Pantai Boom Banyuwangi - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Timur. Melalui kekhasan budaya Suku Osing dan pesona alamnya, Banyuwangi pun diminati. Jika punya rencana ke Banyuwangi, berkunjung ke Pantai Boom adalah adalah langkah awal yang bagus. Lokasinya berjarak tidak jauh dari pusat Kota Banyuwangi.

Pantai Boom Banyuwangi
credit: instagram.com/_knwdeny

Sejarah Pantai Boom Banyuwangi

Pada era 50-an, Pantai Boom merupakan pelabuhan penting, tempat berlabuh kapal-kapal pengangkut (umumnya kopra) dan perahu nelayan. Hingga kini masih ada jejaknya. Banyak gudang bekas dan tempat pelelangan ikan yang sudah tak terpakai. Serta, dermaga-dermaga yang kini menjadi tempat favorit memancing ikan.

Pada tahun 1982, terjadi Tragedi Inkai yakni hilangnya peserta latihan Karate Banyuwangi karena tertelan ombak. Tugu Inkai pun dibangun untuk memperingatinya. Lalu, menjadi tempat pembuatan Kapal Umbul-Umbul Blambangan untuk mempromosikan Pariwisata Banyuwangi. Namun sayang kapal itu tenggelam.

Sementara itu pada akhir tahun 2012, kawasan Pantai Boom Banyuwangi menjadi tempat penyelenggaraan event Parade Gandrung Sewu yang melibatkan seribu penari Gandrung. Seiring perkembangannya, pantai ini sempat tak terawat, terkesan kumuh dan semrawut dengan banyaknya sampah di sepanjang bibir pantainya.

Bahkan, citra negatif sempat melekat pada pantai ini, karena kabarnya menjadi tempat mesum di malam hari. Baru pada kisaran tahun 2014, Pemkab Banyuwangi bertekad untuk menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata utama Banyuwangi. Hingga saat ini Pantai Boom adalah tujuan favorit masyarakat Banyuwangi.

Harga Tiket Masuk Pantai Boom Banyuwangi
credit: instagram.com/_knwdeny

Daya Tarik dan Aktivitas Menarik

Pantai Boom Banyuwangi merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi warga Banyuwangi. Bahkan menurut survey, pantai inilah yang menempati posisi paling tinggi dalam hal kunjungan wisatawan domestik. Kawasan wisata Pantai Boom juga menjadi salah satu tempat favorit berkumpulnya anak muda di Banyuwangi.

Oleh karena itu, adalah ide bagus ketika berwisata ke Banyuwangi, sobat memulai kunjungan dari pantai yang letaknya tidak jauh dari pusat kota ini. Banyak sekali aktivitas hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom. Saat fajar, pantai ini menawarkan komposisi warna alam hingga terciptalah lanskap pemandangan yang luar biasa.

Nikmatilah sejuk pagi dan bersantai dengan menyewa kursi pantai. Bisa juga menyewa sepeda untuk berkeliling dan bertahanlah hingga senja tiba. Jangan lupa mengunjungi area dermaga. Berkat desain spiral yang megah dan estetik, jembatan dermaga di Pantai Boom kini menjadi salah satu tempat instagramable di Banyuwangi.

Fasilitas Wisata di Boom Marine Park
credit: unsplash.com/@haliosiv

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Seperti yang telah tersebut sebelumnya, pantai ini telah berbenah sejak tahun 2014. Selain sudah semakin bersih dari sampah-sampah, pantai ini hadir dengan fasilitas yang lengkap. Ada pujasera, kamar mandi, spot-spot foto, mushola, dan jet ski air. Ada juga kuda serta deretan kursi panjang berhias payung lebar berwarna merah.

Bahkan, kabarnya ada penambahan fasilitas berupa paralayang dan paramotor di kawasan pantai ini. Salah satu fasilitas yang terkenal dan ikonik adalah jembatan yang terdapat di kawasan dermaga kapal pesiar. Jembatan tersebut selalu ramai pengunjung, khususnya yang ingin berfoto. Suasananya semakin ramai saat malam hari.

KeteranganHarga
Tiket Masuk Pantai BoomIDR 5K
Sewa Kursi PantaiIDR 20K
Sewa SepedaIDR 20K

Lokasi Pantai Boom Banyuwangi

Pantai ini berada di Kampungmandar, Banyuwangi. Sekitar 2 km ke arah timur dari Kota Banyuwangi. Dari Simpang Lima Banyuwangi, pilih arah ke jalan dr. Sutomo menuju Taman Blambangan. Lalu, ke utara menuju bundaran PLN, belok kanan ke jalan Nusantara. Sangat mudah karena banyak petunjuk jalannya. Peta Lokasi.


EmoticonEmoticon