Curug Cinulang Bandung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Ada segudang Objek Wisata Alam di Bandung yang selalu tersedia bagi siapapun yang menghendakinya. Tidak hanya di Ciwidey dan Lembang, daya tarik alam Bandung Raya tersebar merata, termasuk di bagian timur, di wilayah Cicalengka. Curug Cinulang merupakan salah satu tempat wisata alam terkenal di sana.

Curug Cinulang Cicalengka Bandung Jawa Barat
credit: instagram.com/yosp.photography

Bagi pecinta air terjun, di Bandung, selain ke Curug Cimahi dan Curug Malela, pastikan juga mengunjungi Curug Cinulang Cicalengka. Lokasinya di Desa Tanjungwangi, Cicalengka. Untuk memperkaya informasi perihal fasilitas, daya tarik wisata, rute, serta harga tiket masuknya, lanjutkan membaca ulasannya berikut.

Daya Tarik Curug Cinulang Cicalengka

Wisata curug yang terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang ini sebenarnya bernama Curug Sindulang karena berada di Desa Sindulang, Sumedang. Meski demikian, nama Cinulang lebih terkenal hingga sekarang. Lokasinya di Sindulang, namun aksesnya lebih nyaman dari Cicalengka.

Itulah kenapa tempat wisata ini lebih populer dengan sebutan Curug Cinulang Cicalengka. Aliran airnya berasal dari sungai Citarik yang berhulu di Gunung Kareumbi. Airnya terjun dari tebing setinggi 20-30 meter dan aliran terbagi menjadi dua. Nampak indah menakjubkan dengan debit yang cenderung besar.

Lokasi Desa Sindulang yang terletak di lereng Gunung Kareumbi wilayahnya lebih didominasi oleh hutan. Hal ini turut menciptakan suasana yang sejuk menenangkan di Curug Cinulang. Air terjun dengan dua aliran dan terjun dalam debit yang besar menjadi sajian alam nan khas dan memberi daya tarik tersendiri.

Hingga saat ini, Curug Sindulang adalah tempat wisata favorit, terutama bagi masyarakat yang berdomisili tak jauh dari lokasi. Terlebih sejak adanya upaya revitalisasi dari pemerintah setempat yang menjadikan air terjun ini tertata dan lebih terlihat keindahannya. Sebelumnya kurang terawat dan banyak praktek pungli.

Muara curug ini tidak terlalu luas dan banyak batuan besar yang tersebar di dasar air terjunnya. Berenang bukanlah aktivitas yang disarankan mengingat debit yang tinggi, apalagi jika musim hujan tiba. Bersantai menikmati alam adalah kegiatan favorit. Kini juga banyak spot foto instagramable bagi yang suka selfie.

Curug Cinulang Cicalengka juga diselimuti mitos. Bila sepasang kekasih datang ke sini, hubungan mereka akan segera berakhir. Sebaliknya, jika seorang lajang, laki-laki atau wanita datang sendiri-sendiri, mereka bisa mudah berkenalan dengan lawan jenis. Hanya saja, saat ini jarang yang percaya mitos-mitos tersebut.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang Bandung
credit: unsplash.com/@masaagungg

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Curug Cinulang atau Sindulang adalah salah satu tempat wisata alam populer di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang. Seiring banyaknya kunjungan wisatawan dan adanya program revitalisasi, fasilitas kini terbilang cukup lengkap memadai. Selain area parkir, ada juga mushola, warung makanan, dan toilet.

Ada banyak spot foto instagenic untuk berswafoto, termasuk jembatan ikonik untuk mendekati air terjun dari ketinggian tertentu. Harga tiket masuk Curug Cinulang sekarang ini sebesar IDR 20K dan dapat gratis minuman. Biaya tersebut belum termasuk parkir, sekitar IDR 5K. Jam buka normal pukul 08:00 - 16:00 WIB.

Fasilitas Wisata Air Terjun Cinulang Sindulang
credit: unsplash.com/@ramadhani_rafid

Rute Lokasi Curug Cinulang di Bandung

Wisata Curug Cinulang berlokasi di Jl. Cicalengka Sindang Wangi km.07, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan berkendara, baik berangkat dari pusat Kota Bandung maupun dari pusat Kota Sumedang. Lihat peta lokasi, DI SINI.

Kondisi jalan menuju tempat wisata ini cukup baik meski tergolong sempit untuk mobil saat berpapasan dari dua arah yang berbeda. Selain itu, akses jalan berkelok dan di sejumlah titik padat penduduk. Meski demikian, indahnya pemandangan melalui perbukitan dan persawahan menyertai sepanjang perjalanan.