Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Pok Tunggal Yogyakarta - Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Rute

Pantai Pok Tunggal. Wisata Jogja memang penuh warna dan sangat mampu menampung apapun jenis kebutuhan pelancong yang datang. Bagi mereka yang gemar berwisata pantai, Yogya telah siap dengan beragam pantai molek yang sebagian besar ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Salah satu yang tercantik adalah Pantai Pok Tunggal yang terletak di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pok Tunggal merupakan pantai yang bersih dan masih terbilang pantai baru. Sejak resmi menjadi objek wisata tahun 2012, pihak pengelola benar-benar memperhatikan kebersihan pantai ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Pok Tunggal

Seperti halnya di Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal, pihak pengelola pantai ini juga menerapkan denda Rp 10.000 bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan. Hasilnya, Pantai Pok Tunggal di Gunungkidul menjadi salah satu pantai wisata terbersih di Yogyakarta.

Perihal keindahan alamnya, perpaduan antara hamparan pasir putih dengan perbukitan karst yang menghijau telah menciptakan panorama yang menawan.Tebing-tebing karang di sebelah timur dan baratnya tetap teguh membentengi serta turut menyempurnakan pemandangannya.

Sementara itu, karakter ombak pantai selatan yang cenderung besar masih mendominasi yang tentunya tetap menawarkan keeksotikan tersendiri. Perihal penamaan pantai ini, merujuk pada keberadaan Pohon Duras (Pok Tunggal) yang bersikeras tumbuh dalam kesendirian di pantai ini.

Masyarakat setempat benar-benar menjaga pohon langka yang konon tumbuh ini. Wisatawan sangat dilarang memanjat pohon itu dan akan langsung mendapat teguran penduduk ataupun pihak pengelola. Pohon inilah yang kemudian menjadi cikal bakal penamaan sekaligus ikon pantai ini.

Aktivitas Wisata di Pantai Pok Tunggal

Jika sobat adalah pecinta pantai, pastinya lebih tahu cara terbaik menikmatinya. Mungkin saja, Anda adalah tipe wisatawan dengan aktivitas biasa. Bermain air, bermalas-malasan, selfie atau bersantai di atas pasir bersama teman sambil menunjukkan siapa yang paling berbahagia.

Di samping itu, Pantai Pok Tunggal memungkinkan siapa saja untuk melakukan banyak hal. Termasuk bagi mereka yang gemar menjelajah dan mencoba menghayati setiap sudut alam. Menariknya, di sini juga ada mata air tawar yang berasal dari bawah tanah, khas dengan daerah karst.

Pastikan energi wisata Anda tetap tersisa, setidaknya hingga tiba di bukit sebelah barat dan lihatlah betapa panorama Pok Tunggal menawarkan daya tarik tersendiri dari sudut ini. Ide menarik lainnya adalah melanjutkan petualangan, susur pantai hingga tiba balik tebing sebelah timur.

Apabila beruntung, Anda akan disambut beberapa primata liar. Pemandangannya juga tak kalah eksotik, sementara pasirnya cukup landai, tempatnya juga cukup ideal untuk berenang. Selebihnya, apapun kegiatan yang ingin Anda lakukan, pastikan saja untuk bertahan hingga senja.

Sebagai penutup, lihatlah betapa pantai ini mampu menawarkan nuansa sunset atau matahari terbenam yang mengagumkan. Boleh juga memaksimalkan pengalaman wisata dengan bermalam di pantai. Tentunya, malam hari hingga datangnya pagi, pantai ini memiliki warna tersendiri.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sejauh ini, Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul Yogyakarta merupakan objek wisata alam yang senantiasa berkembang. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang, baik domestik maupun mancanegara, fasilitas wisata di pantai pun semakin bagus dan diperlengkap.

Untuk sekarang ini, sudah banyak tersedia warung penjual makanan dan minuman yang berjejer di pinggir pantai. Warung-warung tersebut telah lengkap juga dengan tempat beristirahat semacam gazebo serta payung pantai yang bisa Anda sewa jika ingin bersantai.

Fasilitas untuk kebutuhan dasar seperti kamar mandi dan tempat ibadah berupa mushola juga tersedia. Selain itu, bagi yang ingin bermalam bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Bagi yang kurang nyaman berkemah, ada juga beberapa homestay atau penginapan.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
Parkir MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000
Parkir Mini BusRp 15.000
Lahan CampingRp 10.000
Sewa TendaRp 60.000
Gazebo/PayungRp 20.000
Note: harga tiket Pantai Pok Tunggal Jogja di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Apabila tertarik mengunjungi Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul, sobat traveler bisa menggunakan rute yang sama dengan Pantai Indrayanti yang kini bernama Pantai Pulang Sawal. Dari pusat kota Jogja, pantai ini berjarak kurang lebih 70 km. Butuh durasi sekitar 2 jam berkendara.

Dari Yogyakarta, lanjutkan perjalanan berkendara hingga ke daerah Wonosari, Gunung Kidul. Dari kota tersebut, terus melanjutkan ke arah selatan mengikuti petunjuk yang mengarah ke Pantai Baron. Perhatikan ketika sudah sampai di pertigaan besar yang terdapat di Desa Mulo.

Dari pertigaan tersebut, lurus saja ke arah Pantai Baron. Setelah melalui pos retribusi temukanlah pertigaan untuk kemudian belok ke arah kiri. Apabila telah menemukan papan penunjuk jalan ke arah pantai ini, ikuti saja petunjuknya karena lokasi pantainya sudah dekat. Peta Lokasi.