Museum di Jakarta - 15 Pilihan Wisata Museum yang Ada di Jakarta

DKI Jakarta menawarkan banyak hal menarik bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Tidak hanya spot wisata belanja, Jakarta juga terkenal memiliki banyak spot wisata edukasi berupa museum. Menjelajah ragam museum di Jakarta tentunya sangat menarik dan akan memberi pengalaman tersendiri untuk Anda.

Museum di Jakarta
credit: Gunawan Kartapranata, CC BY-SA 3.0, edited

Museum yang ada di Jakarta sangat banyak. Sebagian besar merupakan museum sejarah dan museum seni. Namun, ada juga museum aesthetic kekinian yang saat ini menjadi opsi tempat instagramable di Jakarta. Berikut ini daftar 15 rekomendasi objek wisata museum di Jakarta yang menarik dan wajib dikunjungi.

Museum Sejarah Jakarta Kota Tua

Museum Sejarah Jakarta
credit: Kars Alfrink, CC BY 2.0

Berada di Kota Tua Jakarta, Museum Sejarah Jakarta adalah tempat terbaik untuk mempelajari sejarah Jakarta. Sekitar 23 ribu benda bersejarah ada di museum yang juga terkenal dengan nama Museum Fatahillah ini. Namun, hanya 500 buah yang dipamerkan ke masyarakat. Sisanya dirotasi dan ditampilkan secara berkala.

Tiket Masuk: IDR 2K-5K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional Republik Indonesia
credit: CEphoto, CC BY-SA 3.0

Berdiri pada tahun 1778, Museum Nasional adalah museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Juga, yang terlengkap di Indonesia dengan koleksi mencapai 160 ribu. Julukan Museum Gajah berasal dari patung gajah perunggu dari Raja Thailand yang ada di sini. Nama resminya adalah Museum Nasional Republik Indonesia.

Tiket Masuk: IDR 2K-5K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

Museum Taman Prasasti di Jakarta

Cagar Budaya Taman Prasasti
credit: David Sudjono, CC BY 2.0

Menjelajahi museum sejarah di Jakarta, mampirlah juga ke Museum Taman Prasasti. Sebuah cagar budaya peninggalan Belanda. Dengan luas 1,2 ha, museum ini memperlihatkan sisi aesthetic dan kecanggihan karya seni masa lalu. Mulai dari prasasti, nisan kuno, miniatur makam dari 27 provinsi, hingga kereta jenazah antik.

Tiket Masuk: IDR 2K-5K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Tanah Abang I No.1, Petojo Sel., Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional
credit: muskitnas.net

Salah satu museum cagar budaya yang bangunannya juga merupakan bekas peninggalan Belanda. Total koleksi di Museum Kebangkitan Nasional mencapai 2.042 benda. Pengunjung bisa menyaksikannya di beberapa ruang, di antaranya ruang awal pergerakan, ruang kesadaran nasional, ruang pergerakan, dan ruang Boedi Oetomo.

Tiket Masuk: IDR 1K-2K
Jam Buka: 08.00-15.00
Lokasi: Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

ART:1 New Museum & Artspace

ART 1 New Museum
credit: instagram.com/pernando0223

ART:1 New Museum & Artspace adalah museum seni rupa yang memiliki ruang untuk karya para maestro dan karya seni modern Indonesia. Hadir dengan desain arsitektur modern minimalis, ART:1 New Museum merupakan opsi museum aesthetic di Jakarta. Salah satu tempat instagramable yang sedang hits di Jakarta.

Tiket Masuk: IDR 75K-100K
Jam Buka: 10.00-16.00
Lokasi: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Gn. Sahari Ut., Sawah Bsr., Jakarta Pst, DKI Jakarta. Peta

Museum Tekstil di Jakarta Barat

Berada di gedung tua yang sudah berdiri sejak abad ke-19, Museum Tekstil awalnya hanya mengoleksi 500 buah ketika peresmian pada tahun 1976. Saat ini koleksinya telah mencapai kurang lebih 3000 wastra Indonesia. Tempat ini juga mencakup Galeri Batik dan mengoleksi beraneka batik yang ada di Indonesia.

Tiket Masuk: IDR 2K-5K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. K.S. Tubun No.2-4, Kota Bambu Sel., Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Wisata Museum Wayang Kota Tua

Museum Wayang Kota Tua
credit: Collin Key, CC BY-NC-ND 2.0

Museum Wayang menempati salah satu bangunan bersejarah di pusat kawasan wisata Kota Tua. Di Museum Wayang terdapat beraneka jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia. Koleksinya mencapai 4000 wayang, termasuk wayang dari Tiongkok dan Kamboja. Ada juga beraneka rupa boneka dari berbagai negara.

Tiket Masuk: IDR 2K-5K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, Kota Tua, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Museum Militer Satria Mandala

Satria Mandala
credit: Hideki Yoshida, CC BY-NC-ND 2.0

Museum di Jakarta Selatan ini menyimpan koleksi sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Wisatawan bisa melihat berbagai peralatan perang di Indonesia, baik dari masa lalu hingga modern. Di sini ada ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam, helikopter, pesawat terbang, serta benda-benda bersejarah TNI yang lainnya.

Tiket Masuk: IDR 1K-2K
Jam Buka: 09.00-16.00
Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.14, Kuningan Brt., Mampang Prpt., Jakarta Sel., DKI Jakarta. Peta

Museum Fashion Harry Darsono

Khususnya jika Anda memiliki ketertarikan di bidang fashion, kunjungi museum perancang busana ternama di Indonesia, Harry Darsono. Dengan arsitektur bangunan yang unik dan mewah, museum ini menyimpan seluruh karya terbaik Harry Darsono. Termasuk rancangan fashion untuk Ratu Elizabeth II dan Ratu Rania Yordania.

Tiket Masuk: Gratis/Donasi
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Cilandak Tengah Raya No.71, Cilandak Brt., Jakarta Sel., DKI Jakarta. Peta

Museum MACAN di Jakarta Barat

Wisata Museum Macan di Jakarta
credit: www.museummacan.org

Sesuai namanya, Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) memiliki koleksi karya seni modern dan kontemporer, dari Indonesia dan seluruh dunia. Dan, masyarakat umum dapat mengaksesnya. Berkat tata ruang dan koleksinya, MACAN menjadi salah satu tempat instagramable terpopuler di Jakarta.

Tiket Masuk: IDR 80K-100K
Jam Buka: 10.00-16.00
Lokasi: AKR Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Museum Layang-Layang Indonesia

Museum Layang Layang
credit: Mike Photo Corner, CC BY-NC-ND 2.0

Ini adalah museum layang-layang pertama yang ada di Indonesia. Di tempat ini Anda bisa melihat setidaknya 600 bentuk layang-layang, dan koleksinya pun terus bertambah. Museum yang telah ada sejak 1985 ini tidak hanya mengoleksi layang-layang dari Indonesia saja, termasuk juga layang-layang dari berbagai negara.

Tiket Masuk: IDR 15K
Jam Buka: 09.00-16.00
Lokasi: Jl. H. Kamang No.38, Pd. Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Peta

Museum Sumpah Pemuda Jakarta

Museum Sumpah Pemuda
credit: museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Sesuai namanya, museum sejarah perjuangan kemerdekaaan Republik Indonesia ini mengoleksi foto dan benda terkait Sumpah Pemuda 1928. Koleksinya mencapai 2,867 buah. Museum yang juga menjadi cagar budaya nasional ini berdiri pada tahun 1072. Terbuka untuk umum, kecuali pada hari Senin dan hari besar nasional.

Tiket Masuk: IDR 1K-2K
Jam Buka: 08.00-16.00
Lokasi: Jl. Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

Wisata Kreatif di MOJA Museum

MOJA Museum di Jakarta
credit: instagram.com/rasyidain

MOJA Museum yang ada di Jakarta Pusat ini adalah tempat kreatif yang unik dan penuh warna. Salah satu rekomendasi bagi mereka yang mencari tempat wisata kekinian dengan beraneka spot foto instagramable. Kawasan ini memungkinkan Anda melukis di MoPAINT atau mencoba wahana RoJa roller skate rink.

Tiket Masuk: IDR 110K-135K
Jam Buka: 11.00-18.30
Lokasi: Gedung Bung Karno Sports Complex, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Peta

Museum Basoeki Abdullah Jakarta

Museum Basoeki Abdullah
credit: instagram.com/captayaa

Museum di Jakarta Selatan ini memamerkan koleksi seni pelukis Basoeki Abdullah. Di sini, Anda bisa menyaksikan 720 buah barang dan benda seni, serta buku dan majalah sebanyak 3000 buah. Dari 115 karya lukisannya, 40 karya lukisan dipamerkan di lantai 2, di lantai 1 terdapat ruang memorial kamar tidur beliau.

Tiket Masuk: IDR 1K-2K
Jam Buka: 09.00-15.00
Lokasi: Jl. Keuangan Raya No.19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Peta

Magic Art 3D Museum di Kota Tua

Magic Art 3D Museum lebih berupa tempat wisata kekinian di Jakarta. Museum ini menampilkan lebih dari 100 lukisan dan seni tiga dimensi yang tersebar di sejumlah zona dengan tema yang berbeda. Di sini juga ada Labirin rumah kaca, Ruang Lase, Ruang Ames, Ruang Miring, Ruang Ajaib, Kursi Ilusi, Ruang Penjara, dll.

Tiket Masuk: IDR 40K-80K
Jam Buka: 10.00-22.00
Lokasi: Jl. Kali Besar Timur No.9, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Demikian daftar rekomendasi tempat wisata museum yang ada di Jakarta. Meskipun daftar museum yang ada di atas belum mencakup semuanya, sekiranya sudah cukup menjadi gambaran awal sebelum Anda sampai di ibukota. Untuk pilihan tempat wisata terbaik dan terpopuler di ibukota, baca juga daftar Wisata di Jakarta.