Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Timang Yogyakarta - Daya Tarik, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Pantai Timang Yogyakarta. Semua orang tahu dan telah lama menjadikan Yogyakarta sebagai destinasi dalam daftar liburan mereka. Bagi para pecintanya, tidaklah cukup satu kali, bahkan mereka berharap bisa kembali untuk bermanja di daerah istimewa ini.

Bagi traveler penyuka pantai, Gunungkidul merupakan surga di Yogyakarta. Selain beberapa pantai populer, seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, ada juga Pantai Timang yang sedang naik daun karena keunikan alamnya yang menakjubkan.

Pantai Timang merupakan pantai wisata yang lokasinya cukup berdekatan dengan Pantai Jogan, Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Secara administratif, pantai ini berlokasi di Padukuhan Danggolo, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Timang Jogja

Pergi ke pantai ini, sobat akan berhadapan dengan medan terjal yang menantang dengan lokasi yang cukup terpencil. Meskipun begitu, setiap usaha Anda akan terbayar lunas oleh keeksotikan alam yang tersaji pada sisi timur dan barat pantai ini.

Sebelah timur pantai ini mewakili pantai di Yogyakarta pada umumnya yang berpasir putih. Sementara keunikan tersendiri terlihat di sebelah baratnya yang pemandangannya didominasi oleh perbukitan terjal sebagai pembatas lautan.

Di sisi barat benar-benar menawarkan sesuatu yang berbeda, terutama karena keberadaan pulau karang sekira 200 meter di lepas pantai, Pulau Timang namanya. Sebuah pulau ikonik yang menjadi tempat ideal bagi masyarakat untuk berburu lobster.

Menariknya, pulau tersebut terhubung dengan bukit karang di pantai melalui sebuah kereta gantung. Kereta tersebut berupa gondola tradisional buatan warga setempat dengan penggerak tali berdiameter 4 cm dan memiliki panjang sekitar 200 meter.

Awalnya, kereta tersebut hanya digunakan oleh masyarakat yang ingin memancing ikan dan lobster di Pulau Timang. Seiring dengan popularitas wisata pantai ini, kereta itupun kini menjadi sangat laris disewa oleh wisatawan yang berkunjung.

Aktivitas Wisata di Pantai Timang

Pantai Timang adalah salah satu pantai rekomendasi bagi traveler yang ingin menikmati sesuatu yang berbeda di pantai Yogyakarta. Tempat ideal untuk menguji andrenalin dengan mencoba sensasi menyeberang ke Pulau Timang.

Tersedia dua pilihan untuk melakukannya. Yang pertama, mencoba naik kereta gantung atau gondola yang hanya mampu menampung satu orang saja. Opsi yang kedua adalah berjalan pelan di jembatan gantung yang ada di sebelah gondola.

Naik kereta gantung atau jembatan gantung sama-sama membutuhkan keberanian. Terlebih, karena Pantai Timang mengusung karakter gelombang ombak pantai selatan yang cukup besar. Bahkan terkadang ombak mencapai hampir sama tingginya dengan pulau.

Mencoba kedua fasilitas tersebut berarti juga bahwa Anda harus siap terombang-ambing oleh tiupan angin laut yang cenderung kencang. Oleh karena beberapa alasan, tidak sedikit wisatawan yang ragu untuk mencobanya.

Banyak hal yang masih bisa Anda lakukan di sini, asal jangan nekat berenang, itu bukan ide bagus. Alihkan pandangan ke sebelah timur dan lihatlah kemolekan alam yang lebih santun dengan hamparan pasir putih yang setia menunggu kedatangan Anda.

Berjalan dan bermanjalah di sana sambil tak lupa melirik eksotika bagian barat melalui komposisi bebatuan karangnya. Selebihnya, lakukan apa saja yang Anda suka. Hanya saja, tetaplah jadi traveler beretika dengan turut menjaga kebersihan pantai ini.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meski sebagai wisata pantai yang tergolong baru, Pantai Timang Jogja telah memiliki fasilitas yang cukup kalau hanya sekedar untuk kebutuhan dasar. Fasilitas utama sudah pasti kereta gantung yang pada akhirnya laris dan diminati para wisatawan.

Hanya saja, biaya sewa kereta gondolanya tergolong tinggi untuk ukuran kantong traveler lokal, yakni Rp 150.000. Meski demikian, harga yang tinggi tersebut terbilang wajar mengingat kereta ini masih menggunakan tenaga manusia untuk menariknya.

Kondisi keretanya aman karena dicek secara berkala. Jika ingin foto saja di kereta tanpa menyeberang, tarifnya Rp 50.000. Setelah kereta ini banyak peminat, baru tercetus ide lain agar wisatawan bisa pergi ke Pulau Timang dengan cara yang berbeda.

Dibuatlah jembatan gantung dengan tarif Rp 100.000. Tiket masuk Pantai Timang Rp 10.000. Selain itu, masyarakat juga menawarkan paket makan lobster dengan harga Rp 250.000-350.000. Itu sudah termasuk lobster 1 kg, nasi, teh, kerupuk, sambal dan rempeyek.

Lokasi dan Rute ke Pantai Timang

Jarak pantai ini dari Yogyakarta berkisar 70 kilometer atau sekitar 3 jam perjalanan berkendara. Oleh karena kurangnya penunjuk jalan, bisa jadi Anda akan kesulitan menemukan lokasinya. Lebih mudahnya, dari Jogja teruskan perjalanan ke Wonosari.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Baron hingga di Pertigaan Mulo. Dari pertigaan tersebut, temukan arah ke Pantai Siung dan melanjutkan hingga tiba di Pasar Dakbong. Di Pasar Dakbong semestinya bisa Anda temukan petunjuk ke pantai ini.

Ketika melewati pasar tersebut di atas, jalanan mulai menantang karena aspal telah berganti dengan jalanan tanah berbatu. Untuk itu pastikan kendaraan dalam kondisi prima, pastikan kendaraan roda dua yang tangguh. Gunakan peta lokasi, di sini.