Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Pesawaran
Pulau
Pulau Tangkil Pesawaran - Daya Tarik, Fasilitas, Tiket dan Rute

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Lampung, Pesawaran memiliki puluhan pulau yang tersebar di kawasan perairannya. Pulau Pahawang yang terkenal, hanyalah salah satu dari 30an pulau yang ada. Di sekitar kawasan Pantai Mutun Pesawaran juga ada pulau kecil yang mempesona. Pulau Tangkil namanya.

Memilih Pesawaran sebagai destinasi liburan di Lampung adalah ide sempurna. Terutama bagi Anda yang suka keindahan bahari, Pulau Tangkil bisa jadi awal yang bagus. Lokasinya di Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. Terkait daya tarik, rute, fasilitas, dan harga tiketnya baca info berikut.

Daya Tarik Pulau Tangkil Pesawaran

Pulau Tangkil merupakan pulau mungil seluas kurang lebih 12 hektare. Berada di perairan Teluk Lampung yang dangkal, kawasan pulau ini lebih didominasi oleh hijau pepohonan. Pantainya menyajikan hamparan pasir putih dan bersih. Bentang lautan yang berair jernih dan cenderung tenang, sedap di pandang mata.

Sebagai pulau resort atau pulau wisata, Pulau Tangkil resmi dibuka pada pertengahan tahun 2014. Dalam pengelolaan Tangkil Resort, dan sejauh ini kawasan wisatanya baru mencakup sekitar 3 hektar dari total luas lahan. Berkat pesona alamnya, kini pulau ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Lampung.

Meski hanya berjarak 10 menit berperahu dari Pantai Mutun yang juga populer di Pesawaran, pulau ini menjadi spot wisata tersendiri yang diminati. Cocok bagi siapa saja, tak terkecuali liburan keluarga. Airnya jernih dengan ombak yang tenang memungkinkan wisatawan melakukan banyak hal di perairan lautnya.

Wisatawan bisa leluasa bermain pasir, berenang, memancing, hingga snorkeling diving. Teluk Lampung, yang merupakan wilayah perairan dangkal Selat Sunda juga menyimpan pesona bawah laut yang pastinya memanjakan mata. Tidak hanya itu, wisata Pulau Tangkil Pesawaran juga diperkaya beraneka wahana air.

Pengunjung bisa menikmati keseruan menyusuri air dengan banana boat, kano, perahu karet, atau donut boat. Bahkan, saat ini ada wahana parasailing. Aktivitas wisata yang lain, bisa jelajahi area pulaunya untuk menemukan sudut keindahan yang berbeda. Atau, sekedar bersantai menikmati suasana dan panorama.

Sebagai pintu awal ke Pulau Tangkil Lampung, Pantai Mutun juga menyajikan keindahan yang lain, serta menawarkan wahana dan atraksi tersendiri. Bila durasi liburan panjang, jadikan keduanya 1 paket wisata. Atau melebar ke Pantai Sari Ringgung yang berjarak sekira 30 menit berkendara dari lokasi Pantai Mutun.

{next}

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Pulau Tangkil adalah salah satu objek wisata Pesawaran yang terkelola dengan cukup baik. Sama seperti di Pantai Mutun, fasilitas pulau ini lengkap dan memadai. Untuk fasilitas penunjang kegiatan wisatawan, ada berbagai pilihan wahana air seperti banana boat, donut boat, perahu karet dan kano, dan parasailing.

Di kawasan pulaunya juga telah ada berbagai opsi warung makanan dan minuman. Lalu, transportasi laut atau perahu, pondokan atau gazebo, tempat ibadah berupa mushola, dan toilet umum. Bila butuh tempat menginap, pihak pengelola menyediakan penginapan berupa tenda yang menampung hingga 4 orang.

Harga tiket Pulau Tangkil Rp 5.000. Naik perahu dari Pantai Mutun Rp 10.000. Biaya lain untuk wahana banana boat sebesar Rp 150.000/6 orang dan kano Rp 50.000. Perahu donat Rp 125.000/5 orang, perahu karet Rp 175.000/5 orang. Untuk wahana parasailing Rp 150.000. Biaya penginapan tenda sekitar Rp 250.000.

Rute Lokasi Pulau Tangkil di Lampung

Secara administratif, Pulau Tangkil berlokasi di Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung. Untuk mencapainya, Anda perlu ke Pantai Mutun. Sekira 40 menit berkendara dari Kota Bandar Lampung atau sejauh 18 kilometer. Lebih dekat lagi apabila berangkat dari Telukbetung. Lihat Peta Lokasi.

Rute dari arah Bandar Lampung sangat mudah, bisa melalui Jl. Laksamana RE Martadinata. Rute ini akan membawa Anda melalui sejumlah objek wisata pantai yang lain. Mulai dari Pantai Duta Wisata dan Pantai Queen Artha, hingga tiba di kawasan Pantai Mutun. Lalu, menyeberang dengan perahu sekitar 10 menit.