Pantai di Jogja - 14 Wisata Pantai Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Jogja mewakili surga pariwisata di Indonesia. Beragam obsesi liburan bisa terealisasikan di sana. Termasuk bagi para pecinta wisata pantai, Yogyakarta mengoleksi banyak pantai menawan di sisi selatan. Di bawah ini adalah daftar 14 rekomendasi wisata pantai di Jogja yang indah asri dan menarik untuk Anda kunjungi.

Pantai di Jogja
credit: unsplash.com/@sunawang

Wisata Pantai Baron Yogyakarta

Pantai Baron di Yogyakarta
credit: unsplash.com/@andrhrw_

Pantai Baron adalah wisata pantai legendaris di Yogyakarta. Meski ombaknya besar, pantai ini memiliki aliran sungai air tawar yang ideal untuk berenang. Pemandangan pantainya menawan dan di sini terdapat mercusuar ikonik sebagai spot terbaik menikmati lanskap alam. Fasilitasnya lengkap, penginapan tersedia

HTM: IDR 10K
Lokasi: Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY

Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Pantai Parangtritis di Yogyakarta
credit: Rendy Cipta Muliawan, CC BY 2.0

Pantai Parangtritis termasuk salah satu ikon pariwisata di Jogja. Destinasi wajib, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali wisata ke Jogja. Selain indah dan sarat dengan nuansa kebudayaan Jawa, fasilitas pantai ini lengkap dan banyak spot wisata lain di areanya. Juga, ada transportasi umum menuju lokasinya.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Pantai Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, DIY

Pantai Pulang Sawal (Indrayanti)

Pantai Pulang Sawal (Indrayanti)
credit: Arif putra, CC BY 3.0

Pantai Jogja berikutnya adalah Pantai Pulang Sawal atau yang terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Salah satu pantai tercantik dan terbersih di Yogyakarta. Juga, termasuk tempat wisata favorit yang selalu ramai oleh wisatawan. Fasilitasnya pun sangat lengkap, bahkan ada sejumlah opsi wahana, seperti jet ski.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Gunung Kidul, DIY

Wisata Pantai Pok Tunggal Jogja

Wisata Pantai Pok Tunggal Jogja
credit: pixabay/lenteramalam17

Sama seperti Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal merupakan pantai indah terbersih di Yogyakarta. Sejak resmi buka sebagai tempat wisata pada tahun 2012, pantai ini selalu menarik perhatian wisatawan dan menjadi salah satu pantai populer Yogyakarta. Panoramanya menawan, suasana pantainya menenangkan.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Pok Tunggal, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY

Pantai Kesirat (Tanjung Kesirat)

Pantai Kesirat (Tanjung Kesirat)
credit: instagram.com/dhyulhaq_

Tak kalah menawan dengan pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai Kesirat juga wajib Anda kunjungi. Pantai ini tanpa pasir. Panoramanya eksotis memadukan kerasnya tebing karang dan ombak pantai selatan yang besar. Pantai ini ideal untuk camping dan memancing. Dan, momen sunsetnya benar-benar mempesona.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Karang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, DIY

Wisata Pantai Wediombo di Jogja

Wisata Pantai Wediombo di Jogja
credit: Buyung Sukannada, CC BY-SA 4.0, cropped

Pantai Wediombo merupakan pantai di Jogja yang masuk daftar 13 Cagar Alam UNESCO Gunung Sewu. Pantainya indah dengan pasir yang putih dan bersih. Termasuk spot surfing terbaik Jogja dengan ombak yang mencapai 3-4 meter. Ada juga tempat snorkeling serta punya kolam alami berkedalaman 1,5 meter.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DIY

Pantai Glagah Indah Kulon Progo

Pantai Glagah Indah Kulon Progo
credit: instagram.com/sort.id

Tidak hanya Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo juga memiliki objek wisata pantai yang indah. Pantai Glagah salah satunya. Destinasi terbaik untuk liburan keluarga dengan banyak opsi wahana. Ombaknya besar, tapi di areanya juga ada laguna yang indah. Momen sunset pantai ini cukup ikonik di Yogyakarta.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Glagah, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY

Pantai Nglambor di Gunung Kidul

Pantai Nglambor di Gunung Kidul
credit: instagram.com/lia_mama_asakha

Terutama jika Anda ingin lebih dekat dengan air, Pantai Nglambor adalah pantai terbaik di Yogyakarta. Wisata pantai ini populer berkat keindahan di bawah lautnya. Berenang dan snorkeling menjadi aktivitas wajib. Selain itu, panoramanya juga indah. Fasilitas pantai di Jogja umumnya memadai, termasuk di sini.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY

Pantai Siung Gunung Kidul Jogja

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
credit: unsplash.com/@siizerr

Pantai Siung di Jogja hadir dengan kekhasan tersendiri berkat tebing-tebing raksasa yang mendominasi areanya. Terkenal sebagai spot panjat tebing, 250 jalur standar internasional terdapat di sini. Anda bisa melakukan banyak hal di sini, tak terkecuali camping meski ada juga opsi penginapan. Fasilitas memadai.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul, DIY

Wisata Pantai Krakal Yogyakarta

Wisata Pantai Krakal Yogyakarta
credit: kutu_jangkrik, CC BY 2.0

Gunung Kidul adalah surga pantai di Yogyakarta. Salah satu pantai indah dan bagus dikunjungi di sana adalah Pantai Krakal. Pantai terkenal yang unik dengan lantai karang yang eksotik, rumah bagi ikan-ikan cantik. Pasirnya putih yang memanjang turut melengkapi pesonanya. Termasuk pantai legendaris di Jogja

HTM: IDR 10K
Lokasi: Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY

Pantai Drini di Gunungkidul Jogja

Pantai Drini di Gunungkidul Jogja
credit: Akbarzaiem, CC BY-SA 4.0

Melalui pembatas sebuah pulau karang yang menjorok ke laut, Pantai Drini di Yogyakarta sangat khas. Di sisi timur menyajikan lanskap kerasnya tebing karang, adapun bagian baratnya terkesan menenangkan. Pasirnya bersih, tapi agak curam dan ombaknya besar. Fasilitas bagus seperti Pantai Jogja yang lainnya.

HTM: IDR 10K
Lokasi: Wonosobo, Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DIY

Pantai Jungwok di Gunung Kidul

Pantai Jungwok di Gunung Kidul
credit: instagram.com/nadharia

Pantai Jungwok berada tidak jauh dari Pantai Wediombo. Lanskap pantainya demikian asri dengan garis pantai yang melengkung indah. Bagi pencari ketenangan, camping di sini bisa jadi ide sempurna. Namun, fasilitasnya tak selengkap pantai lain di Yogyakarta. Fasilitas yang lebih lengkap ada di Pantai Wediombo.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Gunung Kidul, DIY

Wisata Pantai Sadranan di Jogja

Wisata Pantai Sadranan di Jogja
credit: unsplash.com/@empatmasa

Pasir putih lembut dan bentang laut yang indah menjadi salah satu daya tarik Pantai Sadranan Jogja. Laut dangkal yang luas menyimpan keindahan terumbu karang yang layak dikagumi. Berenang dan snorkeling adalah aktivitas favorit. Cocok untuk liburan keluarga, anak-anak cukup aman bermain pasir dan air di sini

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Pantai Sadranan, Kec. Tepus, Gunung Kidul, DIY

Wisata Pantai Timang Yogyakarta

Wisata Pantai Timang Yogyakarta
credit: M Reza Faisal, CC BY-NC-ND 2.0

Menutup daftar pantai di Yogyakarta, Pantai Timang juga mempesona. Citranya terkesan eksotis dengan perbukitan terjal di sisi barat. Sementara di sisi timur mewakili pantai Jogja pada umumnya yang berpasir putih. Di sini terdapat kereta gantung yang menghubungkan pulau tengah laut ke bukit di tepi pantainya.

HTM: IDR 5K-10K
Lokasi: Jl. Pantai Sel. , Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, DIY

Demikian daftar 14 wisata pantai di Jogja yang bisa menjadi gambaran awal sebelum Anda benar-benar liburan ke Yogyakarta. Sebagian besar pantainya berada di Gunung Kidul. Dan, daftar pantai di atas belum mencakup semua pantai di Yogyakarta karena banyak yang tersembunyi, tidak banyak yang mengetahui