Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Coban Supit Urang Malang - Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

Coban Supit Urang. Malang adalah destinasi ideal bagi pecinta wisata alam. Di samping ratusan pantai yang tersebar di pesisir selatannya, Malang Raya juga tentang gunung-gunung yang tinggi menjulang. Menariknya, dataran tinggi Malang juga berhias ragam air terjun yang jelas mempesona.

Pujon, sebagai wilayah dataran tinggi yang dekat dengan Kota Wisata Batu, juga menyimpan potensi wisata tersendiri, termasuk beberapa air terjun yang siap memanjakan siapa saja. Jika sudah akrab dengan nama Coban Rondo dan Sumber Pitu Pujon, sobat juga harus kenal dengan Coban Supit Urang.

Coban (air terjun) Supit Urang merupakan air terjun eksotis yang tersembunyi. Oleh karena itu Anda butuh perjuangan untuk mencapainya. Jika nekat dan sudah mantab, temukan coban ini di Taman Hutan Raya (tahura) R Soeryo, tepatnya di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Aktivitas di Coban Supit Urang

Aktivitas awal yang harus terpenuhi adalah berusaha menemukannya. Begitulah adanya, air terjun ini terlalu pintar menyembunyikan diri, kecuali jika Anda datang bersama mereka yang terbiasa mengunjunginya. Meski mendapat bantuan Google Maps sekalipun, perlu kiranya banyak bertanya pada warga.

Bersiaplah melakukan perjalanan jauh, mencoba bersahabat dengan alam dimana suasana khas pedesaan akan senantiasa mendominasi. Seiring hawa segar pegunungan gemar menyapa, peluh keringat para petani di lereng-lereng pegunungan meneguhkan betapa romantis alam menyambut kedatangan Anda.

Untuk Anda ketahui, Air Terjun Supit Urang bukan tentang satu namun tiga air terjun yang menawan. Pertama, adalah Coban Supit Urang itu sendiri. Di atasnya ada Coban Undak, dan kemudian ada Coban Watu Talang. Yang pasti, jika ingin menikmati semuanya dibutuhkan nyali dan energi yang mencukupi.

Besarnya perjuangan dipastikan senada dengan kegembiraan yang Anda dapatkan. Alam akan membayar lunas, bahkan cenderung berlebih melalui keeksotikan yang disajikan. Komposisi batu-batu mendominasi, selimut rimbun hijau, dan pasti gemericik air jernih yang selalu merayu Anda untuk basah bersamanya.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Jika sobat membaca artikel ini runut dari atas, pasti bisa membayangkan fasilitas apa yang ada di wisata alam ini. Tidak ada sama sekali, kecuali tangga sederhana di tebing terjal untuk mereka yang ingin lanjut ke Coban Undak. Wisata ini masih sangat alami berlabel "khusus" bagi pecinta alam sejati.

Bagaimana dengan lahan untuk parkir kendaraan? tidak ada! Sejauh ini, para traveler biasa memarkir kendaraannya di sekitar kebun warga. Pastikan untuk mengendarai sepeda motor, karena roda empat sangat tidak memungkinkan. Selebihnya, persiapkan juga bekal konsumsi yang mencukupi.

Sejauh ini tidak ada biaya, sehingga traveler bisa menikmatinya secara gratis. Biaya mungkin hanya untuk parkir sekitar Rp 2.000.

Rute Coban Supit Urang Malang

Jika berangkat dari pusat Kota Malang, sobat perlu melakukan perjalanan sejauh 34 kilometer ke arah Pujon melalui Kota Batu. Durasi perjalanan mungkin 1,5 jam dengan akses jalan yang sangat baik. Ketika sampai di wilayah Pujon, yang perlu perhatikan adalah Masjid Ngroto.

Jika sudah sampai di masjid yang berada di sebelah kanan jalan tersebut, lanjutkan perjalanan dengan memasuki gang hingga tiba di Desa Madiredo. Adapun jika sobat datang dari arah sebaliknya (Ngantang/Kediri), berarti posisi masjid ada di sebelah kiri jalan. Selamat Bertualang!

Lokasi Coban Supit Urang : Sidomulyo, Madiredo, Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur. Peta.