Bukit Asah Karangasem Bali - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Rute

Bali selalu menawan di setiap bagian, wilayah Karangasem di sisi timur Bali juga demikian. Wisata sejarah, budaya, dan alam semuanya ada. Banyak juga wisata pantai, di sisi selatan dan timurnya. Pantai Bias Putih atau Virgin Beach salah satunya. Di sekitarnya ada Bukit Asah Desa Bugbug yang tidak kalah menariknya.

Bukit Asah Bugbug di Karangasem Bali
credit: unsplash.com/@monteverdo

Bila ada rencana traveling ke Karangasem Bali, selain ke Pantai Amed dan Pantai Candidasa, jangan lupa berkunjung ke Desa Adat Bugbug. Menikmati pesona Virgin Beach kemudian camping di Bukit Asah. Info detail terkait daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket masuk, dan rute lokasinya, temukan di ulasan berikut.

Daya Tarik Bukit Asah Desa Adat Bugbug

Bukit Asah merupakan destinasi wisata alam yang baru terkenal di Karangasem. Bukit ini semakin hits dan terkenal seiring popularitas Pantai Virgin atau Bias Putih yang terletak di sebelah timurnya. Karena itu, adalah ide bagus apabila menjadikan kedua spot wisata ini satu paket saat liburan di Karangasem Bali.

Bukit Asah Karangasem diminati karena menjorok ke laut. Menjadi spot strategis menikmati cantiknya pemandangan laut dengan sejumlah pulau di tengah perairannya. Pulau Kuan termasuk satu yang ikonik karena berhadapan langsung dengan bukit ini. Pulaunya memanjang dengan bentuk seperti Ikan Paus.

Selain itu, lanskap Pantai Bias Putih di bagian timur nampak lebih menawan dari ketinggian. Di sebelah barat, bukit ini berbatasan dengan benteng tebing Bukit Panggian yang curam dan eksotis. Di puncak Bukit Asah Bali, wisatawan juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset yang tentunya indah mempesona.

Karena itu, bukit ini populer sebagai spot camping favorit di Karangasem. Selama berkemah, wisatawan bisa melakukan banyak hal menarik. Selain mengunjungi Virgin Beach, bisa juga ikut tur naik jukung atau perahu tradisional selama 2 jam menjelajah perairan laut. Mendatangi goa kelelawar dan ke Pulau Kuan.

Memancing juga merupakan aktivitas populer atau ikuti tour trekking ke hutan hingga tepian tebing di Desa Adat Bugbug. Selain itu, untuk traveler milenial yang gemar selfie, di Bukit Asah Desa Bugbug pun ada beberapa spot foto instagramable berlatar lautan. Tersedia juga wahana berupa ayunan di lokasinya.

Bukit Asah Bali juga sering kali menjadi spot para penggemar paralayang atau paragliding. Pun demikian bagi pecinta snorkeling diving, Desa Bugbug mencakup setidaknya 3 pantai indah dengan beberapa spot diving di tengah perairannya. Spot terbaiknya di Gili Takepong, Gili Maimpang, Gili Biaha, dan Pulau Kuan.

Fasilitas Wisata di Bukit Asah Karangasem
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Bukit Asah Desa Adat Bugbug adalah tempat wisata yang senantiasa berkembang. Saat ini fasilitasnya sudah semakin memadai. Seperti yang tersebut sebelumnya, di sana ada berbagai spot foto dan wahana yang menarik. Pihak pengelola juga menyediakan beberapa paket wisata seperti mancing, berperahu, dll.

Karena terkenal sebagai tempat camping di Bali, pengelola pun telah menyediakan persewaan mulai dari tenda medium, VIP, dome, bahkan tersedia wisata glamping. Fasilitas tiap tenda berbeda, tapi semuanya sudah mencakup fitur perlengkapan api unggun, lampu dan alat listrik, tempat istirahat, toilet, dan WiFi.

Fasilitas lainnya mencakup warung makanan dan minuman, area parkir yang luas, akses ke lokasinya juga sudah bagus. Lalu untuk harga tiket masuk Bukit Asah, biayanya sebesar IDR 5K. Biaya lain adalah untuk parkir sekitar IDR 5K. Harga camping dengan menyewa tenda bervariasi, mulai dari IDR 170K - IDR 400K.

Harga Tiket Masuk Bukit Asah Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Bukit Asah Karangasem Bali

Bukit Asah adalah bagian dari proyek Taman Harmoni Bali, dikelola Badan Pengembangan Pariwisata Desa Adat Bugbug (BP2DAB). Lokasinya terletak di Desa Bugbug, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali. Jaraknya sekitar 20 menit berkendara ke arah timur dari Pantai Candidasa yang lebih dulu populer.

Jarak dari Denpasar lumayan jauh namun mudah, sekitar 60 kilometer atau 1,5 jam berkendara. Dari Kota Denpasar, Anda bisa berkendara mengikuti Jalam Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ke arah timur menuju ke arah Candidasa. Lanjut ke timur melalui Jl. Raya Bugbug hingga di Jl. Raya Bukit Asah. Manfaatkan Peta Lokasi.