Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Bajulmati Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket & Rute

Pantai Bajulmati merupakan salah satu objek wisata pantai yang terkenal dan ramai dikunjungi di Malang Raya. Pantai yang konon pertama kali ditemukan tahun 1980-an ini secara administratif berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Bajulmati Malang

Perihal penamaannya, terdapat sumber yang mengatakan bahwa di sekitar pantai pernah ada seekor buaya mati. Kejadian itu juga yang menandai ditemukannya pantai ini pada kisaran 1980-an. Dari peristiwa tersebut, pantai ini kemudian terkenal dengan nama Pantai Bajulmati.

Selain itu, panorama alam yang turut dikaitkan dengan namanya adalah keberadaan batu karang panjang yang berbentuk menyerupai seekor buaya. Ketika menjelang malam, saat tersapu oleh ombak, batu karang tersebut sekilas tampak seperti seekor buaya yang hidup.

Salah satu yang menjadi ciri khas Pantai Bajulmati adalah jembatan yang bernama sama. Sepanjang 90 meter, jembatan tersebut berbentuk setengah lingkaran. Desainnya artistik melintasi sungai lebar berlatar perbukitan dan lautan. Di sinilah salah satu spot favorit untuk selfie.

Pasir pantai yang putih dan bersih, berkombinasi dengan hamparan bebatuan karang adalah sebagian keindahan panoramanya. Bajulmati juga termasuk teluk-teluk indah, termasuk pulau karang mirip bukit yang menyembul di tengah laut, semakin memperkukuh keeksotikannya.

Aktivitas Wisata Menarik di Pantai ini

Selain cukup dalam dan curam, sebagai pantai yang ada di garis pantai selatan, ombak di Pantai Bajulmati cenderung besar. Meski tidak disarankan, pengunjung tetap bisa berenang atau bermain air, terutama di beberapa bagian sisi kiri bibir pantai, tepatnya di muara sungai.

Mengingat pesona alam pantainya yang menawan, menjelajahi sepanjang pesisir pantai bisa menjadi aktivitas menarik di Bajulmati. Dalam hal ini, wisatawan bisa juga berkunjung ke Goa Wil yang lokasinya masih satu komplek dengan pantai ini, tempatnya di sebelah timur.

Posisi goa berada tepat di bawah sebuah bukit karang yang dikelilingi oleh banyaknya pohon kelapa dan ketela pohon. Hanya perlu  Anda ketahui, menurut penduduk setempat, area tersebut cukup angker. Untuk memaksimalkan liburan, berkemah di pinggir pantai ini juga bisa.

Apabila sobat traveler suka dan merasa nyaman pada suasana siang hari di Bajulmati, tentunya malam hari di pantai ini akan memberi pengalaman tersendiri. Hanya saja, Anda perlu membawa perlengkapan camping sendiri karena belum ada fasilitas penyewaan alat tersebut.

{next}

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Meski tidak selengkap yang ada di Pantai Balekambang Malang, fasilitas umumnya sebuah pantai telah tersedia dan cukup memadai di Pantai Bajulmati. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya toilet, kamar mandi, gazebo dan mushola, area parkirnya juga sangat luas.

Selain itu, terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman di pantai ini. Bagi yang ingin bermalam, ada juga beberapa penginapan berupa homestay yang terletak tidak jauh dari pantai. Selebihnya, berkemah dengan mendirikan tenda adalah ide yang sempurna.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir Roda 2Rp 5.000
Parkir Roda 4Rp 10.000
Note: harga tiket masuk Pantai Bajul Mati dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Bajulmati Malang

Liburan ke pantai di Malang Selatan, sangatlah diuntungkan dengan keberadaan pantai-pantai yang berada di satu jalur, di Jalur Lintas Selatan. Sekali jalan, wisatawan bisa dengan mudah menjelajahi pantai-pantai yang tersedia, terlebih banyak juga pantai yang letaknya berdekatan.

Sebagai misal adalah Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati yang jaraknya hanya berkisar 4 kilometer dengan 11 menit perjalanan. Kedua pantai tersebut memiliki rute perjalanan yang hampir sama. Dari Kota Malang, setidaknya terdapat dua opsi rute yang bisa  Anda pilih, sebagai berikut :

  • Rute Pertama : Kota Malang ke arah Turen. Belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati. Pada rute ini, Pantai Bajulmati terletak di sebelah barat atau setelah Jembatan Bajulmati. Jalur ini beraspal namun harus naik turun gunung
  • Rute Kedua : Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Pagak, terus hingga ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan sebelum masuk Balekambang belok ke kiri, kurang lebih 15 km untuk menuju Pantai Bajul Mati. Jalur ini beraspal, namun jalanan lebih bagus dan lebih direkomendasikan. Peta Rute.