Daftar 5+ Tempat Wisata di Lombok Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Perlahan tapi pasti, Lombok beranjak menjadi salah satu primadona wisata Indonesia. Terhitung sejak tahun 2007, pariwisata adalah sektor yang paling berkembang di sana. Seiring dikenal, tempat wisata di Lombok pun semakin digemari oleh wisatawan dunia.

Tempat Wisata Terbaik di Lombok NTB

Lombok adalah pulau cantik yang merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara). Berbekal keindahan alam dan budaya beserta segala daya tariknya, tidak menutup kemungkinan Lombok menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Berencana liburan ke Lombok adalah ide sempurna. Bertetangga dengan Bali, pulau yang menjadi rumah Suku Sasak ini menawarkan alam budaya yang menakjubkan. Kondisi alamnya lebih bersih dan alami, mengingat kunjungan wisata belum sebanyak Pulau Bali.

Tempat wisata di Lombok sangatlah banyak. Jadi, Kamu perlu memiliki gambaran objek wisata terbaik yang wajib dikunjungi selama berada di sana. Berikut adalah daftar tempat wisata terbaik di Lombok yang semuanya layak dimasukkan dalam daftar atas kunjungan.

Kawasan Wisata Mandalika

Kawasan Wisata Mandalika Lombok
credit: flickr/Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Dengan Pantai Kuta sebagai spot utama, Kawasan Wisata Mandalika di Lombok Tengah makin bersinar pariwisatanya. Di timur Pantai Kuta, ada Pantai Seger yang menyimpan legenda Putri Mandalika. Di pantai itulah Festival Bau Nyale digelar di setiap tahunnya.

Setidaknya ada 5 Pantai di Mandalika Lombok. Selain Pantai Kuta dan Pantai Seger, ada juga Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk. Pastikan liburan kali ini panjang, karena semua pantai itu indah menawan. Fasilitas wisatanya pun sangat lengkap.

Mandalika Lombok adalah rekomendasi utama tempat wisata Lombok. Berkat keindahan alamnya, Mandalika termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia yang mendapat prioritas pembangunan. Bahkan, kedepannya di sini akan dibangun sirkuit MotoGP.

Wisata di Kepulauan Gili

Destinasi Wisata Kepulauan Gili NTB
credit: unsplash.com/@mtsjrdl

Selanjutnya, kawasan wisata yang wajib Anda kunjungi di Lombok adalah Kepulauan Gili. Berlokasi di lepas pantai barat laut Lombok, wilayah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil (Pulau Gili) ini sangatlah termasyur namanya di mata wisatawan mancanegara.

Gili Air

Pulau Gili terdekat dengan Lombok. Salah satu destinasi terbaik bagi traveler pecinta wisata bahari. Selain menjelejahi pesisir pantainya yang indah, Gili Air lebih populer untuk aktivitas underwater. Nikmati keindahan bawah laut dengan diving dan snorkeling.

Gili Meno

Gili Meno cocok untuk traveler yang lebih menyukai ketenangan, khususnya bagi pasangan yang menginginkan romansa jauh dari keramaian. Selain memiliki spot diving terbaik, di Gili Meno juga ada Danau Air Asin, Penangkaran Penyu, dan Meno Bird Park.

Gili Trawangan

Gili terbesar dan paling terkenal. Pulau Pesta yang menjanjikan kemeriahan siang dan malam. Pantainya menghadap ke timur dan barat, sunrise dan sunset pun bisa Kamu nikmati di satu tempat. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini.

Sebagai destinasi wisata yang mendunia, fasilitas akomodasi di Kepulauan Gili sangatlah memadai. Khusus transportasi, terdapat aturan yang melarang penggunaan kendaraan bermotor. Sehingga, hanya ada sepeda dan kereta tradisional (cidomo) di sana.

Gunung Rinjani Lombok

Wisata Gunung Rinjani Lombok NTB
credit: flickr/stelzert, CC BY-NC-ND 2.0

Semua orang tahu mengenai Gunung Rinjani karena merupakan gunung paling terkenal dalam hal pendakian. Bisa jadi inilah gunung dengan lanskap paling cantik di Indonesia. Keberadaan Danau Segara Anak turut menyempurnakan molek alamnya.

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia. Bagi traveler penyuka petualangan alam bebas, wajib mengunjunginya. Pendakian besar-besaran biasanya terjadi pada bulan Juli-Agustus di setiap tahunnya.

Keindahan Rinjani mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara. Jika tidak ingin mendaki, banyak tempat wisata di Lombok yang berada di kaki Rinjani. Kamu bisa mengunjungi Desa Senaru atau bisa juga ke Pusuk Sembalun.

Kawasan Wisata Senggigi

Tempat Wisata Senggigi di Lombok
credit: unsplash.com/@tandyarachmat

Kawasan pantai di Kabupaten Lombok Barat ini sudah lama menjadi primadona wisata. Hamparan pasir pantainya terhampar luas memanjang dan terbagi menjadi beberapa ruas pantai nan indah. Selain Pantai Senggigi, terdapat juga Pantai Kerandangan I, 2, dan 3.

Pantai Senggigi menghadap ke barat dan berhadapan langsung dengan Selat Lombok yang memisahkan Lombok dengan Bali. Karena itu, sunset adalah pemandangan paling ikonik di sana. Selain itu, ada juga Pura Batu Bolong yang eksotik yang terletak di tepi laut.

Fasilitas wisatanya lengkap. Begitu juga akomodasinya, banyak opsi penginapan murah hingga hotel, resort, dan vila mewah. Lokasinya dekat dengan ibukota Nusa Tenggara Barat, yakni Kota Mataram. Jadi, Kamu bisa melengkapi wisata dengan berbelanja.

Wisata Pantai di Sekotong

Sekotong Wisata Terbaik di Lombok Barat
credit: unsplash.com/@tandyarachmat

Selain Kawasan Wisata Senggigi, daya tarik wisata di Lombok Barat juga mencakup kawasan Sekotong. Berkunjung ke Sekotong, Kamu bisa menjelajahi pantai-pantainya yang indah, seperti Pantai Goa Landak, Teluk Mekaki, dan Pantai Elak-Elak.

Tidak hanya itu, daya tarik utama wisata Sekotong justru berada di lepas pantainya. Di lepas Pantai Sekotong terdapat beberapa Pulau Gili yang jelas indahnya, bahkan lebih perawan. Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Sudak adalah beberapa di antaranya.

Ketiga Gili tersebut biasanya umumnya menjadi satu paket wisata. Gili Sudak terkenal keindahan pemandangannya. Sementara itu, Gili Nanggu dan Gili Kedis lebih populer sebagai spot diving dan snorkeling. Keindahan bawah lautnya luar biasa.


Jadi, kawasan wisata mana yang masuk daftar utama kunjungan Kamu? Masih banyak tempat wisata di Lombok, yang tersebut di atas hanya sebagian kecil saja. Rekomendasi wisata di atas bisa menjadi gambaran awal agar Kamu mantab untuk berangkat.

0 Comments

Posting Komentar