Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Jungwok Yogyakarta, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, Rute

Bagi pecinta pantai Jogja, Gunungkidul adalah surganya. Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, Pantai Siung dan Pantai Baron adalah beberapa pantai yang terlanjur dikenal banyak orang. Namun dari sekian pantai di Gunung Kidul, ada pantai tersembunyi yang tak kalah indahnya, Pantai Jungwok namanya.

Jungwok merupakan pantai tetangga bagi Pantai Wediombo yang namanya sudah demikian terkenal. Saking dekatnya dari Wediombo, pengunjung hanya perlu berjalan kaki ke arah timur untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Jungwok adalah pantai perawan yang cukup luas menebar keindahannya. Hamparan pasirnya putih melengkung berhias rimbun hijau perbukitan. Adalah "watu topi" yang ikonik sebagai citra alam pantai ini. Sebuah batu besar sedikit menjorok ke tengah laut sebagai tempat strategis penduduk untuk memancing ikan.

Aktivitas di Pantai Jungwok Yogyakarta

"Gembira" semestinya menjadi rasa yang mengiringi usaha ke pantai ini. Berbekal sedikit energi, menelusur berjalan kaki sembari takjub pada alam yang tersaji. Ketika menginjak pasir putihnya, ambil nafas dalam-dalam, hembuskan seiring rasa syukur memenuhi sisi estetik Anda. Ingatlah Sang Pencipta!

Tentu! mungkin saja Anda sudah punya rencana tersendiri untuk menikmati petualangan kali ini. Oleh karena itu, lakukan apapun yang memicu kegembiraan, meski tetap harus dalam nuansa yang beretika. Sebagai pantai terpencil, Jungwok masih kental mitos dan sering terjadi kejadian aneh di kawasannya.

Apapun kegiatan Anda, jangan lupa menjelajahi setiap sudut pantai ini. Ketahuilah, Pantai Jungwok Gunung Kidul juga memiliki aliran sungai air tawar yang membelah bibir pantai menjadi tiga bagian. Lebih dekat dengan air, bermain atau bersantai di hamparan pasir adalah aktivitas yang tidak perlu dipinta.

Hanya saja jika suka bermain air, pastikan tetap waspada karena ombak pantai selatan yang besar terkadang datang tak terduga. Apabila terlanjur kerasan, camping adalah ide yang bagus karena banyak yang melakukannya. Namun, Anda perlu membawa perlengkapan tenda sendiri, termasuk perbekalan.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Di sini ada toilet, area parkir, bangku taman, dan gazebo. Untuk konsumsi, khususnya jika ingin berkemah, ada baiknya membawa perbekalan karena belum banyak warung. Menariknya, ada yang jual kayu bakar buat api unggun. Tiket masuk Pantai Jungwok jadi satu dengan Pantai Wediombo Jogja.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
ParkirIDR 2K-5K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Pantai Jungwok Gunung Kidul

Lokasi pantai ini berjarak tidak sampai satu kilometer di sebelah timur Pantai Wediombo atau berada di sebelah barat Pantai Greweng. Pergi ke pantai ini sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua dengan pertimbangan kondisi jalannya. Aksesnya cenderung terjal dan licin, terlebih sehabis hujan.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa melalui terminal Giwangan dan naik angkutan jurusan Wonosari, lalu ambil arah Jepitu. Setelahnya, Anda bisa lanjut dengan naik ojek dengan ongkos yang sekitar IDR 40K. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Jogja dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.

Dari Yogyakarta, Anda akan melewati Jl. Bausasran sampai di SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta. Pastikan untuk mengikuti Jl. Nasional III dan Jl. Yogyakarta – Wonosari – Jl. Kiyai Legi – Jl. Pantai Selatan dan Jl. Wediombo hingga tiba di lokasi pantai ini. Untuk mempermudah, manfaatkanlah Peta Lokasi.