Pantai Tamban Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Malang Raya adalah destinasi wisata Indonesia yang sanggup menampung segala jenis wisatawan. Termasuk bagi Anda yang doyan wisata pantai. Anda bisa memulai dari Pantai Terkenal di Malang atau langsung meluncur ke Pantai Tamban di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Pantai Tamban Malang
credit: mainur risyada, CC BY 2.0

Sejarah dan Daya Tarik Wisata

Pantai ini memiliki sejarah yang menarik berkaitan dengan penamaannya. Tamban atau Tombo (bahasa Jawa) berarti obat. Dahulu kala, air di pantai ini pernah menjadi perantara kesembuhan tiga kiai yang membabat hutan di sekitar pantai, yakni Kiai Ngastowo, Kiai Mangun dan Kiai Yaser.

Alkisah, ketiga kiai tersebut membabat hutan setelah meminta restu kepada sesepuh Desa Suwaru, Kecamatan Gondanglegi (saat ini termasuk wilayah Kecamatan Pagelaran) yang bernama Kiai Truono Sumitro. Dalam proses membuka hutan tersebut mereka kehausan hingga jatuh sakit.

Karena tidak ada air tawar, ketiganya terpaksa meminum air kotor namun rasa haus dan sakit tidak juga hilang. Singkat cerita mereka pun minum air laut, tapi aneh rasanya tidak asin melainkan tawar. Anehnya lagi, ketiganya langsung sembuh ketika itu. Dari kisah inilah penamaan pantai ini.

Sekira 1.500 meter, pasir putih bersih terhampar di Pantai Tamban. Tebaran batu-batuan di sepanjang tepiannya menjadi gambaran noktah dalam hamparan halus pasirnya yang turut melengkapi komposisi alamnya. Pesisir ini benar-benar membiarkan pengunjung memandang jauh ke laut lepas.

Tidak ada yang menghalangi kecuali Pulau Sempu yang tetap hening dengan keindahan lanskapnya. Pantai Tamban hadir dengan tipikal ombak yang labil. Di saat-saat tertentu ombaknya terlihat tenang. Namun gelombang air bisa juga berubah menjadi besar dan ganas dalam waktu yang tak lama.

Pantai Tamban Malang juga meliputi beberapa pulau kecil dan tebing yang turut menyempurnakan panoramanya. Selain itu, ada juga muara Kedung Ijo dengan air yang cenderung bening dan segar. Muara tersebut mengalirkan airnya menyisiri tebing yang penuh dengan batu-batuan raksasa.

Daya Tarik Wisata Pantai Tamban
credit: instagram.com/nurkholisnur85

Aktivitas di Pantai Tamban Malang

Jadilah sibuk di Pantai Tamban. Pantai ini menawarkan beragam aktivitas menarik yang memungkinkan Anda bisa lebih menikmati suasana pantai. Umumnya, wisatawan bisa menjelajahi pantai dengan cara mereka sendiri. Bermain air atau bermalas-malasan sambil meresapi angin yang menerpa.

Bosan dengan kegiatan seperti itu? Cobalah lebih jauh menjelajahi perairan Pantai Tamban Malang dengan berperahu. Tentu saja menarik, mengingat labilnya ombak yang terkadang tenang dan terkadang besar, bisa meningkatkan andrenalin ketika perahu dipermainkan oleh ombak dan angin.

Harap tenang, perahu wisata di sini aman dengan juru kemudi yang telah berpengalaman. Itu saja? Tidak juga! Bahkan pantai ini juga cocok bagi para penggemar aktivitas memancing. Wisatawan bisa menikmati pengalaman memancing dengan lebih menantang, yakni memancing dari atas tebing.

Menarik bukan? Sambil menunggu mendapat ikan, Anda bisa leluasa memandangi keindahan Pulau Sempu maupun menikmati hilir mudiknya perahu nelayan di tengah lautan. Lalu apa lagi? Jika suka snorkeling, di pantai ini juga terdapat lokasi yang memungkinkan Anda melalukan aktivitas tersebut.

Hanya saja, sejauh ini belum tersedia penyewaan peralatan snorkeling di pantai ini. Ini berarti, Anda harus membawa peralatannya sendiri. Selebihnya, di pantai ini juga memiliki spot menarik untuk bermain air dan berenang. Serta, telah disediakan juga ban-ban untuk bermanja di atas air.

Fasilitas Wisata di Pantai Tamban Malang
credit: mainur risyada, CC BY 2.0

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Pantai Tamban adalah salah satu Pantai Malang yang memiliki fasilitas lengkap. Telah tersedia beberapa warung penjual makanan yang biasanya juga menyediakan kamar mandi dan toilet. Pengunjung bisa menikmati menu ikan bakar atau bisa juga membeli ikan segar dengan harga yang lebih murah.

Jika ingin bermalam di pantai ini, selain bisa camping dengan mendirikan tenda, juga bisa menyewa penginapan dengan fasilitas yang cukup memadai. Terdapat beragam penginapan yang bisa Anda pilih, mulai dari rumah kayu berkapasitas 2 orang hingga sejenis asrama yang mampu menampung 6-10 orang.

Fasilitas lainnya termasuk lahan parkir yang luas. Seperti telah disebutkan sebelumnya, di sini juga ada beberapa perahu wisata dengan kapasitas 12 penumpang. Selain itu, tersedia juga ban-ban bagi pengunjung yang ingin bermain air. Harga sewa dan tiket masuk bisa Anda lihat dalam daftar berikut:

Keterangan Harga
Tiket Masuk IDR 6K
Parkir Roda 2 IDR 5K
Parkir Roda 4 IDR 10K
Perahu Wisata ± IDR 20K/org
Sewa Ban ± IDR 10K/sepuasnya
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu
Harga Tiket Masuk Tamban Beach Malang Selatan
credit: mainur risyada, CC BY 2.0

Rute Lokasi Pantai Tamban Malang

Lokasi pantai ini berjarak sangat dekat dengan Pantai Sendang Biru, mungkin sekitar 5 kilometer atau 30 menit perjalanan. Sementara itu, jaraknya dari pusat kota Malang kurang lebih 70 kilometer. Untuk mencapainya Anda perlu kurang lebih 2 jam perjalanan naik kendaraan bermotor.

Dari Kota Malang, lanjutkan perjalanan ke selatan menuju Turen. Sesampainya di Turen, belok lagi ke selatan ke arah Pantai Sendangbiru (Sumbermanjing Wetan). Ketika sampai di persimpangan Sendang Biru (perhatikan papan penunjuk jalan), belok kiri untuk menuju Pantai Tamban. Peta Rute.

0 Comments

Posting Komentar