Air Terjun di Lombok Tengah, 7 Air Terjun Terindah dan Tersembunyi

Pilihan wisata alam di Lombok Tengah bukan hanya tentang jajaran pantai indah di sisi selatannya. Lebih dari itu, banyak opsi objek wisata air terjun di Lombok Tengah yang juga mempesona. Jadi, tidak ada alasan bagi seorang traveller berhenti menjelajahi Pulau Lombok. Persiapkan segala yang Anda butuhkan dan bersegeralah ke Lombok Tengah.

Air Terjun di Lombok Tengah
credit: Credit: Erwin Prastowo, CC BY 3.0

Meskipun mungkin tak setinggi dan sebanyak di wilayah Nusa Tenggara Barat lainnya, air terjun di kabupaten Lombok Tengah cukup beragam. Sebagian telah terkenal, Namun sebagian besar lainnya masih tersembunyi, masih perawan dan jarang dikunjungi. Sebagai pengantar petualangan, berikut 7 air terjun di Lombok Tengah nan elok menawan.

Air Terjun Batu Janggot di Desa Aik Berik

Air Terjun Batu Janggot Lombok Tengah
credit: instagram.com/adhy_nata

Berlokasi di hutan desa Aik Berik, Batu Janggot cukup tersembunyi dengan akses jalan yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Meski demikian, lokasinya sudah tertata dengan baik. Selain lahan parkir, Anda juga bisa menemukan beberapa penjual makanan. Dan, beberapa spot berswafoto serta wahana outbound berupa flying fox.

Meski kurang terkenal, Air Terjun Batu Janggot sangat indah. Unik karena seolah berada di bawah tanah. Terdapat sejumlah tangga kayu menuruni tebingnya. Aliran airnya dangkal dan jernih dengan kolam hutan yang ideal untuk berendam. Selain pesona air terjunnya, keindahan alamnya juga diperkaya oleh rembesan dan percikan air di tebing .

Lokasi: Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB
Tiket Masuk: Rp5.000 (parkir), Rp10.000 - Rp15.000 (flying fox)

Titian Batu Kawangan di Lombok Tengah

Air Terjun Titian Batu Kawangan
credit: instagram.com/vian.inside

Sejak ditemukan sekitar tahun 2016, Air Terjun Titian Batu Kawangan menjadi salah satu alternatif wisata alam baru di Lombok Tengah. Lokasinya lebih tersembunyi karena harus melalui jalan setapak yang panjang dan sepi melewati perkebunan kopi. Jika berminat, saran terbaik adalah mengunjunginya beramai-ramai, biar merasa tenang dan aman.

Berada di balik bukit di hutan desa Lantan, air terjun ini menghadirkan nuansa alam yang cenderung alami. Hijau pepohonan dan tetumbuhan masih sangat lebat menyelimuti. Sejuk suasananya, jernih segar airnya. Sayangnya, belum ada fasilitas di areanya. Hati-hati jika datang di musim penghujan, karena debit air sangat besar, rawan banjir.

Lokasi: Desa Lantan, Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Wisata Air Terjun Benang Stokel Lombok

Wisata Benang Stokel Waterfall
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Desa Aik Berik merupakan surga air terjun di Kabupaten Lombok Tengah. Selain Air Terjun Batu Janggot yang mengawali daftar ini, banyak air terjun lain di sana. Bahkan, objek wisata air terjun terkenal di Lombok Tengah ada di desa ini, Air Terjun Benang Stokel salah satunya. Indah dengan beberapa terjunan air dari tebing setinggi 30 meteran.

"benang stokel" berarti segumpal benang. Dinamakan seperti itu karena bentuk air terjunnya menyerupai benang yang terikat menyatu. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, legenda menyebutkan di sinilah tempat mandi Dewi Anjani. Konon menurut kepercayaan, tiap kali orang mandi di sini akan terlihat satu tahun lebih muda.

Lokasi: Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Peta
Tiket Masuk: Rp5.000 (orang), Rp 2.000 - 5.000 (parkir), ± Rp35.000 (ojek)

Air Terjun Benang Kelambu Lombok NTB

Air Terjun Benang Kelambu di Lombok
credit: instagram.com/lalu_puri_

Berada di satu wilayah dan merupakan kelanjutan trip dari Air Terjun Benang Stokel, ada Benang Kelambu yang berada di bagian hulunya. Berjarak kurang dari 1 km di atas Benang Stokel, Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun terkenal di Lombok, selain Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep di Kabupaten Lombok Utara.

Benang Kelambu sangat unik. Airnya terjun bak tirai (kelambu) dari sela-sela rindangnya pohon Gambung. Ada setidaknya 6 deret air tercurah menghias dominasi hijau dengan warna putih airnya. Sebuah sajian alam yang amat cantik yang terkenal hingga ke mancanegara. Fasilitas wisata di Benang Stokel dan Benang Kelambu sangat memadai.

Lokasi: Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Peta
Tiket Masuk: Rp5.000 (orang), Rp 2.000 - 5.000 (parkir), ± Rp35.000 (ojek)

Kliwon, Sesere, dan Pengkelep Udang

Air Terjun Kliwon Lombok Tengah
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Melengkapi koleksi air terjun di Desa Aik Berik, Air Terjun Pengkelep Udang berada di bawah aliran Benang Stokel. Dengan ketinggian mencapai 11 meter, air terjun ini sangat cocok bagi para penggemar jumping. Kolam penampungan airnya cukup dalam dengan warna air kehijau-hijauan. Berani meloncat dari ketinggian? datang dan lakukanlah.

Jika energi petualangan kali ini berlebih, lanjut dan masuki kedalaman hutan untuk menemukan air terjun bernama Kelewon. Lebih tinggi (sekitar 19 meter) dan lebih deras. Lebih sunyi dan lebih alami. Tidak jauh dari Air Terjun Kelewon, ada Air Terjun Sesere (15 m) yang juga cantik dengan kolam kecilnya. Gambar di atas adalah Air Terjun Kliwon.

Lokasi: (Kelewon/Sesere) Paok Motoh, Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah. Peta
Tiket Masuk: -

Air Terjun Babak Pelangi Lombok Tengah

Air Terjun Babak Pelangi
credit: instagram.com/lalu_puri_

Air Terjun Babak Pelangi merupakan opsi lain dalam jajaran air terjun di Desa Lantan. Desa ini juga kaya akan air terjun, namun kebanyakan belum banyak terjamah dan dibutuhkan banyak perjuangan untuk mencapainya. Adapun Air Terjun Babak Pelangi termasuk satu yang paling mudah diakses. Lokasinya di hutan dan masuk wilayah Dusun Rerante.

Dengan ketinggian air terjun sekitar 10 meter, airnya terjun deras hampir di setiap musim. Terbentuklah kolam penampungan alami yang cukup luas dengan kedalaman terdalam mencapai 2,5 meter. Berenang atau berendam merupakan aktivitas tanpa harus dipinta bagi traveler yang mengunjunginya. Datang berbekal etika dan bersenang-senanglah.

Lokasi: Rerante, Lantan, Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Air Terjun Lembah Sriti di Lombok Tengah

Air Terjun Sriti di Lombok
credit: instagram.com/laluzeka_jaya

Di penghujung daftar air terjun ini, ada Air Terjun Lembah Sriti yang juga berada di wilayah Desa Lantan. Lokasinya terletak cukup dekat dengan Air Terjun Babak Pelangi. Hanya perlu trekking sekitar 15 menit untuk sampai. Air terjun ini berada di bawah jurang dengan akses menuruni tebing yang terjal dan melalui tangga darurat yang licin, hati-hati!

Meski butuh perjuangan untuk mencapainya, keunikan eksotika Air Terjun Lembah Sriti sekiranya mampu membayar lunas, bahkan berlebih jerih payah siapa saja yang mengunjunginya. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang terjun dari tebing yang tinggi, air terjun ini mengucur di dalam goa. Basah menjadi wajib jika mengunjunginya.

Lokasi: Desa Lantan, Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB. Peta
Tiket Masuk: -

Jadi, apa yang sobat tunggu? kemasi barangmu, segera pergi ke Lombok Tengah. Masuki kesadaran yang paling dalam bahwa sesungguhnya alam sedemikian rupa memanjakanmu. Lalu? ingatlah Sang Pencipta dan bersyukurlah! Jika daftar ini belum mencukupi, bisa melebar juga ke utara. Lihat daftar Air Terjun di Lombok Utara.