Air Terjun Tiu Bombong Lombok - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute

Banyak air terjun yang mempesona di Lombok Utara. Beberapa di antaranya bahkan ada yang berada di satu desa. Jika pernah mendengar perihal Air Terjun Tiu Sekeper dan Tiu Teja, Anda juga wajib tahu, desa tempat kedua air terjun itu, yakni Desa Santong juga punya air terjun Tiu Bombong yang tak kalah indahnya.

Air Terjun Tiu Bombong Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Jadi, Desa Santong adalah destinasi wisata Anda selanjutnya. Pastikan durasi petualangan kali ini panjang supaya bisa menjelajahi semua air terjun di desa ini. Atau, bisa juga jika sobat hanya ingin ke air terjun Tiu Bombong. Namun sebelum Anda benar-benar berangkat, baca terus artikel ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Bombong

Dalam banyak hal, air terjun ini punya banyak kesamaan dengan Air Terjun Tiu Teja yang berada di atasnya. Keduanya sama-sama menyandang julukan air terjun kembar. Tentu, air yang terjun bisa kembar secara sempurna hanya saat debit airnya besar. Waktu terbaik berkunjung adalah setelah musim penghujan.

Meski sama-sama kembar, Tiu Bombong unik karena tebingnya cenderung melengkung ke dalam. Alhasil, air yang jatuh terlihat jauh dari tebingnya. Kolam alami tercipta di bawahnya sebagai penampungan sementara, sebelum air kembali mengalir entah kemana. Mandi adalah ide bagus, asal jangan terlampau dekat.

Fasilitas Wisata Tiu Bombong Waterfall
credit: instagram.com/lalu_puri_

Berada di dalam rimbun hutan yang alami, air terjun Tiu Bombong merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Lombok. Udaranya pun sejuk, adapun tebing yang menjulang tinggi berpadu harmoni dengan hijau tetumbuhan mencipta lanskap yang menawan. Hanya saja, Anda mesti berjuang jika ingin menikmatinya.

Setidaknya butuh 1 jam trekking berjalan kaki sejak di kampung terakhir, Dusun Sempakoq. Melalui jalan setapak pedesaan, persawahan, menembus hutan dan menuruni tebing curam. Setelahnya Anda masih harus melawan arus sungai sekira 15 menit untuk sampai di lokasi. Pastikan menyewa pemandu warga setempat!

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Sebagai air terjun yang tersembunyi di Pulau Lombok, air terjun Tiu Bombong masih belum terkelola resmi sebagai objek wisata. Karena itu tidak ada fasilitas di lokasi. Pun demikian tidak ada tiket untuk mengunjungi air terjun ini. Biaya mungkin untuk parkir di kampung terdekat dan jasa pemandu seikhlasnya saja.

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Bombong
credit: instagram.com/lalu_puri_

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Bombong

Secara administratif, Tiu Bombong berada di Dusun Sempakok, Desa Santong, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Sekira 70 km jaraknya dari Kota Mataram dengan durasi perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam. Anda bisa menggunakan rute dari Jalan Raya Senggigi atau rute melewati Pusuk. Lihat Peta

  • Rute Senggigi: Mataram-Ampenan-Senggigi-Pemenang-Kayangan-Santong-Sempakok.
  • Rute Pusuk: Kota Mataram-Gunung Sari-Pusuk-Pemenang-Kayangan-Santong-Sempakok.

Seperti telah tersebut di atas, dari Sempakoq perjalanan berlanjut dengan trekking. Saran terbaik adalah menggunakan jasa pemandu dari warga setempat karena perjalanan akan memasuki hutan. Terutama bagi Anda yang belum pernah ke sini. Selain energi, siapkan bekal yang mencukupi sebelum berangkat.


EmoticonEmoticon