Beranda
Destinasi Wisata
Jakarta
Kepulauan Seribu
Pantai
Pulau
Pulau Bidadari Kepulauan Seribu, Sejarah, Daya Tarik, & Biaya Wisata

Pulau Bidadari Kepulauan Seribu. Ada rencana liburan ke Pulau Seribu namun bingung memilih pulau yang ideal? Sejauh ini Pulau Tidung tetap yang terfavorit, namun semua selalu bergantung kebutuhan wisata. Jika suka keindahan bawah laut, bisa pergi ke Pulau Harapan atau ke Pulau Pari.

Sementara itu, jika menghendaki destinasi pulau terdekat namun menjanjikan pengalaman berkesan, rekomendasi terbaiknya adalah liburan ke Pulau Bidadari. Bahkan, pulau ini paling cocok bagi mereka yang memiliki durasi wisata pendek, atau hanya berwisata sehari (One Day Tour) tanpa menginap.

Selain keindahan bahari dan segala aktivitas menariknya, satu hal yang paling menonjol dari pulau ini adalah banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah dari zaman penjajahan Belanda. Tertarik untuk berwisata ke pulau cantik ini? Lanjutkan dulu membaca artikel ini untuk memperkaya informasi.

Sejarah Pulau Bidadari Jakarta

Salah satu pulau tujuan wisata di Kabupaten Kepulauan Seribu ini pada abad ke-17 merupakan pulau penunjang aktivitas Pulau Onrust. Karena itu di sini terdapat sarana-sarana, termasuk rumah sakit lepra atau kusta. Pulau ini sempat bernama Pulau Sakit karena keberadaan rumah sakit tersebut.

Selain itu, Belanda juga mendirikan benteng pengawas. Namun pada tahun 1800, apa yang dibangun Belanda hancur oleh serangan armada laut Britania Raya. Belanda kembali menguasai pulau ini sekitar 1803 dan diserang lagi tahun 1806. Tidak hanya pulau ini, Pulau Onrust pun hancur lebur.

Pada tahun 1827, Belanda membangun kembali pulau ini, salah satu hasil pembangunannya adalah asrama haji yang berfungsi hingga tahun 1933. Selanjutnya, pulau ini sempat tak berpenghuni hingga 1970. Pada awal tahun tersebut, pulau ini berubah menjadi resort wisata oleh PT Seabreez.

Selain nama Pulau Sakit, nama lainnya adalah Pulau Purmerend, merujuk pada gemeente Belanda di provinsi Noord Holland. Perubahan nama menjadi Pulau Bidadari adalah untuk menarik wisatawan. Nama ini terilhami oleh nama pulau lainnya di Pulau Seribu, seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana dll.

Kini, kenangan sejarah menyisakan beragam peninggalan Belanda yang mewarnai pariwisata Pulau Bidadari Jakarta. Selebihnya, ada juga beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian, pohon kepuh, pohon sentigi, pohon kayu hitam, pohon glodokan, tanaman buah, dan juga hutan mangrove.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Wisata Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu merupakan destinasi yang cocok bagi siapa saja, termasuk wisata keluarga. Tempat bersantai dan sepenuhnya gembira, sementara keindahan selalu tersaji di sepanjang pandangan mata. Pantainya bersih, berpasir putih dengan laut yang berair jernih.

Semua terserah Anda! jika ingin seru-seruan bisa mencoba wahana watersport yang tersedia, bermain jetsky, banana boat atau ber-kano ria. Bagi wisata keluarga, biarkan anak-anak sepuasnya berenang dan bermain di kolam renang atau biarkan mereka menikmati lucunya tingkah laku rusa jinak.

Salah satu aktivitas yang wajib Anda coba adalah bersepeda. Berkeliling menikmati setiap sudut dan meresapi kesejarahan sembari tetap selfie jika menemukan spot yang Anda suka. Yang pasti jangan lupa naik perahu tradisional, island hopping ke Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Kayangan.

Untuk diketahui pulau ini beserta Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Kayangan sarat dengan nuansa sejarah peninggalan Belanda. Pulau-pulau tersebut termasuk cagar budaya Kepulauan Seribu yang telah resmi ditetapkan pemerintah. Resapi sejarahnya agar pengalaman wisata semakin berkesan.

Dalam wisata Pulau Bidadari, ada pantai cantik nan unik bernama "Pantai Jodoh" dekat dengan Bidadari Eco Resort. Dinamakan Pantai Jodoh karena dahulu ada sepasang remaja bertemu di pantai ini, kemudian menikah. Manjakan diri di pantai nan indah ini sembari menyantap sajian khasnya.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sebagai salah satu pulau resort Kepulauan Seribu yang paling dekat dengan Jakarta, fasilitas wisata pulau ini sangat lengkap. Ada Restoran, Mini Bar, Mushola, Ruang Meeting serta beberapa fasilitas olah raga seperti Billiard, Volley, Sepak Bola, Tenis Meja, serta lapangan Basket.

Resor Pulau Bidadari Jakarta juga memanjakan traveler dengan aneka watersport seperti jetsky, banana boat dan kano. Selain itu, juga ada playing ground dan kolam renang khusus untuk anak-anak. Namun tidak ada fasilitas alat snorkeling, karena pulau ini tidak ideal untuk aktivitas tersebut.

Selebihnya, ada perahu tradisional berkapasitas 15-20 orang untuk keperluan island hopping. Yang menarik dari pulau ini adalah resor. Ada resor mengapung di atas laut, cottage apung atau floating cottage. Ada juga cottage darat yang tersedia dalam dua varian, panggung dan bukan panggung.

Fasilitas lainnya berupa pendopo sebagai tempat bersantai di pantai, juga taman-taman hijau yang teduh dan menyejukkan. Pulau ini juga mencakup Menara Martello, Andong, serta meriam sebagai sisa-sisa peninggalan zaman penjajahan Belanda. Banyak lagi fasilitas lainnya di pulau ini.

Cara ke Pulau Bidadari Jakarta

Liburan wisata ke Pulau Bidadari bisa dengan dua cara, yakni memanfaatkan layanan Paket Wisata Kepulauan Seribu atau melakukan perjalanan mandiri (backpacker). Jika memilih paket wisata, untuk One Day Tour biasanya harga berkisar Rp 300.000, jika menginap sekitar Rp 750.000.

Adapun jika memilih trip tanpa travel, bisa memulai dengan pergi ke Dermaga Marina Ancol dan naik speedboat dengan biaya sekitar Rp 150.000. Jadwal keberangkatan 09.00 dan 15.00 WIB untuk hari biasa dan pukul 08.00, 10.00, 12.00, dan 15.00 WIB (sabtu-minggu). Peta Lokasi.