Wisata di Jakarta - 10+ Tempat Menarik Buat Liburan di DKI Jakarta

Ada rencana liburan ke Jakarta? sebuah ide bagus karena ibukota Indonesia ini memiliki segudang objek wisata. Ada banyak tempat piknik di Jakarta yang menarik, wisata alam, sejarah, hingga beberapa spot yang instagramable. Intinya, aneka tempat wisata di Jakarta telah siap menyambut siapa saja, termasuk Anda.

Wisata di Jakarta
credit: unsplash.com/@fuadnajib

Saking banyaknya tempat liburan di Jakarta, perlu kiranya memfilter tujuan agar mendekati ekspektasi wisata Anda. Untuk itu artikel ini ada. Di bawah ini telah tersedia daftar rekomendasi tempat wisata di Jakarta. Daftar spot terbaik dan populer sebagai gambaran awal sebelum Anda benar-benar berangkat ke DKI Jakarta.

Wisata Jakarta Aquarium dan Safari

Jakarta Aquarium dan Safari
credit: baka_neko_baka, CC BY 2.0

Jakarta Aquarium dan Safari termasuk salah satu destinasi wisata populer di DKI Jakarta. Anda wajib mengunjunginya, terlebih jika kali ini adalah liburan keluarga bersama anak-anak. Di sini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan hewan akuatik maupun non-akuatik, bisa menyentuhnya hingga memberi makan.

Jakarta Aquarium & Safari adalah akuarium indoor terbesar di Indonesia. Menempati lahan satu hektar, kawasan konservasi ini mengoleksi 3500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Selain bisa berinteraksi, melalui seorang pemandu, Anda juga bisa mendapat informasi detail terkait hewan-hewan di sini.

HTMIDR 115K-225K
LokasiNeo Soho Mall, Tj. Duren Sel., Grogol petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Wisata Hutan Mangrove di Jakarta

Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta
credit: unsplash.com/@dapiki

Ingin wisata alam di Jakarta? datangi Taman Mangrove Jakarta atau TWA Angke Kapuk di kawasan hutan Angke Kapuk, Jakarta Utara. Tempat jalan jalan di Jakarta yang ideal jika Anda ingin menikmati suasana sejuk dengan beraneka koleksi mangrove dan ragam fauna. Area kawasan konservasi ini luasnya 99,82 ha.

Karena tujuan dari kawasan ini, salah satunya untuk pariwisata dan rekreasi alam, di sini juga telah tersedia beberapa wahana wisata air. Anda bisa jelajahi perairan hutan bakau dengan speed boat, perahu dayung, sepeda air, dan kano. Bisa juga jalan-jalan menyusuri jembatan kayu, dan temukanlah spot-spot terbaiknya.

HTMIDR 15K-35K
LokasiKamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta

Wisata Desa Setu Babakan Jakarta

Wisata Budaya di Setu Babakan
credit: Seika, CC BY 2.0

Akan menjadi menarik jika liburan di Jakarta menyempatkan diri mampir ke Setu Babakan. Di desa wisata inilah wisatawan bisa lebih dekat berinteraksi dengan budaya asli Betawi. Anda bisa menyaksikan ragam pagelaran seni khas Betawi, mencicipi kuliner tradisional khas Betawi, wisata kerajinan, hingga wisata agro.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan juga memiliki sejumlah spot atraksi wisata. Ada Replika Kampung Betawi, Rumah Adat, Rumah Makan khas Betawi, Museum Betawi, serta Amfiteater. Desa ini juga mencakup dua setu (danau) yang dilengkapi dengan wahana air, seperti kano, sepeda air, memancing, dll.

HTMGratis
LokasiSrengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Peta

Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta

Taman Ismail Marzuki Jakarta
credit: rakyan 'boyan' tantular, CC BY-NC-ND 2.0

Mengunjungi Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah ide yang bagus, terutama jika Anda memiliki ketertarikan dengan seni. Dengan luas area 9 hektar, TIM meliputi sanggar baru, ragam jenis teater, Galeri Cipta, dan Graha Bakti Budaya. TIM merupakan pusat kesenian yang memamerkan karya-karya seniman Indonesia.

Selain itu, TIM juga mencakup perpustakaan, Arsip Jayakarta, Institut Kesenian Jakarta, Pusat Dokumentasi Sastra, Bioskop 21. Serta, Planetarium Jakarta sebagai sarana wisata edukasi perbintangan dan benda-benda langit. Jalan-jalan di TIM juga jangan lupa berburu buku-buku sejarah lawas di Galeri Bengkel Buku.

HTMIDR 5K-500K
LokasiCikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah
credit: Mark爱生活, CC BY-NC-ND 2.0

Tempat piknik terbaik di Jakarta, pasti juga mencakup TMII. Destinasi wisata ikonik yang memamerkan ragam kebudayaan Indonesia dalam rupa museum, taman, hingga replika pemandangan terkenal. Hanya dengan jalan-jalan di Taman Mini, pengunjung seolah-olah sudah liburan menjelajahi seluruh Indonesia.

Tidak hanya memamerkan ragam tradisi dan budaya, TMII juga memiliki danau yang indah lengkap dengan gambaran pulau-pulau yang ada di Indonesia. Atraksi wisata lain di TMII termasuk wahana kereta gantung, Theater IMAX, waterpark, dan lain sebagainya. Intinya, TMII benar-benar menyibukkan wisata Anda.

HTMIDR 20K
LokasiKota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Peta

Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta
credit: unsplash.com/@hsbg99

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol tetaplah menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di DKI Jakarta. Pasalnya, ini adalah tempat rekreasi terbesar di Indonesia yang juga menjadi tujuan utama wisatawan berlibur di Jakarta. Khususnya bagi Anda yang baru kali ini piknik ke Jakarta, Ancol merupakan pilihan wisata terbaik.

Kawasan ini mencakup banyak sekali tempat wisata yang ideal untuk liburan keluarga. Bisa menikmati keceriaan di Dufan, Ocean Dream, Seaworld Ancol, Atlantis Water Adventure, Faunaland, Augustine Phinisi. Atau, mencoba serunya wahana Gondola Ancol. Jangan lupa jalan jalan di Alianz Ecopark dan Pantai Ancol.

HTMIDR 25K-225K
LokasiAncol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Peta

Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta

Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta
credit: unsplash.com/@agnisyulia

Mengunjungi Kota Tua adalah ide yang bagus. Tempat jalan jalan terbaik di Jakarta dengan daya tarik tersendiri melalui aneka bangunan bersejarah. Banyak museum di area Kota Tua yang bangunannya adalah bekas peninggalan Belanda. Karena itu, Kota Tua juga terkenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia).

Selain ideal sebagai tempat jalan-jalan, Kota Tua juga cocok untuk tempat hunting foto di Jakarta. Jika suka selfie, banyak sekali spot instagramable di sini. Area ikonik di Kota Tua Jakarta adalah Taman Fatahillah yang luas dikelilingi Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, dan Museum Seni Rupa dan Tekstil.

HTMIDR 2K-5K (museum)
LokasiMangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Kebun Binatang Ragunan di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan
credit: unsplash.com/@sachi_202020

Taman Margasatwa Ragunan adalah tempat wisata legendaris di Jakarta Selatan. Hadir sebagai taman hutan hujan yang mengoleksi beraneka satwa, mulai dari mamalia, reptil, aves, serta pisces. Serta, koleksi ragam jenis flora. Di Ragunan ada juga pusat primata, taman satwa anak, taman refleksi, dan sarana rekreasi.

Dengan luas area 147 hektar, koleksi satwa di Ragunan mencapai 2101 ekor satwa dari 220 spesies. Karena juga rimbun oleh aneka jenis tanaman, suasananya pun teduh. Selain itu, di dekatnya juga ada Taman Anggrek Ragunan, sebuah area terbuka untuk jalan jalan santai. Wisata kuliner pun banyak pilihannya di Ragunan.

HTMIDR 3K-4K
LokasiRagunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Peta

Wisata Monas (Monumen Nasional)

Tugu Monas Monumen Nasional
credit: unsplash.com/@fuadnajib

Selain Ragunan, opsi objek wisata legendaris murah meriah di Jakarta adalah Tugu Monas. Monumen Nasional adalah landmark paling terkenal di Indonesia. Jika liburan Anda kali ini adalah yang pertama kalinya ke Jakarta, tidak lengkap tanpa mampir ke Monas. Foto berlatar Monas seolah wajib untuk dilakukan.

Selain itu, banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Lapangan Medan Merdeka, tempat Monas berada. Mengunjungi Museum Monas, ke Ruang Kemerdekaan yang ada di cawan Monas. Atau, naik pelataran puncak dan lihat lanskap Jakarta dari atas. Selain itu, ada juga taman yang berisi puluhan rusa tutul.

HTMIDR 2K-15K
LokasiGambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peta

Wisata Museum Macan di Jakarta

Wisata Museum Macan di Jakarta
credit: www.museummacan.org

Sebagai ibukota Indonesia, tempat wisata di Jakarta lebih banyak yang berupa museum dan bangunan bersejarah. Di Jakarta, salah satu museum yang wajib dikunjungi adalah Museum Macan. Tak ada kaitannya dengan macan, ini adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN).

Siapapun Anda yang menyukai seni, datangi museum ini dan nikmati ragam koleksi seni modern dan kontemporer. Bahkan, tempat ini juga cocok bagi siapapun yang mencari tempat instagramable di Jakarta. Dengan fasilitas seluas 7100 meter, Museum Macan mencakup ruang pendidikan dan konservasi.

HTMIDR 80K-100K
LokasiAKR Tower, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Peta

Jelajah Pulau di Kepulauan Seribu

Pulau di Kepulauan Seribu Jakarta
credit: instagram.com/ra.motomoto

Lebih suka wisata alam? di area DKI Jakarta, destinasi wisata alam terbaik adalah wisata Kepulauan Seribu. Di kepulauan inilah Anda bisa sepenuhnya menikmati alam jauh dari hiruk pikuk pusat ibukota. Sebagai salah satu destinasi wisata bahari terkenal di Indonesia, Kepulauan Seribu kaya aktivitas dan wahana watersports.

Anda bisa memulainya dengan menyeberang dari perlabuhan di Muara Angke atau naik fast boat di Dermaga Marina Ancol. Pulau Tidung adalah tujuan paling populer di Pulau Seribu. Jika suka snorkeling dan diving, bisa ke Pulau Harapan. Ke Pulau Pramuka juga tujuan yang bagus, atau camping di pantainya Pulau Pari.


Demikian daftar tempat wisata terbaik dan terpopuler di Jakarta. Tentu, yang tersebut di atas hanya sebagian kecil, belum mencakup semua tempat piknik di Jakarta. Untuk objek wisata alam Jakarta, baca juga Pulau Terbaik di Kepulauan Seribu. Butuh tempat menginap di Jakarta? gunakanlah fitur Cari Hotel di sisi kanan.

0 Comments

Posting Komentar