Dusun Bambu Bandung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Banyak opsi wisata menarik di Bandung yang bisa Anda jadikan destinasi liburan keluarga kali ini. Khususnya di area Lembang, Floating Market Lembang dan The Great Asia Africa termasuk tempat wisata favorit dalam hal ini. Selain itu di sekitar Lembang, juga ada Dusun Bambu Leisure Park yang tak kalah viralnya.

Dusun Bambu Leisure Park
credit: M Reza Faisal, CC BY-NC-ND 2.0

Terutama jika suka wisata bertemakan alam, Dusun Bambu Bandung adalah tempat wisata terbaik untuk Anda. Lokasinya di Jl. Masturi KM. 11, Kartawangi, Cisarua, Bandung Barat. Untuk memperkaya informasi terkait tempat ini, ketahui daya tarik, harga tiket, jam buka, fasilitas, dan rutenya melalui info berikut ini.

Daya Tarik Wisata Dusun Bambu

Hadir mengusung konsep wisata sehat, yakni Private Sanctuary Lifestyle, objek wisata yang berbasis ecotourism ini memadukan eksotika budaya tradisional dan keindahan alam Jawa Barat. Cocok bagi Anda yang mencari tempat retreat. Suasana nan nyaman dan damai khas pedesaan kental mendominasi tempat ini.

Kawasan wisata ini merupakan kawasan konservasi bambu yang bermula dari tahun 2008. Sejumlah pengusaha berusaha merawat lahan pertanian yang awalnya terbengkalai setelah musim panen. Di lahan seluas 15 hektar tersebut, mereka mencoba menciptakan kawasan hijau dengan menanam lebih dari 100.000 bibit pohon.

Berawal dari ide dan upaya itulah, Dusun Bambu Family Leisure Park terkenal hingga saat ini. Atmosfirnya terkesan vintage dan unik karena konsep tradisional Sunda hadir dalam nuansa yang modern dan kontemporer. Menjadi semacam destinasi one stop holiday dengan berbagai fitur penunjang aktivitas wisatawan.

Aktivitas Liburan Menarik

Di tempat ini Anda bisa piknik bersama keluarga dan melakukan banyak hal yang menyenangkan. Jalan-jalan santai, bersepeda, naik e-scooter, mencicipi kuliner tradisional, hingga menginap dalam atmosfir alam pedesaan Sunda yang menenangkan. Bahkan, di kawasan wisata Dusun Bambu Lembang juga ada replika pedesaan tradisional.

Di sini ada danau, jangan lupa naik sampan Sangkuriang. Anak-anak bisa bermain dengan kelinci di sebuah labirin bernama Rabbit Wonderland. Atau, biarkan mereka puas bermain di Bamboo Play Ground dan Anda bisa bersantai di Hammock Tower. Bisa juga belajar menari, naik kuda, atau wisata belanja di Pasar Khatulistiwa, dll.

Fitur Glamping dan Kuliner

Dusun Bambu Bandung merupakan outdoor dining resort dengan fitur kontemporer dalam balutan kearifan lokal yang khas. Anda bisa memanjakan lidah di sejumlah restoran dan kafe unik dengan menu kuliner nan beragam. Apabila ingin mencicipi aneka makanan asia dan western, Anda bisa mampir ke restoran Burangrang.

Lalu, ada restoran Lembur Urang yang menyajikan kuliner bebek dan kuliner tradisional Bali. Jika lebih suka dengan kuliner Sunda dan Seafood, pengunjung bisa menikmatinya di restoran Purbasari dan Lutung Kasarung yang juga mencakup kafe. Kafenya unik karena berupa rumah pohon nan indah, seperti sarang burung.

Selebihnya apabila ingin menginap, ada beberapa jenis penginapan yang menawarkan pengalaman berbeda. Sayang Heulang menjadi opsi glamping bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan alam. Selanjutnya, ada cottage Kampung Layung yang ideal untuk keluarga dengan suasana desa namun berfasilitas modern.

Fasilitas Wisata Dusun Bambu Bandung
credit: unsplash.com/@alea_film

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Jam Buka Dusun Bambu Bandung: setiap hari, pukul 10:00 - 20:00 WIB
KeteranganHarga
Tiket Masuk Dusun BambuWeekdayRp. 25.000
WeekendRp. 30.000
Biaya Parkir KendaraanMotorRp. 5.000
MobilRp. 10.000
BusRp. 25.000
Biaya Wisata yang LainnyaPlaygroundRp. 50.000
E-ScooterRp. 20.000
SampanRp. 20.000
Makanan/MinumanRp. 10.000-800.000
Note: harga tiket masuk yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat, karena bisa berubah sewaktu-waktu. Harga di atas mulai berlaku untuk usia 3 tahun ke atas
Harga Tiket Dusun Bambu Lembang
credit: Anton Diaz, CC BY-NC-SA 2.0

Rute Dusun Bambu Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park beralamat di Jl. Kolonel Masturi No.KM. 11, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya berjarak dekat dengan Curug Cimahi atau Curug Pelangi Cimahi yang terkenal. Dari pusat Kota Bandung, jaraknya kurang lebih 20 kilometer atau 50 menit perjalanan berkendara.

Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk mencapainya. Dari pintu keluar Tol Pasteur, lanjutkan saja berkendara ke arah Ledeng-Lembang atau Ledeng-Jalan Sersan Sodik hingga masuk ke Jalan Kolonel Masturi. Adapun dari tol Padalarang, teruskan ke arah Cimahi untuk kemudian lanjut ke Jalan Kolonel Masturi.

Selain rute melalui jalan tol, ada juga rute alternatif untuk mencapai tempat wisata ini. Salah satunya dari Bandung lanjut ke Jl. Gegerkalong Girang lalu ke Jalan Cihanjuang dan masuk ke Parongpong hingga tiba di Dusun Bambu. Atau, dari Gegerkalong Girang langsung ke Ciwaruga dan Parongpong. Lihat Peta Lokasi.