Pantai Wedi Ireng Banyuwangi - Fasilitas, Harga Tiket, Rute ke Lokasi

Liburan ke Banyuwangi tak pernah lengkap bila belum mengunjungi wisata pantainya. Pasalnya, dengan garis pantai yang mencapai 175 kilometer kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini mengoleksi banyak pantai menawan. Pantai Wedi Ireng salah satunya, pantai teluk indah tersembunyi yang wajib dikunjungi.

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
credit: instagram.com/dupudes

Terutama jika ada rencana liburan ke Pantai Pulau Merah, pastikan juga melebar ke pantai ini karena dekat dan masih satu jalur. Lokasi tepatnya di Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Banyuwangi. Untuk info detail mengenai rute, fasilitas, serta harga tiket masuk Pantai Wedi Ireng Banyuwangi, bacalah ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Pantai Wedi Ireng adalah pantai tersembunyi yang mungkin tak akan bertahan lama dalam persembunyian. Daya tarik alam terlanjur menawan untuk senantiasa perawan. Lambat laun pesonanya tersebar. Terkenal, terlebih ketika berbagai sudut pemandangan alamnya mulai viral melalui unggahan foto di media sosial.

Meski tak sepopuler Pulau Merah yang ada di sebelah timurnya, keindahan Wedi Ireng Beach tidak bisa dipandang sebelah mata. Lanskapnya memiliki banyak kemiripan dengan Teluk Hijau. Sama-sama sebuah teluk dengan hamparan pasir putih halus. Ornamen bebatuan di berbagai sisi turut menyempurnakan eksotikanya.

Sama seperti Teluk Hijau, gelombang ombak Wedi Ireng pun cukup bersahabat. Cenderung tenang, meski berada di pantai selatan yang umumnya berombak besar. Karena terletak di balik bukit, pesisir pantainya juga teduh oleh rindang pepohonan. Intinya, pecinta alam tak punya alasan untuk mengabaikannya.

Perihal nama, Wedi Ireng sekilas sama sekali tidak mendefinisikan pantainya. Sebab, Wedi Ireng bermakna pasir hitam dan pantai ini berpasir putih. Nama itu terkait dengan kondisi di masa lalu. Tsunami di tahun 1994 yang membuat pasir hitam terlapisi oleh pasir putih. Anda bisa keruk pasirnya yang putih bila ingin membuktikannya.

Terlepas dari sejarah asal-usul namanya, Pantai Wedi Ireng Banyuwangi terjaga lestari dalam pengelolaan yang baik oleh penduduk setempat. Wisatawan perlu menghormatinya dengan turut menjaga pantai ini tetap bersih. Tak hanya pantai yang indah, Wedi Ireng juga menawarkan taman laut yang mengagumkan.

Selain di Bangsring Underwater Banyuwangi, Anda bisa mencoba sensasi snorkeling di sini. Aktivitas lain yang menarik adalah menyusuri pantai agar menemukan sudut keindahan dari sudut pandang berbeda. Atau, bermain pasir, berenang, mancing, camping, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan alam.

Apabila punya durasi liburan yang panjang bisa juga mengikuti trip laut. Keliling perairan dengan perahu menjelajah pulau (island hopping) ke beberapa pulau dan destinasi wisata alam lainnya. Melebar ke Pulau Bedil, Pulau Mustika, Pasir Pendek, serta Batu Mukijo. Dekat kawasan ini juga terdapat Air Terjun Plosoan.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
credit: instagram.com/ekogatan

Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Jam Buka

Meskipun masih tergolong sebagai pantai tersembunyi di Banyuwangi, pantainya sudah terkelola cukup baik oleh Pokmas Wisata Wedi Ireng. Pantainya bersih dengan fasilitas yang lumayan memadai. Fasilitas umum meliputi kamar mandi atau tempat bilas, kursi dan payung pantai, tempat sampah, dan lain-lain.

Untuk konsumsi, sudah ada beberapa warung makanan dan minuman. Fasilitas penunjang aktivitas wisata juga tersedia seperti perahu, persewaan alat snorkeling, opsi paket tour keliling perairan sekitar, dll. Harga tiket masuk Pantai Wedi Ireng Banyuwangi sejauh ini gratis. Biaya mungkin untuk parkir dan transportasi.

Fasilitas Wisata Wedi Ireng di Banyuwangi
credit: instagram.com/ekogatan

Rute Lokasi Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Secara administratif, pantai ini berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lihat Peta Lokasi. Jaraknya kurang lebih 75 kilometer atau sekitar 2 jam perjalanan berkendara dari pusat Kota Banyuwangi. Rutenya sama dengan rute Pantai Pulau Merah.

Awalnya dari Kota Banyuwangi menuju ke daerah Kecamatan Jajag kemudian ikuti rute yang mengarah ke Pulau Merah di Kecamatan Pesanggaran. Sebelum masuk ke Pulau Merah, ikuti jalan yang mengarah ke Pantai Pancer (Pantai Mustika) di sisi barat. Jaraknya kurang lebih 3 kilometer atau 10 menit berkendara.

Apabila naik sepeda motor, bisa lanjut ke Pantai Wedi Ireng, sekira 2 kilometer ke barat. Namun, aksesnya sangat rusak, makin parah di musim hujan. Pilihan terbaik adalah naik perahu dengan biaya sekitar IDR 25-35K per orang sekali jalan. Jika suka trekking, bisa jalan kaki melalui trek yang tentunya menantang.