Brakseng Batu - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk dan Rute Lokasi

Dengan segala potensi wisatanya, Kota Batu turut mewakili daya tarik Jawa Timur. Selain terkenal dengan objek wisata modern, kota di kawasan metropolitan Malang Raya ini pada dasarnya telah dianugerahi alam nan molek. Banyak sekali spot alam di sana, termasuk Puncak Brakseng Batu yang terbilang wisata baru.

Brakseng Batu
credit: instagram.com/indraiswanto84

Jika sobat sudah pernah menikmati indahnya Kota Wisata Batu dari kawasan Paralayang Gunung Banyak atau di Goa Pinus Batu, kini cobalah melebar ke Sumber Brantas. Di desa yang juga terkenal dengan nama Jurang Kwali inilah wisata Brakseng berada. Masih satu lokasi dengan Cangar Hot Spring yang legendaris.

Daya Tarik Puncak Brakseng Batu

Menempati area terdingin di Batu, Puncak Brakseng yang juga terkenal dengan sebutan "Negeri di Atas Awan" menawarkan lanskap menakjubkan di ketinggian 1700 mdpl. Tanpa bermaksud berlebihan, panorama di sini memang berlebihan. Hamparan perkebunan dengan kontur khas lembah begitu sedap di pandang.

Tidak butuh waktu lama, salah satunya berkat eksistensi sosial media, kawasan perkebunan ini pun mendapat label baru sebagai "tempat wisata". Dan, menjadi salah satu spot paling instagramable di Batu dan Malang. Ideal bagi traveler milenial yang suka selfie, cocok juga bagi para penggemar landscape photography.

Setiap jengkal area berpijak di Brakseng Batu adalah spot foto, tiap sudutnya pun mewakili view point. Pemandangan alam dengan dominasi hijau tersaji 360 derajat. Sejauh memandang, hanya keindahan. Tanpa penghalang, kecuali benteng pegunungan yang tinggi menjulang. Gunung Arjuno menjadi latar tertinggi di sana.

Berkunjung ke Puncak Brakseng Batu, sobat bisa leluasa menjelajah. Menikmati indahnya alam dengan hawa yang sejuk menenangkan. Bahkan, hampir sepanjang berkendara sekira 20 km dari pusat kota Batu, elok alam selalu mengiringi. Demikianlah adanya, Kota Wisata Batu memang terlanjur cantik dari sananya.

Selain memuaskan diri dengan foto berlatar perkebunan sayur, di wisata Brakseng Anda bisa juga mencoba lebih dekat dengan petani. Beragam jenis sayuran mereka tanam, ada wortel, kentang, kubis, brokoli, juga bunga hortensia. Mumpung di Brakseng, bisa juga jika ingin berendam air panas di Cangar Hot Spring.

Suka mendaki gunung? Desa Sumber Brantas tempat Puncak Brakseng dan pemandian air panas Cangar juga merupakan jalur alternatif pendakian ke pegunungan Arjuno-Welirang. Gunung Arjuno (3.339 mdpl) adalah yang tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru. Tempat perizinannya tidak jauh dari Cangar.

Rute Lokasi Brakseng Cangar
credit: instagram.com/indraiswanto84

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Wisata Brakseng di Kota Batu merupakan hasil kerja sama sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan masyarakat setempat. Untuk saat ini, akses jalannya sudah cukup bagus dengan sebagian besar berupa konblok. Cocok untuk gowes, motor dan mobil pun bisa sampai atas.

Meski termasuk tempat wisata baru di Batu Malang, di sekitar lokasi Puncak Brakseng sudah ada beberapa warung makanan. Bahkan ada kafe tempat nongkrong dan ngopi di tengah perkebunan. Kafe tersebut juga punya lahan parkir yang luas. Bagaimana dengan harga tiket masuk Brakseng? tidak ada biaya, alias gratis.

Harga Tiket Masuk Brakseng
credit: instagram.com/fitrafputra

Rute Lokasi Wisata Brakseng Batu

Puncak Brakseng "Negri di Atas Awan" lokasinya berada di Kawasan Brakseng, Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kurang lebih 20 km atau sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota Batu. Rute objek wisata ini satu arah dengan objek wisata air terjun Coban Talun dan Taman Rekreasi Selecta.

Meski rutenya cukup panjang, namun akses untuk mencapainya sangatlah mudah. Jalannya bagus dan beraspal hingga Desa Sumber Brantas. Hanya saja jalannya berliku-liku, banyak tikungan. Anda cukup gunakan Google Maps. Dari arah Batu, pintu masuk ke Brakseng ada di sisi kanan jalan sebelum objek wisata Cangar.

Selain dari Kota Batu, Anda juga bisa mencapai Brakseng Cangar dari Pacet, Mojokerto. Namun, rute Pacet yang mengarah ke Batu Malang terkenal ekstrem. Jika memakai rute ini, hati-hati dan pastikan kendaraan Anda ideal untuk medan naik turun. Rute Pacet ke Brakseng jaraknya hampir sama dengan rute dari Kota Batu.