Air Terjun di Gianyar Bali - 7 Air Terjun Indah dan Menarik Dikunjungi

Selain sebagai pusat budaya ukiran di Pulau Bali, kabupaten Gianyar juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kawasan wisata Ubud telah demikian kentara daya tariknya. Namun tempat wisata di Gianyar tidak hanya sebatas Ubud, banyak juga air terjun di Gianyar yang tersebar acak di wilayahnya.

Air Terjun di Gianyar Bali
credit: unsplash.com/@jamie_fenn

Jika suka wisata alam Bali, sempurnakanlah petualangan dengan menjelajahi air terjun di sana. Selain menjelajahi Air Terjun di Buleleng, perlu kiranya mampir ke salah satu air terjun Gianyar. Di sini, tersedia daftar air terjun di Gianyar Bali. Sebagian sudah terkenal, sebagian masih tersembunyi jarang diketahui.

Air Terjun Tegenungan di Gianyar

Tegenungan Waterfall Gianyar
credit: unsplash.com/@belart84

Air Terjun Tegenungan merupakan salah satu objek wisata air terjun paling terkenal di Gianyar. Bahkan merupakan salah satu yang terkenal di Bali. Oleh karena itu, pengelolaan tempat wisata ini sudah sangat baik. Akses jalan dan fasilitasnya memadai, termasuk tersedia ayunan dan beberapa spot berswafoto.

Putih tebal warna air yang terjun dengan kekeh membatasi dinding tebing setinggi kurang lebih 15 meter. Kolam penampungan alaminya tak pernah kering meskipun air terus mengalir ke tujuan yang dikehendakiNya. Semakin sempurna dengan dominasi hijau menyelimuti, sedap di pandang pemandangannya.

Lokasi: Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: IDR 20K

Air Terjun Kanto Lampo di Gianyar

Objek Wisata Air Terjun Kanto Lampo
credit: unsplash.com/@giulianodipaolo

Meski termasuk air terjun musiman, Kanto Lampo merupakan objek wisata alam terkenal yang mengiringi ketenaran Tegenungan Waterfall. Salah satu spot populer bagi pecinta fotografi, yang berarti pula tempat ideal bagi penggemar selfie. Lokasinya tidak berada di dataran tinggi, air di sini berasal dari irigasi Subak.

Desain alam di Kanto Lampo memungkinkan batu-batu tertata berundak cukup tinggi. Aliran air yang deras memberi sentuhan putih menyelimuti tatanan batu-batu. Percikan air membuat sebagian besar batu basah mengkilap elegan. Keahlian pecinta fotografi membuat alam yang sudah cantik menjadi semakin cantik.

Lokasi: Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: IDR 20K

Goa Rang Reng Waterfall Gianyar

Wisata Air Terjun Goa Rangreng
credit: instagram.com/dheartha_

Meski tergolong tempat wisata baru, Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar sudah cukup tenar namanya. Tidak seperti air terjun pada umumnya, karena air hanya mengalir turun melalui undak bebatuan yang tertata miring landai sedemikian rupa. Aliran air deras menyebar mengikuti alur lantai bebatuan tersebut.

Komposisi batu-batuan membuat air terjun ini sangat ideal untuk bermain air. Biasanya pengunjung banyak berendam di penampungan air di atas air terjunnya. Yang menarik, di hulu air terjun terdapat sebuah goa, yakni Goa Rang Reng. Goa ini biasa dipakai untuk ritual Melukat, sehingga masih sangat disakralkan.

Lokasi: Bakbakan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: IDR 15K

Wisata Alam Air Terjun Sumampan

Air Terjun Sumampan di Gianyar Bali
credit: instagram.com/titisher_de.tity

Juga merupakan objek wisata baru, Air Terjun Sumampan merupakan hasil aliran pembuangan irigasi Subak. Dengan ketinggian mencapai 15 meter, air terjun yang baru menjadi objek wisata di tahun 2018 ini mampu menarik banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, banyak juga turis mancanegara.

Satu hal yang unik dari Air Terjun Sumampan adalah keberadaan batu-batu yang dipahat membentuk topeng-topeng. Ada yang didesain khusus sehingga terdapat pancuran air yang keluar dari mulut topeng. Topeng-topeng tersebut memang sengaja dibuat oleh warga sekitar agar air terjun ini semakin menarik.

Lokasi: Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: -

Objek Wisata Manuaba Waterfall

Air Terjun Manuaba Gianyar
credit: instagram.com/jo_kohartono

Air terjun di Gianyar Bali memang lebih cocok untuk para petualang yang ingin menjelajahi tempat-tempat baru. Jika Anda salah satunya, rencanakanlah untuk tiba di air terjun Manuaba. Tempat di mana Anda melepaskan diri dari hiruk-pikuk rutinitas harian, untuk selanjutnya bersatu pada hijau sejuknya kedamaian.

Karena masih sepi dari kunjungan wisatawan, Manuaba waterfall tampil lebih alami. Suara alam melalui gemuruh deras air terjun lebih terdengar jelas, sementara suasana alam yang menenangkan memudahkan Anda untuk retreat, memulihkan diri. Meski tidak dalam, kolam alaminya lebih dari cukup untuk berendam.

Lokasi: Kenderan, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: -

Air Terjun Bandung di Gianyar Bali

Bandung Waterfall di Gianyar Bali
credit: instagram.com/karto_misterius

Air Terjun Bandung merupakan objek wisata alam baru yang indah yang hari demi hari terus berbenah. Sangat baru, karena baru buka pada kisaran awal 2019 yang lalu. Media sosial telah memberi sumbangsih tersendiri, sehingga tidak butuh waktu lama air terjun di Banjar Bandung ini diketahui dan kemudian diminati.

Bagi para fotografer, banyak sudut artistik yang bisa diabadikan. Sementara itu, bagi wisatawan umum, selain selfie, bermain air atau berenang sepuasnya adalah ide yang bagus. Pihak pengelola pun telah menyiapkan fasilitas berupa ban pelampung. Aliran air Tukad Pakerisan ini mencapai 3 meter kedalamannya.

Lokasi: Siangan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Peta
Tiket Masuk: donasi

Air Terjun Petanu di Sukawati Bali

Air Terjun Petanu di Sukawati Bali
credit: instagram.com/viaaan_si

Sebenarnya banyak wisata air terjun di Gianyar, namun sebagian besar belum banyak yang tahu. Air terjun Petanu adalah salah satunya. Meski berada di satu desa yang sama dengan air terjun Tegenungan, air terjun ini masih sangat tersembunyi. Jadi, berangkat dan jadilah satu di antara mereka yang menjamahnya.

Lokasi: Banjar Sumampan, Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali
Tiket Masuk:

Sepertinya daftar air terjun Gianyar Bali di atas sudah cukup untuk memuaskan gairah petualangan Anda. Jika belum cukup, karena mungkin durasi wisata Anda kali ini panjang, bisa juga menjelajahi Tempat Wisata di Gianyar. Atau, bagaimana kalau ke Bali Timur? jika berminat baca Tempat Wisata di Karangasem.


EmoticonEmoticon