Aling-Aling Waterfall - Daya Tarik Air Terjun, Harga Tiket, dan Fasilitas

Dalam peta wisata Bali, Buleleng merupakan salah satu tujuan wisata alam terbaik. Meski pantainya tidak setenar pantai di Bali selatan, alam pegunungan di Buleleng termasuk yang terbaik di Pulau Bali. Selain danau-danau nan indah, puluhan air terjun tersebar merata di sana. Aling-Aling Waterfall salah satunya.

Aling-Aling Waterfall Bali
credit: unsplash.com/@mamunsrizon

Bagi seorang traveler pecinta alam yang sedang berada atau akan ke Bali, air terjun ini wajib dikunjungi. Ada yang menyebutnya Air Terjun Aling Aling Sambangan karena berada di Desa Sambangan, Sukasada, Buleleng, Bali. Baca ulasan terkait daya tarik, fasilitas wisata, rute, serta harga tiket masuknya di bawah ini.

Daya Tarik Aling-Aling Waterfall Bali

Desa Sambangan di Buleleng adalah desa yang mengoleksi banyak air terjun. Setidaknya ada 7 air terjun, dan Aling-Aling Waterfall adalah yang terkenal di desa tersebut. Meski tidak setenar Air Terjun Sekumpul dan Air Terjun Gitgit yang juga berlokasi di Buleleng, air terjun ini menawan dengan pesona tersendiri.

Airnya jatuh dari tebing setinggi kurang lebih 35 meter dengan debit yang besar. Air terjun ini terbagi 2 tapi bersanding, yang sisi kiri debit airnya tidak sebesar air terjun di bagian kanan. Benteng tebing tinggi menjulang cukup rindang oleh tetumbuhan menyajikan nuansa khas air terjun yang sejuk menenangkan.

Sementara itu, kolam alam yang menampung airnya lumayan dalam, mencapai 4 meter. Di kolam inilah wisatawan biasanya bersenang-senang, berenang atau sekedar berendam. Selain itu, bersantai menikmati suasana alam juga merupakan ide bagus. Selfie berlatar air terjun pun seolah menjadi tradisi wisatawan.

Bagi pecinta landscape photography, Aling-Aling Waterfall Bali punya banyak spot foto yang bagus. Bila liburannya panjang, bisa juga melebar ke air terjun lain. Di area ini ada beberapa air terjun yang populer sebagai spot sliding dan jumping. Di antaranya Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar dan Air Terjun Pucuk

Terutama bagi pecinta alam, trekking selama perjalanan ke Air Terjun Aling Aling Buleleng pun merupakan kegiatan yang menarik. Suasana alam di hutan isyaratkan kedamaian mengiringi sepanjang jalan. Waktu terbaik ke Aling-Aling Waterfall Bali adalah saat musim kemarau, karena airnya keruh di musim hujan.

Fasilitas Wisata di Air Terjun Aling Aling
credit: instagram.com/aryawiznu

Fasilitas, Harga Tiket, dan Jam Buka

Wisata Aling-Aling Waterfall kini cukup populer di kalangan wisatawan, tak terkecuali turis mancanegara. Seiring perkembangan itu, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas yang terbilang lengkap dan memadai. Akses untuk mencapai ke air terjun bagus berpagar besi hingga spot di bawah air terjun.

Untuk konsumsi, mudah menemukan tempat makan berupa warung dan restoran di sekitar pintu masuk. Demikian juga untuk akomodasi, banyak penginapan tak jauh dari kawasannya. Harga tiket masuk Aling-Aling Waterfall Bali? Saat ini biaya masuknya IDR 20K. Untuk sliding dan jumping biayanya IDR 100K-125K

Jam Buka Aling-Aling Waterfall Bali: Setiap hari, pukul 08:00-18:00
Harga Tiket Masuk Aling-Aling Waterfall
credit: unsplash.com/@ollivves

Rute ke Lokasi Air Terjun Aling-Aling

Lokasi Aling-Aling Waterfall berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Peta Lokasi. Kurang lebih 30 menit berkendara dari Singaraja atau 54 menit dari Pura Ulun Danu Beratan yang terkenal. Atau, sekitar 2 jam jika Anda berangkat dari Kota Denpasar dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Rute Air Terjun Aling-Aling cukup mudah, tinggal mengikuti Jalan Raya Bedugul - Singaraja. Patokannya ada di sekitar Balai Desa Sambangan. Temukanlah papan petunjuk jalan yang mengarah ke Aling-Aling Waterfall. Ikuti saja petunjuk jalan itu, kurang lebih 2 kilometer hingga tiba di kawasan wisata air terjun ini.