Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Nglambor Jogja - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Pantai Nglambor. Menetapkan Jogja sebagai tujuan wisata mungkin sudah biasa mengingat beragam potensi yang dimilikinya. Di samping sebagai tujuan wisata budaya dan sejarah, Yogyakarta juga dianugerahi dengan keindahan alam yang menawan. Termasuk alam pantainya.

Dalam hal ini, Kabupaten Gunung Kidul tampil sebagai surga bagi para penggila pantai. Jika sobat adalah salah satu dari mereka, di antara jajaran pantai indah di sana, ada Pantai Nglambor. Anda bisa mengunjunginya di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daya Tarik Wisata Pantai Nglambor

Pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia umumnya memiliki ombak yang besar. Adapun Pantai Nglambor di Gunungkidul, bukan seperti umumnya meski termasuk pantai di pesisir selatan Jawa. Pantai inilah yang memungkinkan setiap pengunjung menjadi lebih dekat dengan air.

Tidak hanya pemandangan alamnya saja yang indah, namun juga bawah lautnya juga mengagumkan. Karena potensinya tersebut, pantai ini sangat dijaga dan kini menjadi daerah budidaya beberapa jenis ikan serta sebagai wilayah konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Geliat penjagaan masyarakat setempat terhadap pantai ini juga dirupakan dengan tradisi ngalangi (bahasa Jawa) yang berarti melarang. Upacara sejenis sedekah laut ini salah satunya berupaya memberitahu kepada siapa saja supaya tidak menangkap ikan kecuali di musim panen.

Selain keindahan bawah laut, Pantai Nglambor Yogyakarta juga termasuk pemandangan alam pantai yang luar biasa. Semakin sempurna dengan keberadaan dua gundukan karang yang bentuknya mirip kura-kura bernama Watu Kalong dan Watu Kuntul menghiasi dan menjadi batas alamnya.

Selain menghalau besarnya ombak agar lebih tenang mengalun ke bibir pantai. Dua buah karang tersebut juga menyempurnakan keindahan pantainya. Sementara itu, gradasi warna laut yang membiru tetap berpadu dengan hamparan pasir putih dalam perlindungan hijaunya perbukitan.

Aktivitas di Pantai Nglambor Jogja

Aktivitas unggulan di pantai ini adalah snorkeling dan tersedia fasilitas penunjang yang cukup lengkap agar pengunjung dengan mudah melakukannya. Apabila Anda menyukai aktivitas snorkeling atau sejenisnya, Anda berada di surga. Pemandangan bawah laut pantai ini sangatlah memikat.

Di sinilah setiap orang bisa dengan mudah mengagumi keragaman terumbu karang dan biota laut. Desain bawah laut semakin mempesona dengan keberadaan sekumpulan ikan jenis jambrong dan sergeant major. Selebihnya, ada juga jenis ikan kecil lain yang tak lelah bermain dan berkejar-kejaran.

Lebih suka berenang? Nglambor memungkinkan siapa saja berenang dengan leluasa. Akan menjadi lebih gembira ketika bermain bersama sahabat. Abadikan momennya dan tunjukan siapa yang paling berbahagia. Merasa lelah? Jangan lupa, hamparan pasir itu menunggu Anda bermalas-malasan.

Jelajahi dan hayati juga setiap detail yang membangun keindahan alam Pantai Nglambor. Kagumi komposisi warna yang mendesain pantai ini. Apa saja, laut yang membiru, selimut hijau tetumbuhan, suara alunan ombak, distorsinya bentuk karang atau mungkin semilir angin yang menenangkan.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai yang masih baru untuk tujuan wisata, fasilitas wisata di pantai ini belum benar-benar memadai. Termasuk belum adanya akomodasi penginapan. Sementara itu, untuk kebutuhan dasar telah tersedia warung makanan dan minuman, kamar mandi atau toilet, lahan parkir dan lain sebagainya.

Selebihnya di pantai ini juga ada penyewaan alat snorkeling yang disediakan oleh Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari (PNL). Biaya tiket masuk pantai ini menjadi satu dengan beberapa pantai di sekitarnya. Anda bisa menikmati wisata di beberapa pantai sekaligus sekali bayar.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
ParkirIDR 5K-15K
Alat Snorkeling± IDR 50K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Rute dan Lokasi Pantai Nglambor Jogja

Pantai Nglambor lokasinya berjarak dekat dengan Pantai Siung dan Pantai Jogan. Dari pusat kota Jogja berjarak kurang lebih 70 km dengan durasi perjalanan berkendara berkisar 2 jam. Dari Jogja, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Wonosari, Gunung Kidul. Terus ke selatan ke arah Pantai Baron.

Ketika sampai di pertigaan Mulo, ambil arah ke Menthel, Cabean, Bintaos hingga ke Tepus dan tiba di pertigaan Pule. Selanjutnya, belok ke kiri menuju ke arah Desa Tepus melewati Puwodadi dan lanjutkan hingga pertigaan Nagun. Lalu belok ke kanan dan sampailah Anda di pos retribusi. Peta Lokasi.