Air Terjun Kerta Gangga - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Pulau Lombok, NTB selalu punya banyak cerita wisata. Setiap sudut alamnya akan memberi inspirasi kisah perjalanan, sembari tetap membiarkan siapapun terpesona. Jika sobat sudah punya rencana berkunjung, anggap saja ini menu pembuka. Sajian maya tentang salah satu bagian nyata eksotika Pulau Lombok, yakni Air Terjun Kerta Gangga.

Air Terjun Kerta Gangga Lombok
credit: instagram.com/nirwanmulyawardana

Berbicara mengenai air terjun ini berarti membahas tentang tiga air terjun sekaligus. Tentu, suasana alam pegunungan tetap mendominasi. Komposisi hijau sedemikian rupa mengisyaratkan kesejukan dan kedamaian khas dataran tinggi. Air terjun pertama cukup tinggi, punya kemiringan berkisar 45 derajat dengan permukaan kolam berair dangkal.

Air terjun yang kedua seolah berada di dalam goa. Sangat eksotis terlindung oleh tebing-tebing curam dengan kolam panjang yang menantang. Adapun yang ketiga merupakan terusan aliran air terjun yang kedua. Lokasinya cukup jauh dan harus memutar menurun melintasi persawahan. Butuh energi petualangan berlebih untuk bisa menikmatinya.

Aktivitas di Air Terjun Kerta Gangga

Adalah ide bagus mempersiapkan banyak rasa takjub sejak beranjak dari Tanjung (pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara) ke Desa Gondang. Nikmati perjalanan sejauh kurang lebih 7 km melalui jalan beraspal berkelok-kelok naik dan turun. Di sepanjang perjalanan, lanskap barisan bukit nan hijau berlatar birunya lautan senantiasa tersaji.

Hanya saja, jangan terlalu terlena, tetap perhatikan jalannya. Perjalanan akan lebih menantang ketika sampai di Dusun Kerta dengan akses jalan yang sangat khas daerah pegunungan. Setidaknya 2 km lagi untuk sampai di pintu masuk air terjun ini. Tetap hati-hati, menurun dan menanjak hingga saat berbelok ke kiri menuju area parkir.

Bersiaplah trekking sambil menikmati sajian alam yang menakjubkan. Melintas persawahan, memasuki hutan dengan latar air terjun pertama dan kedua. Air terjun pertama semakin terasa dekat saat Anda tiba di anak tangga yang cukup panjang. Di sekitarnya ada dua berugak berlantai keramik beratap merah. Anda bisa istirahat di sana.

Air terjun pertama akan menghibur letihnya perjalanan dengan pesona alamnya, terutama dari arah timur. Terlihat hamparan persawahan bak lukisan berbenteng perbukitan berlatar birunya laut Jawa. Bahkan jika cuaca bagus, sekilas Anda bisa menyaksikan tiga Pulau Gili yang terkenal dari air terjun ini, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Karena kemiringannya mencapai 45 derajat, tebing air terjun bisa Anda daki tanpa alat bantu pendakian. Naiklah untuk meluapkan ketakjuban. Bukanlah ide buruk jika sesekali menceburkan diri di kolam dangkalnya, sebelum ke air terjun kedua. Berjalanlah sebentar, menyeberang kolam, lewati tebing bebatuan hingga tiba di lorong jembatan besi.

Berhentilah sejenak, nikmati panorama. Air terjun kedua mengesankan dominasi tebing curam, seolah berada di dalam goa. Kolam airnya panjang, menantang, dan memicu andrenalin siapa saja. Puaskan gairah wisata sembari memastikan energi untuk berlanjut ke air terjun ketiga. Dan, bersiaplah melintasi persawahan dan nikmati pesonanya.

Harga Tiket Air Terjun Kerta Gangga
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Wisata ir terjun ini masih sangat alami dan belum terkelola dengan baik. Karena itu, fasilitasnya masih belum memadai. Akses jalan mendekati lokasi parkir pun kurang bagus. Fasilitas umumnya ada di area parkir. Di sana, ada beberapa warung dan penjual buah-buahan. Sebelum melakukan perjalanan, siapkanlah perbekalan, setidaknya air mineral.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 5.000
ParkirRp 3.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Lokasi Kerta Gangga Waterfalls
credit: instagram.com/nirwanmulyawardana

Rute Lokasi Air Terjun Kerta Gangga

Air terjun Kerta Gangga berjarak kurang lebih 45 km ke utara dari Mataram. Butuh sekira 1,5 jam berkendara. Jalannya beraspal, tapi tak lebar dan banyak tikungan tajam, naik dan turun. Dari pusat Kecamatan Gangga, air terjun berjarak sekitar 7 km. Kira-kira rutenya adalah Mataram-Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Untuk mencapai air terjun, jalanan relatif baik dan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan mulai kurang bagus saat 2 km terakhir menjelang tiba di lokasi. Setibanya di area parkir, lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jaraknya kurang dari 1 km atau sekitar 10 menit trekking ke air terjun pertama. Gunakan Peta Lokasi