Pantai Sumur Tiga Sabang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, dan Lokasi

Sebagai kota kepulauan, Sabang merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan baharinya. Pesona bawah lautnya begitu masyhur di kalangan turis mancanegara. Pun demikian dengan batas laut dan daratannya, jajaran pantai indah siap sedia menyambut siapa saja. Pantai Sumur Tiga salah satunya.

Pantai Sumur Tiga Sabang Aceh
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Jadi, banyak pilihan wisata bahari jika Anda menetapkan liburan ke Kota Sabang Aceh. Terutama bagi para pecinta pantai, Sabang mengoleksi banyak pantai menawan. Selain Pantai Iboih dan Pantai Kasih, pastikan juga mampir ke Pantai Sumur Tiga. Baca ulasan berikut ini sebelum Anda benar-benar berangkat ke sana.

Daya Tarik Wisata Pantai Sumur Tiga

Semua pantai di Sabang indah dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Meski semua pantai di sana umumnya berpasir putih, namun pasir Sumur Tiga Beach berbeda. Pasirnya lebih putih dan lembut, cenderung menggoda siapapun untuk berlama-lama di pasirnya yang terhampar landai dan memanjang.

Di sejauh pandangan, lanskap gradasi laut yang membentang dengan luas begitu memanjakan. Lautnya yang berair jernih biru kehijauan dengan sedikit berombak turut mengisyaratkan kedamaian. Begitu juga dengan hembusan angin yang menyapa. Barisan nyiur di pesisir turut menyempurnakan panoramanya.

Suasana Pantai Sumur Tiga Sabang memang terkesan mengajak wisatawan bermalas-malasan. Anda bisa bersantai dengan rebahan atau sekedar duduk menikmati panorama yang menawan. Anda bisa datang ke sini kapanpun, tapi yang terbaik adalah pagi. Karena menghadap ke timur, sunrise di sini sangat istimewa.

Semua aktivitas pantai bisa Anda lakukan di Pantai Sumur Tiga. Ombaknya cukup besar saat pasang dan lebih tenang saat surut. Jika air surut, Anda bisa snorkeling di laut dangkalnya. Sumur Tiga Beach adalah spot snorkeling favorit di Sabang, selain Pulau Rubiah. Selain itu, di sini juga cocok untuk selancar angin.

Kegiatan menarik lainnya adalah menjelajah menyusuri pesisir untuk menemukan sudut keindahan yang berbeda. Tidak hanya terkenal akan keindahan alam, Sumur Tiga Beach Sabang juga menawarkan wisata sejarah. Di kawasan pantai terdapat situs sejarah berupa benteng sisa peninggalan pendudukan Jepang.

Selebihnya, fakta paling unik dan menarik dari pantai ini adalah nama. Sumur Tiga menjadi nama pantai karena di kawasannya juga terdapat 3 sumur air tawar yang terpisah dalam jarak beberapa ratus meter saja. Yang unik, air di sumur tersebut tetap terasa tawar walaupun jaraknya sangat dekat dengan air laut.

Fasilitas Wisata di Pantai Sumur Tiga
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sumur Tiga Beach termasuk salah satu objek wisata yang lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian Kota Sabang. Karena itu, selain akses mencapainya mudah, fasilitas wisatanya juga terbilang sangat memadai. Berbagai pilihan tempat makan atau restoran tersedia di area pantai dengan menu kuliner yang beragam.

Untuk akomodasi, banyak tempat menginap tersebar di pesisir pantai dan umumnya berupa homestay. Ada juga sejumlah hotel atau resor tepi pantai dengan fitur spa. Ada juga hostel tidak jauh dari pantai. Selebihnya, lihat daftar Hotel di Sabang. Berapa harga tiket masuk Pantai Sumur Tiga? gratis tanpa biaya.

Rute Lokasi Sumur Tiga Beach Sabang
credit: instagram.com/demitra.atashi_lubis

Rute Lokasi Pantai Sumur Tiga Sabang

Pantai ini berlokasi di pesisir pantai timur Pulau Weh. Secara administratif masuk di kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Jaraknya dekat dengan pusat Kota Sabang hanya sekitar 10 menit. Tapi untuk sampai di Pulau Weh atau Pulau Sabang, Anda perlu transportasi laut dari Banda Aceh.

Menyeberang dari Pelabuhan Ulee Lheu ke Pelabuhan Balohan di Pulau Weh. Tersedia 2 opsi angkutan penyeberangan, yakni Kapal Motor Express dan Kapal Roro. Memilih Kapal Motor express, Anda bisa tiba ke Sabang dalam durasi sekira 45 menit. Tarif Rp 50.000 - Rp 90.000 tergantung kapal yang Anda pilih.

Naik Kapal Roro atau Ferry biayanya Rp 20.000 - Rp 30.000 dengan durasi 1-2 jam. Selain penumpang, kapal ini juga mengangkut kendaraan, tarinya Rp 9.000 - Rp 155.000 tergantung jenis kendaraannya. Dari Balohan Port, Pantai Sumur Tiga berjarak sekitar 10 kilometer atau 20 menit berkendara. Lihat Peta Lokasi