Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Krakal Yogyakarta, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Pantai Krakal Yogyakarta. Bagi pecinta alam, adalah ide bagus saat liburan ke Jogja untuk menjelajah Gunungkidul secara lebih mendalam. Pasalnya, kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Hindia ini kaya pantai indah dibalik perbukitan kapur yang terbentang di sepanjang pesisir selatannya.

Salah satu pantai populer adalah Pantai Krakal. Inilah pantai tua atau yang paling awal terkenal di Gunungkidul. Secara administratif pantai ini berada di Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terlanjur kondang lantaran keindahan alamnya yang memang mempesona.

Daya Tarik Pantai Krakal Jogja

Pantainya landai lengkap dengan pasir putih yang terhampar. Sementara gelombang ombak senantiasa mengabarkan jernih air dari kebiruan samudera. Bebatuan karang menjadi lantai yang mendominasi bibir pantainya. Begitu jelas terlihat apa yang tersaji di balik kejernihan yang menggenanginya.

Lantai karang menjadi rumah bagi ikan-ikan karang. Damselfish kuning dengan punggung beraksen biru, ikan kepe-kepe dengan garis-garis yang memadukan warna biru tua dan muda. Intinya, kedua jenis ikan tersebut merasa senang tinggal bersama para bintang laut serta ikan-ikan kecil lainnya.

Komposisi alam Pantai Krakal Gunungkidul semakin sempurna karena benteng perbukitan nan hijau. Tidak terkecuali gugusan karang yang menjorok ke laut. Adapun di batas ujung bebatuan karang, suara gemuruh ombak tetap mewakili kekhasan gelombang pantai selatan yang cenderung menggila.

Aktivitas Wisata di Pantai Krakal

Pantai ini memiliki sajian alam yang menarik untuk dijelajahi. Ini berarti sudah semestinya sobat persiapkan energi lebih untuk memanjakan gairah wisata di setiap bagiannya. Berjalanlah di bebatuan karang yang menyembul ke permukaan air yang membentuk semacam jalan setapak itu.

Sembari semakin dekat dengan laut, jangan lupa memperhatikan keindahan di bawah Anda dan persiapkanlah banyak kekaguman pada yang tersaji. Seiring kedekatan jarak dengan gelombang ombak, persiapkan juga pandangan untuk menikmati laut lepas yang seolah tak berujung.

Meski selancar kurang populer, Pantai Krakal Yogyakarta memiliki ombak reef break yang cukup menantang untuk aktivitas tersebut. Hanya saja, peselancar harus hati-hati mengingat dasar laut yang didominasi karang. Suka aktivitas ini? Maret-September adalah waktu terbaiknya.

Bermain air atau bermanja di hamparan pasir adalah aktivitas kebanyakan pengunjung. Lakukanlah jika menyukainya. Untuk memaksimalkan pengalaman wisata, ada baiknya berpetualang dan menjelajah. Naiklah ke perbukitan karang dan nikmati panorama berbeda dari atas ketinggian.

Apabila terlanjur bersemangat, bisa juga mencoba melebar hingga tiba di pantai tetangga. Ke Pantai Slili hingga ke Pantai Sadranan di sebelah timur. Dibutuhkan kurang lebih 10 menit untuk sampai di kedua pantai tersebut. Bersenang-senanglah, wisata kali ini milik Anda, sepenuhnya!

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Seiring dengan potensi wisata yang ada, fasilitas di Pantai Krakal Jogja pun semakin memadai. Segala bentuk fasilitas untuk kebutuhan dasar bisa dengan mudah Anda temukan. Termasuk toilet umum, lahan parkir luas, tempat ibadah, serta saung untuk berteduh.

Banyak juga tersedia warung atau restoran yang menyajikan beragam menu, khususnya makanan hasil laut (seafood). Di sini juga memiliki makanan khas berupa rempeyek yang terbuat dari olahan umbal (sejenis hewan laut yang hidup menempel di bebatuan karang).

Ingin bermalam di sekitar pantai? tenang saja! banyak penginapan berupa hotel dan homestay dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Umumnya penginapan di pantai ini berkelas melati sehingga harga sewanya pun terjangkau, berkisar Rp 100K permalam.

Selebihnya, harga tiket masuk Pantai Krakal murah dan sudah termasuk biaya masuk ke beberapa pantai terdekat. Jadi, sekali bayar Anda bisa menikmati beberapa wisata pantai sekaligus. Berikut daftar rincian biaya wisata yang mungkin perlu Anda keluarkan:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir Roda 2Rp 2.000
Parkir Roda 4Rp 5.000
Note: harga tiket Pantai Krakal Jogja di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Pantai Krakal Yogyakarta

Lokasi pantainya berjarak sekira 60 km dari Yogyakarta. Butuh sekitar 2 jam berkendara. Mulailah perjalanan ke arah Wonosari atau melalui Imogiri-Panggang. Lanjut ke selatan ke arah Pantai Baron. Setelah pos retribusi, jika menemukan pertigaan lurus saja sampai di lokasi. Peta Lokasi.