Beranda
Air Terjun
Budaya
Destinasi Wisata
Lombok
NTB
Air Terjun Tiu Ngumbak Lombok, Daya Tarik Wisata dan Lokasi

Air Terjun Tiu Ngumbak. Meski Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat lebih populer dengan keindahan wisata baharinya. Oleh karena beberapa pertimbangan, ada sebagian traveler yang lebih memilih menikmati pulau di timur Bali ini dengan berpetualang di kawasan pegunungannya.

Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi tujuan utama. Bukan hanya tentang pendakian, namun juga tentang desa wisata di sekitarnya yang juga mengoleksi air terjun menakjubkan. Sebagai misal, Desa Senaru yang indah juga termasuk Sendang Gile dan Tiu Kelep Waterfall yang telah mendunia.

Selain di Desa Senaru, masih ada beberapa objek wisata air terjun lain di lereng Gunung Rinjani. Salah satunya bernama Tiu Ngumbak. air terjun indah berketinggian sekira 40 meter yang bisa sobat jumpai di Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Ngumbak

Airnya jatuh langsung mengenai bebatuan dan menghasilkan aliran air seperti ombak. Karena itu namanya Tiu Ngumbak atau Tiu Umbak. Tiu adalah istilah lokal untuk menyebut pusaran air dari air terjun. Karena itu banyak air terjun di Lombok disebut Tiu, misal lainnya adalah Tiu Pupus.

Air terjun ini masih cukup tersembunyi di kawasan Desa Gumantar yang eksotik, tepatnya di Desa Adat Dusun Beleq. Sebuah pemukiman yang masih sangat terbelakang dari peradaban. Nuansa adat demikian kentara, baik dari arsitektur rumah maupun aktivitas keseharian masyarakatnya.

Jadi, berkunjung ke Air Terjun Tiu Ngumbak, selain berpetualang alam juga berwisata budaya. Nikmatilah setiap detik perjalanan Anda. Memulai dengan memasuki keunikan perkampungan adat khas suku Sasak Lombok, untuk kemudian bersusah payah mencapai keindahan air terjunnya.

Dalam perjalanan itu, sobat traveler akan melalui perkebunan kopi dan kakao. Lalu melalui jalanan curam dan licin dengan jurang berada di sebelah kirinya. Terkesan ekstrim memang, namun bagi Anda sang petualang sejati, semua perjuangan tersebut akan memberi pengalaman wisata tersendiri.

Lokasi air terjun yang tersembunyi dengan lika-liku jalan untuk mencapainya, turut menandakan keterbatasan fasilitas wisata yang tersedia. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke sini harap membawa bekal sendiri, khususnya air mineral sebagai bekal di perjalanan.

Rute Lokasi Tiu Ngumbak Lombok

Dari pusat Kota Mataram, mulailah melakukan perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam menuju Desa Gumantar di Kabupaten Lombok Utara. Rute untuk mencapainya masih satu jalur dengan Air Terjun Tiu Teja, namun karena lokasinya sulit dicapai sehingga belum banyak yang tahu keberadaannya.

Di Desa Gumantar, untuk menuju lokasi air terjun, Anda akan melalui Dusun Beleq, desa adat Suku Sasak yang tradisional itu. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan dengan kondisi jalan yang kurang bersahabat melewati perkebunan kopi dan kakao. Saran terbaik, parkir kendaraan di sekitar perkebunan.

Pasalnya, setelah perkebunan tersebut kondisi jalan semakin menyempit, melewati jalan curam dan licin di pinggir jurang sebelum sampai lokasi. Durasi berjalan kaki sekitar 1 jam. Lokasi Tiu Ngumbak : Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Peta Lokasi.