Pantai Bara Bulukumba - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Lokasi

Berada di ujung bagian selatan ibu kota Sulawesi Selatan, Kabupaten Bulukumba menyajikan wisata yang beragam. Bagi pecinta wisata alam, kota yang terkenal dengan julukan Panrita Lopi (ahli pembuat kapal) ini mengoleksi sejumlah pantai yang indah. Termasuk di antaranya adalah Pantai Bara yang mempesona.

Pantai Bara Bulukumba Sulawesi Selatan
credit: instagram.com/uchenklandscape

Apabila ada rencana liburan ke Sulawesi Selatan, Anda wajib mampir ke Bulukumba. Jelajahi pesisir pantai yang ada di sana. Memulai dari Pantai Tanjung Bira yang terkenal lalu melebar hingga ke Pantai Bara. Bisa dikatakan kedua pantai ini masih satu area. Bara Beach berlokasi di ujung paling kanan dari Tanjung Bira.

Daya Tarik Pantai Bara Bulukumba

Menjadi tetangga Pantai Bira atau Tanjung Bira yang demikian tersohor namanya, daya tarik Pantai Bara seolah tertutupi oleh popularitas tetangganya. Padahal keindahannya tidaklah kalah dengan Tanjung Bira. Sama-sama hadir dengan pasir putih dan lembut yang terhampar landai serta laut biru yang berair jernih.

Lantaran belum banyak yang tahu keberadaannya, Bara Beach Bulukumba menyandang julukan "Secret Beach" atau pantai tersembunyi. Justru keadaan ini memberi nilai lebih. Karena masih sepi, suasananya di pantai ini terasa nyaman. Cocok bagi wisatawan yang menghendaki ketenangan di masa-masa liburan.

Selain hamparan pasir benderang yang luas memanjang, pemandangan Pantai Bara di Bulukumba lebih alami dalam himpitan tebing karang eksotis. Jajaran pohon kelapa dengan kemiringan yang mencapai 45 derajat juga turut memperindahnya. Semakin indah ketika senja tiba, sunset di sini memanjakan mata.

Suasananya cenderung mengajak siapapun untuk bersantai. Anda bisa sepenuhnya menikmati keindahan alamnya seolah pantai pribadi. Pasir pantainya yang bersih turut mengundang Anda bermain di atasnya. Susuri pesisirnya, menjelajahlah agar menemukan keindahan pantai dari sudut pandang yang berbeda.

Dari Pantai Bara, di kejauhan terlihat Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Anda juga bisa mengunjungi kedua pulau itu dalam durasi sekira 20 menit dengan menyewa perahu atau kapal di pantai ini. Aktivitas menarik lainnya adalah snorkeling dan diving, mengagumi keindahan bawah laut Bara Beach Bulukumba.

Selebihnya jika durasi liburan kali ini panjang, Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda, camping di Pantai Bara. Intinya bertahanlah selama mungkin, setidaknya usahakan tak ketinggalan momen matahari terbenam. Dengan menginap, Anda juga berkesempatan menyaksikan pemandangan sunrise di pagi hari.

Fasilitas Wisata di Bara Beach Bulukumba Sulsel
credit: instagram.com/uchenklandscape

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Walaupun tak sepopuler Pantai Tanjung Bira, fasilitas di Pantai Bara Bulukumba juga lengkap memadai. Sebagai fitur penunjang, pengelola membuat sejumlah ayunan dengan memanfaatkan barisan pohon kelapa yang miring. Di bawah naungan pohon kelapa juga tersedia tempat duduk menghadap ke pantai.

Fasilitas lain mencakup camping ground dengan biaya mendirikan tenda sekitar Rp. 35.000. Bila lebih suka menginap di penginapan, di tepi pantai ini banyak pilihan bungalow, hotel, hingga resor. Sebagian besar tempat menginap yang ada di sini langsung menghadap pantai dengan pemandangan laut lepas.

Untuk konsumsi, banyak warung atau tempat makan di tepi pantai dengan menu kuliner yang beragam. Tak ketinggalan sejumlah toko suvenir dan oleh-oleh. Area parkir luas serta ada penyewaan alat camping, snorkeling, dan diving, dll. Lalu, berapa harga tiket masuk Pantai Bara? Rp 25.000 sudah termasuk parkir.

Harga Tiket Masuk Pantai Bara Beach di Bulukumba
credit: instagram.com/uchenklandscape

Rute Lokasi Bara Beach Bulukumba

Secara administratif, Pantai Bara berada di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini merupakan bagian dari panjangnya ruas Pantai Tanjung Bira. Akses masuk awalnya juga melalui kawasan wisata Tanjung Bira. Jaraknya kurang lebih 15 menit durasi berkendara.

Dari Pantai Bira ke pantai ini, akses jalan tidak terlalu besar tapi masih bisa dilalui oleh kendaraan. Hanya saja, rutenya akan melalui kawasan hutan dan perbukitan habitat dari monyet-monyet tak berekor khas Sulsel. Alternatif lain, Anda bisa menyewa perahu atau boat dari Pantai Tanjung Bira. Lihat Peta Lokasi.