Pantai Wediombo Jogja - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Selain Pantai Parangtritis di Bantul, pantai di Gunung Kidul turut memperkaya wisata alam Yogyakarta. Puluhan pantai tersebar di sana dan masing-masing memiliki pesona yang khas. Pantai Wediombo adalah satu yang mengagumkan dan masuk dalam daftar 13 tempat Cagar Alam Dunia UNESCO Gunung Sewu.

Pantai Wediombo Yogyakarta
credit: piqsels.com

Jika suka pantai, Wediombo Beach adalah salah satu yang wajib dikunjungi di Jogja. Secara administratif lokasi pantainya berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terkait daya tarik, rute, fasilitas, harga tiket masuk Pantai Wediombo, Anda bisa membaca info wisata di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo

Sesuai namanya, Wedi dalam bahasa Jawa berarti pasir dan ombo berarti luas. Ini berarti Pantai Wedi Ombo memiliki hamparan pasir nan luas. Tak hanya itu, perpaduan pasir vulkanik dan organik nampak indah, sementara batuan vulkanik, riolit, adesit, dan gamping dari fasies gunung berapi turut menyempurnakannya.

Begitulah adanya, sejarah pantai di Jogja satu ini memang erat kaitannya dengan proses vulkanis. Ada anggapan bahwa pantai ini adalah bekas kawah gunung berapi yang tenggelam ke bawah permukaan laut. Bentuknya semi-circular yang meliputi sebuah teluk yang di sebelah baratnya terdapat kubah lava.

Sejarah panjang telah sedemikian rupa membentuk Pantai Wediombo. Menyajikan komposisi alam yang menawan berbenteng pegunungan karang dan pasir yang putih bersih. Adapun biru laut membentang hadir dengan gelombang air yang besar dan stabil. Tinggi ombaknya yang indah bisa sampai 3-4 meter.

Ombak merupakan salah satu daya tarik Pantai Wediombo, termasuk spot selancar favorit di Yogyakarta. Jika menyukainya, lakukanlah! penyewaan alat surfing pun tersedia. Menariknya, pecinta snorkeling pun bisa bersenang-senang karena ini adalah tempat konservasi perairan dengan keragaman hayati yang beragam.

Di bawah laut Pantai Wedi Ombo, gugusan terumbu karang yang terjaga lestari demikian menakjubkan dengan berbagai jenis ikan. Bahkan, pantai ini juga menjadi tempat bertelur penyu. Aktivitas menarik lainnya adalah memancing. Anda bisa leluasa memancing asalkan tidak merusak kekayaan alam yang dilindungi.

Salah satu spot paling ikonik di Wedi Ombo adalah kolam alami yang tersusun dari bebatuan karang. Dengan kedalaman 1,5 meter, kolam tersebut merupakan tempat berenang terbaik. Selebihnya lakukan apapun, termasuk camping atau sekedar bertahan hingga senja dan nikmati sunset indah di Pantai Wediombo.

Fasilitas Wisata di Pantai Wediombo Jogja
credit: Buyung Sukannada, CC BY-SA 4.0, cropped

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Pantai Wediombo merupakan objek wisata alam terkenal di Yogyakarta dengan fasilitas yang lengkap. Berbagai tempat kuliner tersedia di kawasannya. Selain itu, ada juga fasilitas berupa toilet atau kamar mandi, serta tempat beribadah berupa mushola yang terawat baik. Lahan parkirnya juga sangat luas.

Untuk menunjang aktivitas, di sekitar kawasan Pantai Wediombo Yogyakarta sudah ada penyewaan alat snorkeling. Biayanya mulai dari Rp 30.000 - 80.000. Alat surfing harganya sekira Rp 100.000. Lalu, sewa tenda untuk 4 orang kurang lebih Rp 35.000. Beberapa jenis penginapan pun telah tersedia di sekitar.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Wediombo? biaya tiketnya sangat murah, yakni Rp 5.000. Parkir motor Rp 3.000 dan parkir mobil Rp 10.000. Lokasi parkir kendaraan berada di atas, jadi perlu jalan kaki untuk mencapai pantai ini. Apabila membawa motor, bisa sedikit lebih dekat dengan pantainya.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo Jogja
credit: Nimasjaling, CC BY-SA 4.0

Rute Lokasi Pantai Wedi Ombo Jogja

Lokasi Pantai Wedi Ombo beralamat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai ini bertetangga dengan sejumlah pantai terkenal di Gunung Kidul, Pantai Siung salah satunya dan yang terdekat adalah Pantai Jungwok. Dari Kota Yogyakarta jaraknya sekira 73 kilometer 2 jam berkendara

Meskipun panjang, akses jalannya sudah bagus dengan medan yang mudah. Rute dari Jogja ke Pantai Wediombo bisa memulai dengan mengarahkan kendaraan ke Wonosari. Lanjut ke timur melewati Pasar Agrososro dan belok kanan saat tiba di Simpang Tiga setelah Pasar Wonosari. Rutenya sama dengan Pantai Baron.

Teruslah berkendara kurang lebih 10 kilometer atau hingga menemukan pertigaan yang mengarahkan ke Pantai Wediombo. Selanjutnya, tinggal ikuti jalan tersebut yang akan mengarahkan Anda ke Pasar Jepitu. Belok ke kanan di pertigaan yang ada di pasar tersebut. Ikuti jalan hingga tiba di lokasi. Lihat Peta Lokasi.