Beranda
Bali
Budaya
Buleleng
Danau
Destinasi Wisata
Danau Buyan Bedugul Bali, Daya Tarik Wisata dan Harga Tiket Masuk

Bali memang terkenal dengan pantai indahnya. Namun, pesona alam Pulau Dewata tidak hanya tersebar di pesisirnya. Bali juga tentang danau-danau eksotik luar biasa. Di antara danau di Bali, ada 3 yang bertetangga, Danau Beratan, Danau Tamblingan, dan yang akan diulas di sini, yakni Danau Buyan.

Di antara 3 danau di kawasan Bedugul itu, Buyan adalah yang terbesar. Luasnya 490 hektar dan berkedalaman mencapai 89 meter. Danau ini diapit dua danau lainnya, Tamblingan di sisi barat dan Beratan di sisi timur. Secara administratif, sobat bisa mengunjunginya di Desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali.

Danau Buyan merupakan taman wisata alam Bali, sebagai opsi bagi traveler yang lebih mencari molek alam pegunungan. Keberagaman warna hijau mendominasi dan membentengi ketenangan air danaunya. Berada pada ketinggian 1.350 mdpl, sejuk udara di sekitarnya menyempurnakan nuansa permai alamnya.

Seringkali, orang-orang menyebut Buyan dan Tamblingan sebagai danau kembar. Kedua danau itu, beserta hutan tropis lebat yang membentengi dan membatasi keduanya telah ditetapkan sebagai kawasan wisata alam Bedugul Bali. Luas taman wisata alam ini mencapai lebih dari 1700 hektar.

Aktivitas Wisata di Danau Buyan

Banyak hal yang bisa dilakukan di objek wisata danau ini. Duduk dan bersantai sambil menikmati panorama alam merupakan aktivitas yang tak perlu dipinta. Kebanyakan wisatawan melakukannya dan bisa pasti Anda juga. Lakukanlah dan nikmati keindahan yang tersaji di depan mata.

Rasakan sejuk udaranya dan menjelajahlah pelan, carilah sudut-sudut keindahan yang Anda suka, abadikan dengan kamera. Suka memancing? banyak orang juga melakukan. Persiapkan peralatannya, carilah tempat ternyaman dan berharaplah ikan-ikan tertarik dengan umpan Anda.

Jika di Danau Beratan ada Pura Ulun Danu Beratan. Di sini juga ada Pura Ulun Danau Buyan. Dekati pura dan resapi religiusitas masyarakat Bali yang menyelimuti keberadaannya. Romantis! nuansa pura berlatarbelakang danau dan perbukitan itu. Siapkan kamera atau smartphone Anda.

Pastikan juga untuk melebar hingga ke perkebunan khas dataran tinggi di sekitar danau. Selain menikmati suasananya, sobat juga bisa membeli hasil bumi para petani. Buah strawberry adalah salah satu hasil pertaniannya.

Jika terlanjur betah, kunjungi juga Hutan Wanagiri. Seperti halnya di Ubud Monkey Forest, hutan ini juga dihuni oleh banyak kera ekor panjang. Di Puncak Wanagiri banyak spot-spot untuk menikmati Danau Buyan Bedugul dari ketinggian.

Sebenarnya banyak sekali aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kawasan Taman Wisata Bedugul. Selain sepenuhnya menikmati wisata Danau Buyan, bisa juga pergi ke Danau Tamblingan yang dikatakan sebagai kembaran danau ini.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Beragam fasilitas dasar telah tersedia di Danau Buyan Bedugul. Toilet atau kamar mandi serta lahan parkir yang luas. Ada juga banyak warung penjual makanan dan minuman yang tersebar di sekitarnya. Untuk akomodasi, danau ini terkenal dengan bumi perkemahannya.

Jika sobat berjiwa petualang, lengkapi pengalaman wisata dengan bermalam dan mendirikan tenda di pinggiran danau ini. Apabila tidak membawa perlengkapan camping, di sini juga telah ada persewaan alatnya. Rincian harga sewa ada dalam daftar di bawah.

Sementara itu, apabila Anda lebih tertarik untuk bermalam dengan menyewa penginapan, ada juga beberapa penginapan atau hotel di sekitar objek wisata alam ini. Harga sewa per malamnya tentunya bervariasi, harga terendah berkisar 100 ribuan per malam.

Biaya Wisata dan Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
ParkirMotorRp 3.000
 MobilRp 5.000
Sewa 1 Tenda (Max 4 org)Rp 125.000
Kayu Bakar (1 ikat)Rp 10.000
Minyak Tanah (1 btl)Rp 10.000
CanangRp 2.000
Note: harga tiket Danau Buyan dalam daftar ini tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Danau Buyan Bali

Dari Denpasar, objek wisata alam ini berjarak sekitar 61 km atau sekitar satu setengah jam perjalanan berkendara. Rutenya sangat mudah dan yang termudah adalah melalui Jl. Denpasar - Singaraja. Untuk mempermudah, sobat bisa menggunakan peta lokasinya dengan klik di sini.