Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Kepulauan Seribu
Pantai
Pulau
Pulau Ayer Kepulauan Seribu - Fasilitas, Rute dan Biaya Wisata

Wisata bahari Indonesia tak pernah berhenti menebar pesonanya, termasuk Kepulauan Seribu Jakarta yang selalu menarik di setiap pulau yang menjadi bagiannya. Terkhusus, Pulau Ayer "Mutiara Kepulauan" yang meski sibuk memanjakan pengunjungnya, senantiasa menunggu kedatangan Anda.

Daya Tarik Wisata Pulau Ayer

Ayer adalah pulau tropis bernuansa Papua nan eksotis, serta kental dengan nuansa historis. Sebelum menjadi pulau wisata pada era 50-an, Ayer merupakan tempat peristirahatan Presiden Soekarno. Beliau juga sempat mengundang Josip Broz Tito (presiden Yugoslavia) dan U Thant (Sekjen PBB).

Peristiwa sejarah itu terjadi pada masa Pembebasan Papua Barat, sehingga banyak bangunannya bertema Papua. Perihal namanya, konon berasal dari nelayan yang menemukan dua sumber mata air. Mungkin itu yang menyebabkan banyak pohon besar berusia ratusan tahun bertahan memperindahnya.

Intinya, Ayer adalah pulau rimbun dengan pantai berpasir putih lengkap dengan jajaran pohon kelapa. Tidak berlebihan jika dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan. Jadi, segera pastikan jadwal keberangkatan. Pulau Ayer Kepulauan Seribu telah siap membuat liburan Anda penuh kegembiraan.

Aktivitas Wisata di Pulau Ayer

Karena perairan yang tidak cukup jernih, aktivitas bawah laut seperti snorkeling dan diving tidak ideal di Ayer. Bagi yang suka menyelam, bisa mempertimbangkan liburan ke Pulau Harapan atau ke Pulau Pari. Wisata Pulau Ayer Pulau Seribu lebih ideal untuk bersantai dan beraktivitas di permukaannya.

Di Pulau Ayer, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, salah satunya karena fasilitas penunjang wisatanya sangat lengkap. Cobalah menikmati keseruan di atas air dengan berbagai wahana watersport, seperti jetski, banana boat, ataupun menjelajah perairan sekitar dengan menggunakan kano.

Aktivitas menarik lainnya adalah berkeliling dengan sepeda. Jika suka memancing, lakukanlah karena persewaan alatnya juga tersedia. Ingin berenang? lakukanlah, ada kolam renang yang memang tersedia untuk Anda. Selebihnya, ada sarana berolahraga, basket ball, volley ball, hingga Billiard.

Wisata Pulau Ayer sangat cocok untuk liburan keluarga. Di sini juga ada arena bermain, biarkan anak-anak tercinta bermain sepuasnya. Selebihnya, bersantai di pantai merupakan aktivitas yang menyenangkan. Nikmati suasana laut, sementara di depan Anda telah tersaji kuliner yang menggugah selera.

{next}

Fasilitas Akomodasi dan Biaya

Sebagai pulau resort murni, fasilitas di Ayer Island sangat memadai. Seperti yang telah tersebut di awal, Pulau Ayer Jakarta merupakan salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar. Keberadaan mata air turut mempermudah pengembangan fasilitas yang tersedia.

Fasilitasnya mencakup berbagai jenis floating dan land cottages. Ada juga hotel dan bungalow. Untuk diketahui, bungalow Cendrawasih 4 dikatakan sebagai tempat yang dulunya dipilih oleh Presiden Soekarno. Selain itu, ada juga restaurant & cafe, meeting room, drag store & minishop, hingga Ojar Stage.

Fasilitas lain termasuk arena bermain, tempat bersantai, lapangan basket, voli pantai, serta kolam renang. Untuk fasilitas penunjang wisata, ada penyewaan racing jet ski, banana boat, kano, sepeda, serta peralatan memancing. Jadi, nyamankan diri Anda, nikmati apa yang tersedia dan selamat berwisata.

Pulau ini sepenuhnya resor, sehingga umumnya wisatawan lebih menggunakan jasa Paket Wisata Pulau Seribu. Opsi nya cukup beragam, mulai dari one day tour, room only, hingga full-board atau all-inclusive. Harganya bervariasi, bergantung menginap atau tidaknya, serta jenis cottagenya.

Biaya juga bisa bertambah jika ada kebutuhan ekstra, seperti penambahan makan, penambahan kapasitas ekstra untuk cottage dan bungalow. Selebihnya, biaya wisata yang juga perlu dipertimbangkan adalah jika menginginkan wahana jet ski, banana boat, kano, sepeda, serta memancing.

KeteranganHarga
Tiket Masuk + Makan Siang± Rp 200.000
Biaya Makan Tambahan± Rp 100.000
Sewa Jet Ski± Rp 375.000/15 menit
Sewa Banana Boat± Rp 375.000/2 putaran
Sewa Kano± Rp 30.000/15 menit
Sewa Sepeda± Rp 50.000/1 hari
Sewa Alat Memancing± Rp 35.000/1 hari
Note: biaya trip ke Pulau Ayer Jakarta dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara ke Ayer Kepulauan Seribu

Seperti halnya Pulau Bidadari, pulau seluas kurang lebih 10 ha ini termasuk salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu yang lokasinya berjarak cukup dekat dengan ibukota Jakarta. Wisatawan yang ingin mengunjunginya hanya membutuhkan durasi 20 menitan untuk sampai di sana.

Jika Anda sudah mantab untuk berlibur. Lakukan perjalanan laut melalui Dermaga Marina Ancol di kawasan Jakarta Utara. Untuk wisata Pulau Ayer di Kepulauan Seribu biasanya telah tersedia penyedia paket wisata, setidaknya shuttle boat pulang-pergi dari dermaga tersebut. Peta Lokasi.