Pantai di Mandalika Lombok - 5 Pantai Indah di Kawasan Mandalika

Kawasan Wisata Mandalika di Pulau Lombok, NTB merupakan citra surga alam Indonesia yang perlahan dipamerkan pada dunia. Sedemikian rupa dipercantik dan diperkaya fasilitas wisatanya. Dalam naungan ITDC, jajaran pantai di Mandalika Lombok dirancang untuk menjadi kompleks pariwisata internasional, bersama Nusa Dua Bali.

Daftar Pantai di Mandalika Lombok

Secara alami, Kawasan Wisata Mandalika adalah tentang keindahan alam di sepanjang pesisir selatan Pulau Lombok, NTB. Perihal eksotika legenda Putri Mandalika yang senantiasa abadi di setiap jengkal ruas pantai indah berseri. Hidup harmoni di sepanjang lekukan perbukitan yang berselimutkan hijau rindang tetumbuhan.

Kunjungilah Lombok, kunjungi Mandalika. Bersegeralah sebelum kawasan wisata ini benar-benar menjadi tuan rumah MotoGP. Atau, ingin menyaksikan gelaran balap motor internasional tersebut? bertahanlah hingga 2021 mendatang. Berikut adalah daftar pantai di Mandalika Lombok, 5 pantai yang membentuk kemolekan Mandalika.

5 Pantai di Kawasan Wisata Mandalika

Kuta Mandalika

Wisata Pantai Kuta Mandalika
credit: flickr/Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Pantai Kuta Lombok yang kini juga menyandang nama Pantai Kuta Mandalika, sangat mungkin menjadi pusat kegemerlapan Kawasan Wisata Mandalika, nantinya. Jadi tidak hanya Pulau Bali yang punya Pantai Kuta. Sebagai pulau tetangga, Lombok juga memilikinya. Dinamakan seperti itu, karena berada di Desa Kuta.

Dalam hal keindahan, Pantai Kuta di Lombok tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Bahkan menawarkan suasana yang lebih tenang dan lebih alami. Garis pantainya yang landai luas memanjang menawarkan hamparan pasir putih dan bersih. Sungguh sedap dipandang ketika berpadu dengan gradasi biru laut yang luas membentang.

Keindahan pantai ini populer sejak dibangun banyak fasilitas akomodasi di sekitarnya. Seiring masuknya kawasan pantai di Mandalika sebagai salah satu dari 15 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Indonesia, tidak lama lagi Desa Kuta dan pantainya akan populer dan mendunia. Semakin menarik dengan keberadaan sirkuit MotoGP.

Pantai Seger

Pantai Seger Kuta Mandalika
credit: flickr.com/fadilfb, CC BY-NC-ND 2.0 

Dengan lanskap yang indah dan beragam aktivitas wisata, Pantai Seger juga merupakan primadona wisata pantai di Mandalika Lombok. Bertetangga dekat dengan Pantai Kuta. Lokasinya berjarak 3 km atau mungkin sekitar 30 menit berjalan kaki, menyusuri pesisir ke arah timur dari Pantai Kuta Mandalika.

Kombinasi pasir putih bersih yang terhampar, birunya laut jernih yang membentang, serta benteng perbukitan, tak terbantahkan kemolekan pantai ini. Alhasil, spot-spot cantik pun tercipta. Perairan dangkalnya luas sehingga cocok untuk snorkeling atau berenang. Selancar bisa Anda lakukan agak di tengah laut.

Bagi traveler penyuka swafoto, di sisi utara pantai ini ada Monumen Putri Mandalika yang ikonik. Spot lainnya di jembatan bambu. Pada bulan Februari-Maret, di Pantai Seger dan Pantai Kuta biasanya diadakan Festival Bau Nyale, yakni ritual berburu cacing laut yang diyakini sebagai bentuk reinkarnasi Putri Mandalika.

Pantai Serenting

Serenting Kuta
credit: flickr.com/Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Bertetangga dengan Pantai Seger, gema nama Pantai Serenting tak begitu terdengar. Meski demikian, kemolekan alam pantai ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Seiring dimasukkannya sebagai salah satu koleksi pantai di Mandalika Lombok, fasilitas Pantai Serenting pun kini menjadi lebih memadai.

Pantai Serenting berada di balik bukit Pantai Seger. Wisatawan bisa menaiki bukit tersebut untuk mencapai pantai ini. Suasananya lebih ramah sehingga ideal bagi liburan keluarga. Semua kegiatan pantai umumnya bisa Anda lakukan di pantai ini. Di pasir lembutnya yang luas atau di perairannya yang dangkal.

Ketika event Bau Nyale berlangsung, Serenting biasanya menjadi lahan parkir dan tempat mendirikan tenda. Suka berkemah? lakukan saja di pantai ini. Pantai Serenting mengalami perubahan drastis setidaknya sejak tahun 2013. Dulunya masih penuh semak belukar, rawan penjambretan, namun kini sudah aman.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Lombok
credit: flickr.com/agniminardi, CC BY 2.0

Lanjutkan terus menjelajahi Pantai Mandalika Lombok. Dari Pantai Serenting, lanjut ke timur kira-kira 3,5 km untuk menemukan surga nyata bernama Tanjung Aan. Di sepanjang 2 km pesisirnya, pantai ini akan mengajak Anda memasuki ketenangan hingga kemudian kerasan terbuai semilir lembut angin pantainya.

Desain alam demikian bagus mencipta pemandangan. Pasir yang terlihat sama putihnya sebenarnya terbagi dua, sebagian lembut, sebagian lainnya seperti butiran merica. Seiring kedekatan jarak dengan pesisirnya, gradasi warna laut pun cenderung muda. Berbahagialah, keindahan ini nyata apa adanya.

Wisata kali ini milik Anda, sepenuhnya. Melebarlah sejauh yang Anda bisa. Jika terlanjur suka, sewa perahu ke Kepulauan Gili, atau snorkeling di tengah laut. Bisa juga ke Batu Payung dan jangan lupa bahwa di sisi kanan pantai ini, Bukit Merese yang molek berumput hijau itu juga menunggu untuk didaki.

Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk NTB
credit: flickr.com/ravicini, CC BY-SA 2.0

Masih punya energi? daftar pantai Mandalika Lombok, setidaknya masih tersisa satu lagi. Dari Tanjung Aan, lanjut lagi ke timur sekitar 4 km hingga tiba di Gerupuk. Berkendara akan memangkas banyak waktu untuk menjelajahi semua pantai yang ada. Objek wisata di Kawasan Wisata Mandalika aksesnya memadai.

Selain keindahan pemandangan, Gerupuk terkenal dengan gelombang laut yang besar dan indah. Di sinilah salah satu spot surfing terbaik di Lombok. Ada 5 spot surfing populer di pantai ini. Ada Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left).

Jika suka selancar, inilah pantai yang Anda cari. Meskipun begitu, Pantai Gerupuk juga memungkinkan wisatawan untuk beraktivitas lebih dari itu. Di beberapa bagian, Anda bisa bermain air dan berenang. Bermain sepuasnya di pasir pantai yang benderang atau naik bukit dan nikmati lanskap dari ketinggian.

Rute Lokasi Kawasan Wisata Mandalika

Bagaimana? tertarik menjelajahi keindahan pantai Mandalika Lombok? kunjungi The Mandalika atau Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, NTB. Lakukan perjalanan dari Kota Mataram sekitar 50 km ke selatan ke Kabupaten Lombok Tengah. Butuh durasi kira-kira 1 jam untuk sampai di sana. Lihat peta lokasinya, di sini.

Akomodasi di Pantai Mandalika Lombok

Liburan ke Lombok, khususnya ke Kuta Mandalika harus maksimal. Persiapkan durasi wisata yang panjang agar sepenuhnya bisa benar-benar puas menikmati keindahan alam. Akomodasi pun banyak tersedia, mulai dari homestay, guest house, hotel hingga resort mewah. Lihat daftar rekomendasinya melalui tombol berikut:

0 Comments

Posting Komentar