Pantai Gunung Payung Bali - Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kuta Selatan merupakan wilayah Bali yang kaya akan wisata pantai menawan. Jajaran Pantai di Nusa Dua, Tanjung Benoa, Pantai Dreamland, hanyalah sebagian kecil pantai terkenal yang ada di areanya. Banyak juga pantai tersembunyi di Kuta Selatan. Pantai Gunung Payung adalah salah satu yang mengagumkan.

Pantai Gunung Payung Bali
credit: instagram.com/aryawiznu

Wisata pantai Bali memang seolah tak ada habisnya. Jika sudah pernah liburan ke Pulau Bali, kali ini Anda wajib datang kembali. Dan, Gunung Payung Beach termasuk yang harus dikunjungi. Lokasinya dekat dari Pantai Pandawa, yakni di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali. Selengkapnya, bacalah ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pantai Gunung Payung Bali

Private Beach atau Secret Beach adalah sebutan dari wisatawan untuk menggambarkan pantai ini. Selain karena masih belum banyak yang mengetahui, lokasinya juga tersembunyi di balik bukit. Bahkan butuh perjuangan untuk mencapainya. Suasana Pantai Gunung Payung cenderung sepi, seolah pantai pribadi.

Gunung Payung Secret Beach menjadi istilah yang perlahan populer di kalangan wisatawan mancanegara, terutama para surfer. Ombak besar memang menjadi salah satu daya tariknya. Lanskapnya juga menawan memadukan tebing dan sebaran bebatuan, hamparan pasir putih bersih, dan bentang laut biru yang luas.

Fasilitas Wisata di Gunung Payung Beach Bali
credit: instagram.com/aditanggachris

Suasana pantainya nyaman, damai, dan menenangkan. Ideal bagi mereka yang jenuh dengan hiruk pikuk pantai populer di Pulau Bali. Wisata Pantai Gunung Payung Bali memungkinkan wisatawan lebih nyaman dan leluasa menikmati liburan. Karena itu, mereka menjuluki pantai ini Secret Beach atau Private Beach.

Adapun terkait namanya, Gunung Payung berasal dari pura di sekitar pantai, yakni Pura Dhang Kahyangan Gunung Payung atau Pura Gunung Payung. Karena berada di Pulau Bali, julukan pantai tersembunyi tidak bisa bertahan lama. Pantai Gunung Payung Bali perlahan menjadi salah satu tempat wisata hits dan viral di Bali.

Selain bersantai menikmati suasana dan keindahan alam, di sini, pengunjung bisa melakukan banyak hal yang menarik. Berselancar, bermain air atau pasir, atau susur pantai. Banyak spot foto yang instagramable, terutama di goa-goa tebing serta di sepanjang turunan tebing yang kini tertata sedemikian rupa.

Salah satunya lantaran keindahan alamnya, pantai ini menjadi viral. Selain itu, seiring potensinya sebagai tempat wisata, beragam wahana penunjang kegiatan pun tersedia, mulai dari paragliding hingga adanya Gunung Payung Cultural Park dengan sebuah Ampiteater Tedung Jagat yang cukup ikonik di kawasannya.

Harga Tiket Masuk Pantai Gunung Payung
credit: instagram.com/bennythama

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Meski sejauh ini tetap menyandang salah satu pantai tersembunyi di Bali, Pantai Gunung Payung adalah bagian dari kawasan wisata yang senantiasa berbenah dengan penambahan fasilitas. Secara umum, tetap membutuhkan perjuangan bila ingin mencapai pantainya karena harus menuruni ratusan anak tangga.

Namun, akses turun ke pantai sudah tertata sedemikian rupa dan kabarnya, kini tersedia jasa shuttle atau buggy bagi mereka yang tidak ingin bersusah payah. Biayanya sekitar IDR 15.000 per orang dan bonus air mineral. Turun jalan kaki pun tidak rugi karena banyak sudut yang bisa menjadi spot foto yang instagenik.

Fasilitas lainnya mencakup wahana wisata berupa perahu kano atau kayak berkapasitas dua orang, biaya sewanya sekitar IDR 50.000. Spot foto bisa ditemukan di berbagai lokasi, spot favorit adalah di goa-goa bawah tebing. Lalu, di Gunung Payung Cultural Park yang juga merupakan tempat pementasan Tari Kecak.

Selain wisata budaya, di Gunung Payung Cultural Park juga tersedia yoga. Ada juga landasan paragliding atau paralayang. Parkir luas, biayanya IDR 2.000 - 5.000. Meski tidak di dekat pantai, mudah menemukan warung makan dan penginapan dari lokasi. Harga tiket masuk Pantai Gunung Payung sebesar IDR 4.000.

Rute Lokasi Gunung Payung Cultural Park Bali
credit: instagram.com/guzdankaka

Rute Lokasi Pantai Gunung Payung Bali

Kawasan wisata Pantai Gunung Payung Bali berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini berada tepat di sisi timur Pantai Pandawa yang lebih dulu populer. Kurang lebih 17 kilometer atau sekira 30 menit berkendara apabila berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Bila sudah berada di sekitar Desa Kutuh, dari arah barat, di pertigaan sebelum menuju ke Pantai Pandawa, Anda akan menemukan petunjuk lurus ke Pura Gunung Payung. Ikuti saja petunjuk tersebut hingga tiba di area parkir di kawasan pura. Selanjutnya tinggal trekking atau naik shuttle ke pantainya. Manfaatkan Peta Lokasi.