Air Terjun Tiu Teja Lombok - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Pulau Lombok senantiasa menakjubkan. Tidak hanya di Lombok Tengah, Lombok Utara pun mengagumkan. Banyak sekali tempat wisata menarik di kabupaten ini. Selain membawahi Kepulauan Gili yang dikagumi, Lombok Utara juga mengoleksi air terjun yang molek berseri. Air Terjun Tiu Teja, salah satu yang terindah di sana.

Air Terjun Tiu Teja Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Tiu Teja yang berlokasi di Desa Santong, Kecamatan Kayangan adalah wisata air terjun terkenal di Lombok Utara. Sobat pasti sudah mendengar namanya, ingin mengunjunginya, hingga tiba di artikel ini untuk mencari informasi. Jadi, lanjutkan saja membacanya dan bersegera pergi. Sepenuhnya manjakanlah diri di air terjun ini.

Daya Tarik Air Terjun Tiu Teja

Sama seperti Tiu Ngumbak, Tiu Kelep, dan Sendang Gile, aliran air Tiu Teja juga berasal dari Gunung Rinjani, yang berhulu di Danau Segara Anakan. Dengan tinggi kurang lebih 50 meter, Air Terjun Tiu Teja terlihat indah. Saat debit airnya besar, air yang terjun terbagi dua. Karena itu, air terjun ini sering dijuluki Air Terjun Kembar.

Tebing tempat terjunnya air nampak asri dalam balutan hijau tetumbuhan. Nuansa sejuk menenangkan begitu mendominasi mengingat air terjun ini berada di tengah hutan. Perlu Anda ketahui, pohon-pohon yang tinggi menjulang di hutan ini juga menjadi rumah kawanan satwa liar, yakni monyet ekor panjang dan lutung hitam.

Fasilitas Wisata Tiu Teja Waterfall
credit: instagram.com/lalu_puri_

Air terjun kembar Tiu Teja Lombok juga menawarkan daya tarik tersendiri apabila Anda berkunjung di siang hari. Sering kali muncul pelangi di antara bias titik-titik air yang terjun ke kolam alaminya. Saking seringnya, pelangi pun diisyaratkan juga sebagai namanya. "Teja" adalah istilah lokal suku Sasak untuk menyebut pelangi.

Waktu terbaik liburan ke air terjun kembar ini adalah setelah musim penghujan. Yang mana, saat itu debit airnya besar sehingga bisa melihat air terjun kembar secara sempurna. Jangan berkunjung di musim hujan karena bahaya dan rawan longsor. Sementara itu ketika musim kemarau, kurang indah karena kecil debit airnya.

Aktivitas yang menarik dilakukan adalah bermain air di kolam atau di aliran sungainya, namun hati-hati ketika debit air sedang besar. Bisa juga bersantai menikmati suasana dan indahnya alam. Banyak spot keren untuk berswafoto di sini. Selebihnya, Anda bisa melakukan apapun dengan tetap menjaga kebersihan dan etika.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu air terjun tersembunyi di Lombok, belum memadai fasilitas di air terjun kembar ini. Fasilitas wisatanya sejauh ini hanya lahan parkir dan tangga menuruni tebing agar bisa sampai di air terjunnya. Ada juga sejumlah gazebo untuk istirahat. Harga Tiket Masuk Air Terjun Tiu Teja = IDR 3K + parkir IDR 5K-10K.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tiu Teja
credit: instagram.com/lalu_puri_

Rute Lokasi Air Terjun Tiu Teja

Anda bisa mencapai air terjun ini dengan menempuh perjalanan sejauh ± 70 km dari Mataram atau sekitar 2 jam perjalanan berkendara. Saran terbaik menggunakan sepeda motor, karena kalau mobil lokasi parkirnya masih jauh. Ada beberapa titik jalan sempit untuk dilalui kendaraan roda empat. Jadi, terpaksa harus naik ojek.

Dari Kota Mataram, ada beberapa pilihan rute. Bisa melalui Pusuk dengan suasana khas pegunungan atau bisa melalui jalan Pantai Senggigi dengan pemandangan laut dan pantai. Dua rute tersebut mudah hingga tiba di Desa Santong, tempat air terjun ini berada. Akses jalan juga cukup bagus dan beraspal. Lihat Peta Lokasi

0 Comments

Posting Komentar