Daftar Menarik Lombok NTB

7 Tempat Wisata di Lombok, Terindah, Terbaik, dan Terpopuler

0 Komentar
Beranda
Daftar Menarik
Lombok
NTB
7 Tempat Wisata di Lombok, Terindah, Terbaik, dan Terpopuler

Perlahan tapi pasti, Lombok beranjak menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Terhitung sejak tahun 2007, pariwisata merupakan sektor yang paling berkembang di sana. Seiring popularitasnya tempat wisata di Lombok pun semakin digemari oleh wisatawan dunia.

Lombok merupakan pulau cantik yang merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara). Berbekal keindahan alam dan budaya beserta segala daya tariknya, tidak menutup kemungkinan Lombok segera beranjak menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Punya rencana liburan ke Lombok adalah ide sempurna. Bertetangga dengan Bali, pulau yang menjadi rumah bagi Suku Sasak ini menyajikan alam budaya yang menakjubkan. Kondisi alamnya lebih bersih dan alami, mengingat kunjungan wisata belum sebanyak Pulau Bali.

Tempat wisata di Lombok sangatlah banyak. Jadi, kamu perlu memiliki gambaran objek wisata terbaik yang wajib dikunjungi selama berada di sana. Berikut adalah daftar tempat wisata terbaik di Lombok yang semuanya layak dimasukkan dalam daftar atas kunjungan.

Kawasan Wisata Mandalika Lombok

Dengan Pantai Kuta sebagai spot utama, Kawasan Wisata Mandalika di Lombok Tengah makin bersinar pariwisatanya. Di timur Pantai Kuta, ada Pantai Seger yang menyimpan legenda Putri Mandalika. Di pantai itulah Festival Bau Nyale digelar di setiap tahunnya.

Setidaknya ada 5 Pantai di Mandalika Lombok. Selain Pantai Kuta dan Pantai Seger, ada juga Pantai Serenting, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk. Pastikan liburan kali ini panjang, karena semua pantai itu indah menawan. Fasilitas wisatanya pun sangat lengkap.

Mandalika Lombok adalah rekomendasi utama tempat wisata Lombok. Berkat keindahan alamnya, Mandalika termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia yang mendapat prioritas pembangunan. Bahkan, kini semakin menarik melalui keberadaan sirkuit MotoGP di Mandalika.

Lokasi: Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

Tempat Wisata di Kepulauan Gili

Selanjutnya, kawasan wisata yang wajib Kamu kunjungi di Lombok adalah Kepulauan Gili. Berlokasi di lepas pantai barat laut Lombok, wilayah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil (Pulau Gili) ini demikian populer namanya di kalangan wisatawan mancanegara.

Gili Air

Pulau Gili terdekat dengan Lombok. Salah satu destinasi terbaik bagi traveler pecinta wisata bahari. Selain menjelejahi pesisir pantainya yang indah, Gili Air lebih populer untuk aktivitas underwater. Nikmati keindahan bawah laut dengan diving dan snorkeling.

Gili Meno

Gili Meno cocok untuk traveler yang lebih menyukai ketenangan, khususnya bagi pasangan yang menginginkan romansa jauh dari keramaian. Selain memiliki spot diving terbaik, di Gili Meno juga ada Danau Air Asin, Penangkaran Penyu, dan Meno Bird Park.

Gili Trawangan

Gili terbesar dan paling terkenal. Pulau Pesta yang menjanjikan kemeriahan siang dan malam. Pantainya menghadap ke timur dan barat, sunrise dan sunset pun bisa Kamu nikmati di satu tempat. Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini.

Sebagai destinasi wisata yang mendunia, fasilitas akomodasi di Kepulauan Gili sangatlah memadai. Khusus transportasi, terdapat aturan yang melarang penggunaan kendaraan bermotor. Sehingga, hanya ada sepeda dan kereta tradisional (cidomo) di sana.

Lokasi: Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Kawasan Gunung Rinjani Lombok

Semua orang tahu mengenai Gunung Rinjani karena merupakan gunung paling terkenal dalam hal pendakian. Bisa jadi inilah gunung dengan lanskap paling cantik di Indonesia. Keberadaan Danau Segara Anak turut menyempurnakan keindahan lanskapnya.

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani termasuk salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Jika Kamu adalah traveler penyuka petualangan alam bebas, wajib mendaki gunung ini. Pendakian besar-besaran biasanya terjadi pada bulan Juli-Agustus di setiap tahunnya.

Keindahan Rinjani mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok di bagian utara. Jika tidak ingin mendaki, banyak tempat wisata di Lombok yang berada di kaki Rinjani. Kamu bisa mengunjungi Desa Senaru atau bisa juga ke Pusuk Sembalun.

Lokasi: Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Kawasan Wisata Senggigi Lombok

Kawasan pantai di Kabupaten Lombok Barat ini sudah lama menjadi primadona wisata. Hamparan pasir pantainya terhampar luas memanjang dan terbagi menjadi beberapa ruas pantai nan indah. Selain Pantai Senggigi, terdapat juga Pantai Kerandangan I, 2, dan 3.

Pantai Senggigi menghadap ke barat dan berhadapan langsung dengan Selat Lombok yang memisahkan Lombok dengan Bali. Karena itu, sunset adalah pemandangan paling ikonik di sana. Selain itu, ada juga Pura Batu Bolong yang eksotik yang terletak di tepi laut.

Pantai wisata di Lombok ini memiliki fasilitas lengkap. Begitu juga akomodasinya, banyak opsi penginapan murah hingga hotel, resort, dan vila mewah. Lokasinya dekat dengan ibukota Nusa Tenggara Barat, yakni Kota Mataram. Jadi, Kamu bisa melengkapi wisata dengan berbelanja.

Lokasi: Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Objek Wisata Pantai di Sekotong

Selain Kawasan Wisata Senggigi, daya tarik wisata di Kabupaten Lombok Barat juga mencakup kawasan Sekotong. Dengan berkunjung ke Sekotong, Kamu bisa menjelajahi pantai-pantainya yang indah, seperti Pantai Goa Landak, Teluk Mekaki, dan Pantai Elak-Elak.

Tidak hanya itu, daya tarik utama wisata Sekotong justru berada di lepas pantainya. Di lepas Pantai Sekotong terdapat beberapa Pulau Gili yang jelas indahnya, bahkan lebih perawan. Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Sudak adalah beberapa di antaranya.

Ketiga Gili tersebut biasanya menjadi satu paket wisata. Gili Sudak terkenal keindahan pemandangan alamnya. Sementara itu, Gili Nanggu dan Gili Kedis lebih populer sebagai spot diving dan snorkeling. Keindahan bawah laut di dua pulau tersebut luar biasa.

Lokasi: Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat

Jadi, kawasan wisata mana yang masuk daftar utama kunjungan Kamu? Masih banyak tempat wisata di Lombok karena yang tersebut di atas hanya sebagian kecil saja. Rekomendasi wisata di atas bisa menjadi gambaran awal agar Kamu mantab untuk berangkat.