Bukit Jengkoang Batu - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute ke Lokasi

Kota Wisata Batu terkenal dengan panorama alamnya yang menawan. Udaranya sejuk dan suasananya nyaman. Populer sebagai tujuan wisata, tak sedikit objek wisata di Batu yang menawarkan lanskap pegunungannya. Bukit Jengkoang termasuk opsi wisata baru di Batu yang viral berkat latar pemandangan alamnya.

Bukit Jengkoang Batu
credit: instagram.com/daniday157

Jika sebelumnya pernah ke Puncak Brakseng dan menyukainya, kini Anda wajib berkunjung ke Bukit Jengkoang untuk menikmati pesona alam Batu dari sudut pandang yang berbeda. Lokasinya berada di Desa Bulukerto, Bumiaji, Kota Batu. Terkait daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan rutenya, baca info wisata berikut ini.

Daya Tarik Wisata Bukit Jengkoang

Menempati sisi utara Kota Wisata Batu, Bukit Jengkoang adalah sudut lain keindahan alam di Malang Raya. Menampilkan lanskap lereng Gunung Arjuna, tempat wisata baru ini masih satu kecamatan dengan Brakseng. Hamparan perkebunan sayur yang terbatasi oleh rindang hutan pinus demikian sedap dipandang mata.

Pemandangan tersaji sejauh pandangan, 360 derajat. Tak ada pembatas kecuali perbukitan dan pegunungan yang seolah saling sambung membentengi kawasan metropolitan Malang Raya. Gunung Arjuna menjadi yang termegah di sisi utara dan panorama Kota Batu berlatar Pegunungan Putri menghiasi sisi selatannya.

Daya tarik alam membuat Bukit Jengkoang di Batu menjadi viral sebagai objek wisata baru yang hits di Malang Raya. Dikunjungi semua orang, termasuk kalangan milenial yang suka tempat instagramable. Berkat keindahannya, tak jarang Bukit Jengkoang Batu Malang juga menjadi lokasi pemotretan foto prewedding.

Harga Tiket Masuk Bukit Jengkoang Batu
credit: instagram.com/baidahsaputri

Ini adalah surga baru bagi penyuka landscape photography, dan surga bagi penggemar foto selfie. Terlebih saat langit cerah, tiap sudut di Jengkoang adalah spot foto yang instagenic. Lanskapnya elok sepanjang waktu baik ketika sunrise maupun sunset. Spot ikonik adalah di bangunan terbengkalai di tengah perkebunan.

Selain hunting foto, masih banyak aktivitas wisata menarik. Bisa nongkrong sambil ngopi atau jika kerasan, bisa camping mendirikan tenda. Selebihnya, Bukit Jengkoang kini juga disukai pecinta gowes. Medan tanah berbatu menjadi daya tarik tersendiri bagi pesepeda. Rutenya dari jalan utama sekitar 3 kilometer atau 15 menit.

Tak hanya itu, kawasan wisata alam juga meliputi beberapa spot dengan medan yang menantang ideal bagi pecinta motor trail, ATP, hingga jeep offroad. Desa Bulukerto, tempat wisata Bukit Jengkoang berada juga memiliki potensi wisata lainnya yang berkaitan dengan pertanian seperti kopi, apel, dan sayur mayur.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Meskipun belum terbilang memadai, terdapat sejumlah fasilitas wisata di Jengkoang. Ada warung kopi dan gorengan. Lalu, tempat istirahat untuk menikmati suasana. Karena ini merupakan daerah pertanian, akses jalannya makadam dan tanah. Licin saat musim hujan. Lalu, berapa harga tiket masuk Bukit Jengkoang? gratis!!

Rute Lokasi Wisata Jengkoang Bumiaji Batu
credit: instagram.com/elizabethcucik

Rute Lokasi Bukit Jengkoang di Batu

Lokasi objek wisata alam ini berada di Dusun Buludendeng, Desa Bulukerto, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Batu, yakni sekira 7 kilometer atau 19 menit berkendara. Lebih dekat lagi jaraknya dari Batu Love Garden, sekitar 4 kilometer. Rutenya mudah, tinggal pakai Gmap.