khas Geopark Ciletuh yang sudah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu melalui proses tektonik serta erosi air sungai.

Lebih dekat dengan air merupakan kegiatan menarik, namun tetap harus hati-hati. Pastikan tidak terlalu dekat dengan air terjun, terutama di musim hujan. Banyak spot foto alam bagi traveler pecinta fotografi. Termasuk juga bagi Anda yang suka selfie, foto dengan latar tebing dan air terjun pastinya instagramable.

Sebenarnya, agar bisa mendapat pemandangan terbaik adalah ketika debit airnya sedang besar, di musim penghujan. Hanya saja, airnya sangat keruh. Air biasanya cukup jernih saat musim kemarau, umumnya di bulan September-Oktober. Tentu, jika hanya ingin menikmati pemandangan, Anda bisa datang kapan saja.

Fasilitas Wisata di Cimarinjung Waterfall Sukabumi
credit: instagram.com/ilman_ah

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Seiring dengan perkembangan pariwisata di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, fasilitas wisata di Curug Cimarinjung semakin lengkap memadai. Akses jalan sangat bagus dan area parkir yang lumayan luas, bisa menampung mobil. Jarak tempat parkir kendaraan ke air terjun juga dekat, hanya beberapa meter saja.

Selain itu, banyak spot foto di sekitar air terjun. Fasilitas wisata lainnya mencakup beberapa toilet, banyak warung penjual makanan minuman di sepanjang jalan hingga ke lokasi air terjun, serta ada tempat ibadah berupa mushola. Bahkan, kini juga mudah menemukan penginapan berupa homestay tak jauh dari lokasi.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Curug Cimarinjung Sukabumi? ini adalah nilai lebih dari wisata ini karena hingga kini belum ada penetapan khusus terkait biaya masuk. Jadi, pengunjung bisa membayar seikhlasnya. Biaya lainnya untuk parkir kendaraan sekira IDR 5K-10K serta penggunaan toilet sebesar IDR 2K-3K.

Harga Tiket Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh
credit: unsplash.com/@magumilar

Rute Lokasi Curug Cimarinjung Ciletuh

Curug Cimarinjung Geopark Ciletuh secara administratif berada di Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kurang lebih 90 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Sukabumi. Saran terbaik menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Rute Curug Cimarinjung bisa memakai rute Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas. Ketika tiba di pertigaan Kiara Dua di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, lanjut ke Waluran. Di pertigaan Waluran, belok kanan menuju Kampung Ciloa Desa Caringin Nunggal. Belok kanan lagi menuju pesisir Desa Ciwaru. Lihat Peta Lokasi.