Beranda
Destinasi Wisata
Gunung Kidul
Pantai
Yogyakarta
Pantai Siung Yogyakarta, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Gunung Kidul merupakan sudut Jogja yang cukup kentara dengan pesona alam pantainya. Karena berbatasan dengan Samudera Hindia, kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini pun mengoleksi banyak pantai wisata yang indah. Pantai Siung salah satunya.

Pantai Siung merupakan satu di antara sekian pantai yang memiliki kekhasan tersendiri. Berkunjung ke pantai ini bisa menjadi opsi terbaik untuk melengkapi petualangan wisata Anda. Lokasinya berada di Dusun Wates, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Daya Tarik Wisata Pantai Siung

Meskipun masih mengusung tipikal ombak pantai selatan yang cenderung besar, Pantai Siung Jogja unik dengan tebing-tebing karang raksasa cukup mendominasi desain alamnya. Itulah mengapa pantai ini menjadi destinasi ideal para penggila panjat tebing.

Tidak tanggung-tanggung, jalur panjat tebing di kawasan ini mencapai 250 jalur yang berstandar internasional. Cikal bakal penamaan pantainya pun berasal dari keberadaan salah satu batu karang yang bentuknya menyerupai siung wanara (gigi kera).

Karang Siung yang menjorok ke laut tersebut masih tetap bertahan dan menjadi saksi kejayaan masa lalu meski selalu diterjang besarnya ombak. Dalam sejarahnya, wilayah Pantai Siung Gunungkidul merupakan salah satu pusat perdagangan Gunung Kidul di masa para Wali.

Di wilayah Winangun yang lokasinya tidak jauh dari pantai terdapat sebuah pasar. Di tempat ini pula tinggal Nyai Kami dan Nyai Podi, istri abdi dalem Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Selain tebing, komposisi alamnya juga mencakup hamparan pasir putih bersih.

Hijau tetumbuhan tetap menyelimuti sebagian besar perbukitan. Semakin molek dengan gradasi biru laut yang berpadu dengan putihnya riak ombak. Dalam perjalanan sebelum tiba di pantai, wisatawan juga akan dimanjakan oleh pesona perbukitan kapur dengan pohon-pohon jati.

Aktivitas di Pantai Siung Jogja

Pantai Siung Yogyakarta merupakan pantai yang eksotik sehingga menjelajah bisa menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Selagi energi masih segar cobalah untuk melebar ke berbagai sudut yang membangun keindahan pantai ini.

Pilihlah bukit karang yang paling ideal untuk didaki. Rasakan betapa ketika sampai di atas, Anda seolah yang paling beruntung bisa melihat lanskap pemandangan dengan lebih sempurna. Beristirahatlah di ketinggian sembari tak berhenti mengagumi alam.

Berenang dan bermain air telah menjadi kebiasaan umum para wisatawan. Tempat terbaik untuk melakukannya adalah di sekitaran gugusan bukit karang. Anda bisa juga mencobanya, membaur dan merasakan atmosfir bahagia orang-orang yang melakukannya.

Selanjutnya, merebahkan diri di keteduhan sembari bermalas-malasan di atas pasir adalah ide bagus. Pantai ini telah lengkap dengan payung-payung pantai. Suka Panjat Tebing? Jangan sia-siakan kesempatan untuk mencoba olahraga menantang itu di sini.

Pilihlah salah satu dari 250 jalur pemanjatan yang paling ideal untuk kemampuan Anda. Tebing-tebing karang itulah daya tarik utamanya sehingga pantai ini pun semakin populer. Tidak sedikit pelancong asing yang juga mencoba olahraga panjat tebing di pantai ini.

Untuk memaksimalkan liburan, ide bagus jika berencana menginap di penginapan yang tersedia atau camping mendirikan tenda. Untuk mendirikan tenda di sini akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 10K yang dimaksudkan sebagai biaya pemeliharaan.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Seiring popularitasnya yang terus meningkat, fasilitas di Pantai Siung di Gunung Kidul semakin memadai. Ada opsi penginapan, rumah makan, kamar mandi, lahan parkir, tempat ibadah, serta pendopo. Harga tiket masuknya menjadi satu dengan Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
Biaya ParkirRp 5.000
Note: harga tiket Pantai Siung Jogja di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute ke Pantai Siung

Dari Kota Jogja lokasinya berjarak kurang lebih 70 kilometer. Durasi perjalanan berkisar 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Jogja, lanjutkan perjalanan ke daerah Wonosari di Gunung Kidul. Lalu, lanjutkan perjalanan ke selatan ke arah Pantai Baron.

Ketika tiba di pertigaan mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bintaos hingga ke Tepus dan pertigaan Pule. Selanjutnya, belok ke kiri ke Desa Tepus dengan melewati Puwodadi. Lanjutkan hingga pertigaan Nagun. Belok ke kanan hingga di pos retribusi. Peta Lokasi.