Wisata Alam Kalibiru Jogja - Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Banyak pilihan destinasi wisata alam di Jogja. Bahkan, kebanyakan tempat wisata kekinian Jogja seperti HeHa Sky View dan Obelix Hills pun viral berkat latar pemandangan alamnya. Selain itu, ada juga Wisata Alam Kalibiru yang cukup ikonik mewakili tempat wisata selfie di Yogyakarta. Anda pun wajib mengunjunginya.

Wisata Alam Kalibiru Jogja
credit: pixabay.com/sendywulandh

Kalibiru merujuk pada sebuah desa wisata di sisi barat Yogyakarta yang merupakan bagian dari kawasan Pegunungan Menoreh. Desa ini berlokasi di wilayah Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Ketahui daya tarik wisata, fasilitas, harga tiket masuk, serta rute Wisata Alam Kalibiru melalui info wisata berikut ini.

Daya Tarik Wisata Alam Kalibiru Jogja

Wisata Kalibiru merupakan destinasi andalan Kabupaten Kulon Progo, selain Pantai Glagah Indah. Berada di ketinggian 450 mdpl, tempat wisata ini menyajikan elok alam Pegunungan Menoreh yang hijau rindang. Sementara itu di kejauhan, Waduk Sermo nan tenang semakin melengkapi eksotika pemandangan alamnya.

Desa Wisata Kalibiru adalah hasil dari proses panjang upaya masyarakat setempat dalam memulihkan hutan yang dulu sempat tandus dan gersang. Begitulah adanya hingga hutan ini kemudian tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Serta, ikut menggerakkan perekonomian dan menjadi sumber penghidupan warga sekitar.

Indahnya pemandangan alam di Desa Wisata Kalibiru Jogja bisa pengunjung nikmati setiap waktu. Tapi, waktu terbaik adalah saat musim hujan maupun setelahnya karena ketika itulah pemandangan hutan terlihat hijau sempurna. Panoramanya makin indah, terlebih jika Anda berkunjung di sore hari atau menjelang senja.

Spot terbaik Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta adalah pohon pinus yang tinggi menjulang di tepi jurang. Di pohon tersebut telah terpasang papan kayu sebagai tempat menikmati indah alam sekaligus spot foto paling ikonik di sini. Wisatawan bisa mencapainya melalui tangga gantung yang telah disediakan oleh pengelola

Untuk menunjang aktivitas pengunjung, pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa wahana wisata. Anda bisa menguji adrenalin dengan mencoba salah satu wahana outbond seperti flying fox dan high ripe. Selain itu, ada juga jalur trekking jika ingin menjelajahi hutan. Jalur trekkingnya mulai dari 2 km hingga 5 km

Harga Tiket Masuk Wisata Kalibiru Yogyakarta
credit: piqsels.com/id

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas di Wisata Kalibiru Yogyakarta sudah bagus, lengkap, dan memadai. Untuk fasilitas umum, telah tersedia beberapa kamar mandi atau toilet bersih, lahan parkir kendaraan pun luas. Ada tempat ibadah berupa mushola dan warung dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, ada opsi homestay untuk menginap.

Wisatawan yang ingin mengabadikan momen berlatarkan indahnya alam, tersedia spot foto yang cukup beragam, termasuk menara atau gardu pandang. Harga setiap spot berkisar Rp. 15.000-35.000. Sedangkan harga tiket masuk Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta sebesar Rp. 5.000 dan parkir kendaraan sebesar Rp. 5000.

Jam Buka Wisata Kalibiru Jogja : Setiap Hari, pukul 08:00 - 16:00
Rute Lokasi Wisata Alam Kalibiru Jogja
credit: pixabay.com/sendywulandh

Rute Lokasi Wisata Kalibiru Yogyakarta

Berjarak kurang lebih 35 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Wisata Alam Kalibiru berada di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Lihat Peta Lokasi. Butuh sekitar 1 jam durasi berkendara dari Kota Jogja untuk mencapai tempat wisata Kalibiru Jogja. Meski beraspal bagus, jalannya berkelok-kelok naik dan turun.

Dari Yogyakarta, rute ke Wisata Alam Kalibiru terpopuler adalah Rute Sermo. Rute ini akan melewati Sentolo dan Pengasih. Lanjutkan ke arah Alun Alun Wates, RSUD Wates, Beji, lalu Sermo, dan terakhir Desa Wisata Kalibiru. Rute lain adalah Clereng. Dari Sentolo dan Pengasih belok ke kanan menuju Clereng hingga tiba di Desa Wisata Kalibiru.